[Event Report] BEAUTIESQUAD 101 Special Birthday Anniversary with Vina Eska

November 26, 2017


Hai! Hai! Welcome back to my blog~ Kalo kalian sering main ke blog aku, kalian pasti tau deh kalo aku sering banget nyebut komunitas yang bernama BEAUTIESQUAD. Pada penasaran ga sih sebenernya ini komunitas apaan? Kenapa aku selalu nyebut komunitas ini? Nah, come on kita bahas!!

Jadi tanggal 11 November 2017, aku kembali ikutan event dari Beautiesquad nuh yang namanya Ngopi Cantik. Event ini bukan event tatap muka loh. Percaya ngga percaya, event ini dilakukan di aplikasi WhattsApp! Keren kan pemikiran para Beautiesquad Officer. Mereka bisa mikirin gimana cara para blogger bisa mendapatkan ilmu melalui diskusi tanpa tatap muka. Ini bukan kali pertama aku ikutan Ngopi Cantik Beautiesquad. Sebelumnya aku udah pernah ikutan dengan tema Ngopi Cantik #1 yaitu How to Make Flatlay Photo for Beginner with Rahma Brilianita, lalu Ngopi Cantik #2 mengenai SEO bersama Shintaries, dan yang kita mau bahas saat ini, Ngopi Cantik #3 dengan tema special yaitu BEAUTIESQUAD 101 with Vina Eska.

Singgung sedikit, kedua Ngopi Cantik yang sebelum-sebelumnya aku ikutin tuh asik banget loh! Berfaedah banget! Ngopi Cantik #1 membahas tentang bagaimana membuat flatlay untuk para pemula. Materi ini dibawakan oleh kak Rahma Brilianita yang udah terkenal banget sama hasil foto flatlay yang enak dipandang. Kita diajarkan step by step bagaimana membuat flatlay photos yang menarik. Kemudian Ngopi Cantik #2 juga ngga kalah keren. Bahasan mengenai SEO jadi lebih mudah dipahami ketika didiskusikan bersama. Menarik banget deh diskusinya. Kita dapat banyak ilmu banget mengenai SEO dari kak Shintaries.


Eittsss, Ngopi Cantik #3 Beautiesquad ini ngga kalah seru loh sama Ngopi Cantik #1 dan Ngopi Cantik #2. Tema Ngopi Cantik #3 ini adalah BEAUTIESQUAD 101! Kenapa episode #cielah Ngopi Cantik #3 kali ini special banget di hati (kayak doi)? Karena kali ini Ngopi Cantik #3 ini special juga untuk merayakan ulang tahun Beautiesquad dibulan November ini!! Di bulan November ini komunitas beauty blogger ini akan merayakan Beautiesquad Anniversary yang pertama nih!! It's time for Beautiesquad Anniversary!! Let's party!

Buat apa sih ikutan Ngopi Cantik #3? Kan cuma tentang BEAUTIESQUAD. Emang penting banget yah? Iya dong. Ini ibarat seperti memahami perasaan gebetan supaya maknanya terasa lebih dalam (Ngomong opo to yo kowe, ellen). Alasan aku ikut Ngopi Cantik #3 itu karena aku emang pengen tau lebih dalam mengenai Beautiesquad. Tentu merujuk lebih dalam lagi, aku pengen tau dong gimana cara jadi member WhattsApp Beautiesquad #hehehe, blogger apa yang ngga mau diakui sama komunitas coba.

Cerita sedikit (sabar aja ya kalo pada akhirnya ini akan jadi panjang), aku tuh blogger yang masih seumur jagung muda banget, blog aku masih blog kecil-kecilan dengan skala penulisan 3-4 blog post per bulan yang diterbitkan. Awaaaaaaaalllll bangeeetttt, waktu aku baru pertama-tama memulai nulis blog, aku langsung cari komunitas blogger yang sesuai dengan materi penulisan aku yaitu beauty supaya aku juga bisa berkembang dan belajar bareng senior-senior. Dan komunitas beauty blogger pertama yang aku temukan adalah Beautiesquad. Dan emang  komunitas ini membantu aku bertumbuh banget jadi blogger. Aku menikmati melihat mereka yang tekun nulis, gaya penulisan mereka yang khas, dan itu jadi motivasi aku untuk belajar. Apalagi dengan collaboration yang diadakan tiap bulannya oleh pengurus Beautiesquad, ini semakin membuat aku mendalami lebih lagi mengenai makeup. Bisa dibilang, Beautiesquad ini secara tidak langsung adalah guide book buat aku, dan life saver banget buat kehidupanku sebagai beauty blogger. (Nangis berambang mengingat masa lalu) (Sabar yah, alay emang anaknya).

Gimana sih cara daftar Ngopi Cantik Beautiesquad? Gampang kok. Make sure kamu udah follow semua account Beautiesquad di social media, dan nanti pasti ada kok pemberitahuan dari para pengurus yang di-share di social media Beautiesquad tiap kali ada Ngopi Cantik maupun Collaboration. Terus nanti kamu tinggal isi aja deh form google docs yang udah tersedia~ And done~ Kalo kamu udah ngikutin aturan Beautiesquad, kamu pasti dikabarin kok melalui e-mail, tapi pastinya ngga langsung di e-mail yah. Sabar. Paling kamu akan di e-mail 5 hari sebelum Ngopi Cantik atau Collaborationnya dimulai.

Nah, di e-mail yang ditujukan pada kamu itu, ada link untuk join di sebuah group WhattsApp khusus untuk Ngopi Cantik atau Collaboration itu. Karena aktivitasnya dilakukan di WhattsApp, tentunya kamu harus punya WhattsApp dong. Ini juga salah satu syarat untuk gabung dalam Ngopi Cantik maupun Collaboration. Make sure kamu juga cantumin nomer HP kamu yang bener di form google docs, karena kalo nomer kamu salah, siap-siap aja di kick dari group #tehehehe.

Kembali ke topik Ngopi Cantik #3 BEAUTIESQUAD 101 special Beautiesquad Anniversary. Seperti biasa, event dimulai pada pukul 19.00 pada tanggal 11 November 2017. Dibuka dengan sambutan dan run down acara dari PJ, sambutan dari founder Beautiesquad yaitu kak Virly, dan pembawaan materi dari kak Vina Eska~ Ada juga sesi tanya jawab loh, jadi kalo mau nanya-nanya, enak banget nih, tapi harus ingat prosedurnya juga.

Kalo ada yang ngira bahwa materi BEAUTIESQUAD 101 inj bakal garing ngga asik, Anda salah besar! Materi dibawakan dengan asiknya nih sama kak Vina. Mulai dari sejarah terbentuknya sampai cara jadi member WhattsApp atau member tetap Beautiesquad.


A brief of Beautiesquad's history, komunitas life saver aku ini, a.k.a BEAUTIESQUAD ini dibentuk oleh kak Virly, kak Nisa, dan kak Liana. Komunitas ini awalnya bernama Beauties, tetapi karena ini adalah "komunitas", maka digantilah menjadi Beautiesquad. Sebagai penetapan adanya komunitas Beautiesquad ini, dibuatlah Collaboration pertama yang bertemakan Smoky Eyes pada tanggal 23 November 2016.

Ada banyak program kerja yang udah dilakukan oleh Beautiesquad, salah satunya adalah Ngopi Cantik Beautiesquad ini. Lainnya? Aku sering juga atau malah hampir tiap bulan ikutan Monthly Collaboration Beautiesquad. 2 program kerja ini menurut aku pribadi, sangat bermanfaat untuk mengubah kita menjadi beauty blogger yang lebih baik. Ngopi Cantik memberi aku ilmu lebih dalam mengenai banyak hal yang langsung bisa dipraktekan. Monthly Collaboration memberi aku kesempatan untuk berkreasi dalam makeup. Contohnya aja Monthly Collaboration bulan Oktober lalu yang bertemakan Halloween, kapan lagi aku bisa bikin look yang serem, it's a chance for me to grow to be a better beauty blogger who can do such unique makeup.


Ada juga sedikit clues, untuk program kerja kedepan loh. Akan ada Instagram Take Over dan katanya juga akan ada event meet up loh #psttt. WOW! Jadi tambah excited dan penasaran nichhh. Instagram Take Over pertama Beautiesquad dibawakan olleh kak Aya a.k.a Ariana Rosidi membahas mengenai eyelook. Semua ini tentunya dilakukan untuk membuat para beauty blogger untuk bertumbuh, berkembang, dan menjadi lebih baik untuk menuju tercapainya visi misi Beautiesquad.

Di Ngopi Cantik #3 BEAUTIESQUAD 101 special Beautiesquad Anniversary ini juga dibahas nih mengenai visi misi Beautiesquad. Ini nih visi misi komunitas beauty bloggers Beautiesquad :

Visi :
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia

2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi :
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan

2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand

3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan

4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami

Keren kaaannn. Beautiesquad punya visi misi yang jelas, yang membuat kita sebagai beauty blogger amatiran bisa percaya 100% sama komunitas yang satu ini.

Keren banget kan Beautiesquad ituuuu. So in luvv ♡. Penasaran kan siapa aja orang dibalik Beautiesquad? Mereka disebut Beautiesquad Officer. Mereka yang bertugas untuk melaksanakan tugas demi tercapainya visi misi Beautiesquad. Siapa sih orang-orangnya? Look who's in the picture~


Merekalah yang selama ini bekerja dibalik kesuksesan Beautiesquad. Keren-keren yah mereka. Pasti banyak yang tau juga dong nama-nama mereka. Dari tanggung jawab mereka di Beautiesquad sampai dengan blog pribadi mereka, mereka adalah beauty blogger yang menjadi panutan beauty blogger itik sepertikuuhhh.

Nah, di Ngopi Cantik #3 BEAUTIESQUAD 101 special Beautiesquad Anniversary ini, kita juga paham nih kenapa seleksi untuk jadi member group WhattsApps itu susah banget. Salah satunya adalah mengenai komitmen. Dan menurut aku emang bener sih alasan-alasan yang dicantumkan. Ngga heran kenapa susah jadi member tetap group WhattsApp.

Tapiiiii, itu ngga menutup kemungkinan buat kamu bisa gabung kok ke group Whattsapp. Berikut ini adalah syarat-syarat untuk menjadi member group WhattsApp *drumroll* :

1. Punya Blog. Ini mah syarat yang udah pasti jelas banget yah. Namanya juga komunitas blogger.

2. Top Level Domain. Artinya, blog kamu ngga boleh ada embel-ember .blogspot atau .wordpress ataupun .wix. kenapa? Karena DA PA kalian itu bukan milik kalian sendiri, melainkan milik mereka.

3. Penulisan tentang Beauty Minimal Sebulan 2x. Beautiesquad kan komunitas beauty blogger, tentunya konten kamu harus mengenai beauty dong.

4. Disipilin dan Memiliki Attitude. Faktor penting yang ngga boleh dilupakan ini. Walau tulisan kamu bagus, tapi ngga disiplin dan ngga punya attitude, udah deh, bye!

5. Memiliki Fanpage dan Twitter Selain Instagram. Minimal follower instagram adalah 500, twiter adalah 100. Ini juga demi kebaikan kita kok, bisa jadi sarana bagi kita.

6. Aktif. Aktif ikutan collaboration, aktif dalam sesi sharing, asalkan jangan menjilat loh ya.

7. Rajin Ikut Collaboration. Kalo kamu rajin dan aktif, kan kamu jadi "terlihat" di mata Beautiesquad Officer.

8. Lolos dari Pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder. Ini juga jelas pati kita harus lolos dari seleksi mereka. Kalo kamu udah mengikuti semua syarat, tapi followers aja beli, ya selamat tinggal deh~

Berat yah jadi member group WhattsApp? Iya sih, aku juga pengen jadi member group WhattsApp, tapi menurut aku yang terpenting adalah ilmu yang dipelajari. Aiming aku atau target utamaku bukan buat jadi member group WhattsApp Beautiesquad, tapi target aku adalah untuk menjadi a better beauty blogger that can influence others through my blog's contents. Jujur aja, aku bisa aja beli TLD diawal-awal penulisanku di blog, tetapi kenapa aku ngga beli? Karena aku memikirkan apakah aku bisa bertahan, apakah aku udah layak secara kualitas penulisan buat beli TLD (ellen bijak mode : ON). NAh di  Blogposst kali ini ellen juga mau informasiin kabar bahagia nih, per tanggal 23 November 2017, blogku ini etherealpotato yang awalnya ada embel-embel blogspot, telah berubah menjadi etherealpotato.com. YAYYY!! Bersyukur anak kosan yang satu ini bisa menabung untuk beli TLD, walau ngga mahal-mahal amat bagi orang banyak, tapi namanya anak kosan yah, hidup berat uang pas-pasan #hahaha. Now my blog has reborn!! Hopefully, it will motivate me to be a better and better beauty blogger and bring me to a new step of this stairs. Amen.

Harapan aku buat Beautiesquad, semoga komunitas ini tetap menjadi komunitas yang kuat, solid, semakin dikenal bukan karena membernya pada hits, tapi dikenal sebagai komunitas yang membangun satu sama lain dengan member yang berkualitas. Stay solid, Beautiesquad!!

Sekian dulu blog post kali ini, seru kan pembicaraannyaaa. Sekali lagi, ngga akan lupa aku ingetin kalian buat follow instagram Beautiesquad dan Nihonmart. Link-nya ada dibawah foto masing-masing yasshhh! Jangan lupa!!

See you in the next post,

XOXO,

ELLEN LIM


Nihonmart

Beautiesquad







You Might Also Like

2 comments

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe