[BEAUTY TALK] Skincare Routine Selama Work From Home

June 13, 2020

COVID-19 membuat kita harus beradaptasi dalam berbagai hal, termasuk cara kita sekolah, kuliah, ataupun kuliah. Kini aktivitas yang biasa dilakukan di luar rumah, mau tidak mau harus dilakukan dari rumah. Makanya sekarang lagi trend banget nih istilah "Work From Home" atau WFH. Sekarang kalau ngepost instagram, segalanya diberi tagar #WorkFromHome, hayo siapa yang melakukan ini? Ngga cuma kalian kok, aku juga melakukan hal ini.


Tapi ngomongin tentang WFH, walaupun kini segala aktivitas dilakukan di rumah, urusan skincare harus tetap jalan dong. Salah satu hal yang bikin aku sedih dari WFH adalah aku jadi kangen makeup, kini WFH membuatku jarang banget menyentuh makeup, mau makeup kemana coba. Tapi walaupun ngga bisa dandan, aku mengobati kekangenanku ini dengan skincare-an. Sekarang skincare-an menjadi aktivitas yang wajib dan rajin banget aku lakukan. Walaupun ngga kemana-mana, skincare tetap menjadi produk wajib untuk perawatan kulit wajah. Apalagi kan sekarang terhindar dari polusi nih, jadinya itung-itung bisa memperbaiki kondisi kulit yang biasanya lelah terkena polusi kan ya.

So, di blog post kali ini, aku mau memberi informasi kepada kalian mengenai skincare yang biasa aku pakai selama WFH ini. Harganya ngga perlu dikhawatirin, skincare yang aku pakai harganya termasuk affordable kok, khususnya bagi kantung mahasiswa. Produknya juga beragam, ada yang brand lokal, ada juga yang interlokal, eh maksudnya dari brand luar negeri gitu. Jenis kulit aku adalah sensitive, oily, dan acne-prone skin, tapi skincare yang aku pakai tetap menyesuaikan kebutuhanku selain yang sesuai dengan jenis kulit aku. Tanpa panjang lebar, yuk langsung bahas aja satu-satu.

Nivea Pearl White MicellAIR Skin Breath


Produk pertama yang aku mention ini adalah produk yang biasa aku gunakan untuk membersihkan wajah atau double-cleansing. Setelah cuci muka, biasa aku bersihin lagi menggunakan Nivea Pearl White MicellAIR Skin Breath. Atau ngga, kebalikannya, sebelum cuci muka, aku bersihin wajah pakai micellar water ini. Yang aku suka dari produk ini adalah produknya tidak mengandung alkohol, jadi aman untuk pemilik kulit sensitif sepertiku. Saat ini aku menggunakan varian yang warnanya pink, selain bisa membersihkan wajah, dia juga bisa untuk mencerahkan kulit loh. Oh ya, kalau bersihin makeup, aku juga biasa menggunakan Nivea Pearl White MicellAIR Skin Breath ini. Berguna banget kan.

Loreal UV Perfect Matte and Fresh


Sunscreen! Salah satu must use banget! Dimana pun kita berada, even di dalam rumah pun, kita tidak dapat menghindari paparan UVA dan UVB. Maka dari itu, wajib banget menggunakan sunscreen setiap hari. Sunscreen ini skincare yang paling cepet habis karena sering banget aku pakai.

Selama WFH ini, aku menggunakan sunscreen dari Loreal UV Perfect. Sunscreen ini memiliki SPF 50+ PA++++ loh. Sunscreen dengan SPF 50 umumnya dapat tahan kurang lebih selama 8 jam tanpa re-apply. Jadi re-apply-nya ngga usah sering-sering deh, bisa ngirit juga kan. Nah karena kulit aku berminyak, aku menggunakan yang varian Matte and Fresh, yang botolnya warna hijau. Sunscreen ini ngga terasa berminyak di kulit, ngga lengket juga, jadi nyaman banget dipakai seharian.

Himalaya Purifying Neem Mask


Another skincare routine yang aku pakai adalah masker. Kadang tuh mencuci muka biasa terasa kurang puas, kurang bersih, makanya aku ruin pakai wash of face mask. Face mask yang rutin aku pakai adalah face mask dari Himalaya Herbals yang Purifying Neem Mask. Warnanya masker-nya hijau gitu, bentuknya seperti pasta dan ada bulir-bulir kasarnya gitu. Waktu dipakai kerasa dingin di kulit, terus keringnya juga lumayan cepat. Ketika kelar dibersihin, udah dibilas, wajah terasa halus banget. aku suka after-effect-nya ini, wajah tuh langsung kerasa bersih, halus, dan fresh gitu. Tapi karena wajahku sensitif, bulirnya terasa terlalu kasar sehingga menimbulkan rasa perih dan maskernya juga terasa panas setelah dibilas. Tapi karena cuma rasa panasnya cuma sebentar aja, dengan manfaat yang diberikan, aku puas dengan masker ini. Oh ya, sesuai dengan jenis kulit aku juga, masker ini berguna untuk merawat kulit berjerawat dengan kandungan nimba-nya.

Benton Aloe BHA Skin Toner


Mulai masuk ke skincare malam, setelah double-cleansing, biasa aku langsung menggunakan toner. Toner yang sedang aku gunakan selama WFH ini adalah Benton Aloe BHA Skin Toner. Toner ini fokusnya dalah untuk kulit berminyak karena kandungan BHA-nya, supaya minyak wajah dapat terkontrol. Karena kandungan BHA, toner ini juga bisa mencegah jerawat. That's why aku suka banget sama Benton Aloe BHA Skin Toner, menurutku efektif banget untuk mencegah maupun mengobati jerawat. Apalagi dia juga cepet nge-set dan tidak terasa lengket, jadinya bisa ditumpuk sama serum deh.

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule


Beberapa waktu ini aku lagi nyobain ampoule terbaru dari Avoskin, yaitu Avoskin Miraculous Retinol Ampoule. Mengingat usia yang udah memasuki kepala 2, ngga ada salahnya kan mulai pakai produk yang bisa mengencangkan kulit, menstimulasi regenerasi kulit. Aku saat ini masih dalam tahap percobaan pemakaian sih. Aku penasaran karena masih jarang banget produk lokal yang mengandung retinol, begitu Avoskin ngeluarin produk retinol ini, langsung auto nyobain dong. Selama penggunaan ini sih nyaman-nyaman aja, ngga ada efek samping di kulitku yang sensitif, terus ampoule ini juga cepet nge-set, bikin kulit lembab dan tidak terasa lengket.

SNP Peptaronic Serum


Another serum yang aku gunakan setelah penggunaan toner datang dari brand SNP. Biasa setelah menggunakan toner, aku menggunakan SNP Peptaronic Serum ini. Tapi karena lagi nyobain Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, pemakaiannya aku pakai bergantian. SNP Peptaronic Serum ini mengandung Hyaluronic Acid yang dapat melembabkan kulit, meregenerasi kulit, dan bahkan memproduksi kolagen. Tapi emang sih kalau menggunakan serum yang satu ini, kulit terasa lembab dan kenyal. Terus serum ini juga ngga terasa lengket loh.

Viva Waterdrop Sleeping Mask


Kalau mau cari skincare yang affordable, produk Viva bida banget direkomendasikan, apalagi produknya juga bagus-bagus kualitasnya. Salah satu produk Viva yang aku gunakan adalah Viva Waterdrop Sleeping Mask. Produk sleeping mask ini juga nyaman banget loh untuk digunakan. Teksturnya lucu, karena dia seperti melumer di kulit, bikin wajah terasa lembab juga. Sleeping mask Viva ini terasa ringan banget di kulit dan ngga lengket. Produk ini adalah layer terakhir yang aku gunakan untuk skincare malam hari. Enak banget deh, wajah terasa dingin dan lembab gitu. Harganya terjangkau banget pula.

Sheet Mask


Terkadang, aku ngga menggunakan serum maupun sleeping mask sebelum tidur, tapi menggunakan sheet mask. Kalau sheet mask, aku ngga ada preferensi tertentu, semua sheet mask yang ada juga aku pakai. Sheet mask tuh sebenarnya sudah mengandung serum, jadi ngga usah pakai serum lagi dan langsung tidur aja. Nah menurutku, sheet mask dengan kandungan apapun, ujung-ujungnya tetap akan terasa melembabkan kulit. Jadi kalo aku habis pakai sheet mask, kulit emang biasa terasa lembab dan kenyal gitu.


Nah itulah skincare yang aku gunakan saat WFH ini. Cukup banyak ya, tapi ngga semuanya aku pakai tiap hari kok, biar ngga berat juga di wajah. Semuanya digunakan sesuai kebutuhan aja, ngga langsung dipakai semua dalam satu kali pakai. Gimana menurut kalian skincare yang aku gunakan? Adakah yang sama dengan kalian? Atau bahkan malah bisa menjadi rekomendasi nih buat kalian. Semoga bisa membantu ya, khususnya menjadi semangat nih buat kalian supaya tetap rajin menggunakan skincare.

Blog post kali ini juga dibuat berkenaan dengan Blog Post Challenge dari Beautiesquad nih. I accept the challenge and this blog post is the result~ Beberapa temen blogger juga bikin skincare routine mereka selama WFH loh. Salah satunya adalah kak Seftina, jangan lupa mampir ke blog-nya juga ya.



See you in the next post,




You Might Also Like

0 comments

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe