[Event Report] Ngopi Cantik 2 SEO Bareng Kak Shintaries

September 11, 2017

Senangnya hati bisa ikut Ngopi Cantik 2 yang diselenggarain sama Beautiesquad - komunitas beauty blogger favorite akuu  ^3^. Ngopi Cantik 2 ini tentang SEO nih. Untuk para blogger, pengetahuan SEO ini tentu sangat sangat penting demi kesuksesan blog-nya. Dan Ngopi Cantik 2 : SEO ini dinarasumberi oleehhhhh *drumroll*..... Kak Shintaries!! Yay!! Nah kira-kira siapa sih Kak Shinta itu? Materi Ngopi Cantik 2 Beautiesquad mengenai SEO ini gimana ya? Hayuks ikutin pembahasankuu~
Pertama-tama mau ngucapin terima kasih dulu nih sama kak Shinta (click to go to her fabulous page!) yang udah sharing tentang SEO ke kita semua, very useful! Ga sabar ngaplikasiin ke blog post~~ Berikutnya makasih juga kepada para pengurus Beautiesquad yang udah bikin Ngopi Cantik 2 inii. Beribu-ribu terima kasih!!!

Kita bahas sekilas dulu ya mengenai kakak blogger hits, kak Shinta atau Shintaries ini. Kak Shinta itu adalah founder dari Blogger Perempuan Network. Blogger Perempuan Network sendiri itu telah menaungi lebih dari 3000 blogger perempuan. Berasa bangga banget bisa dapet materi dari Beliau *nangisbawang*. Nah ka Shintaries ini juga merupakan professional blogger dari www.shintaries.com , mentor blogging dan sosial media, dan blogging speaker. Gimana ngga bangga coba, gw bisa ikutan Ngopi Cantik 2 Beautiesquad iniiiii. 

Ngopi cantik sendiri adalah program karya pengurus Beatiesquad yang dibuat untuk para beauty blogger di seluruh Indonesia. Isin Ngopi Cantik ini ngobrol mengenai hal-hal yang meliputi dunia blogging. Ada juga narasumber yang dijamin hits yang akan memberikan informasi kepada kita.

Wait, Ngopi Cantik ini untuk beauty blogger seluruh Indonesia? Gimana caranya? Dikumpulin semua gitu? Nah, penasaran kan? Ayo kita ulas satu-satu~~

Cerita dulu awal mulanya kenapa kepengen ikut Ngopi Cantik 2 Beautiesquad ini. Sebagai blogger kelas teri, yang masih belum ada apa-apanya dibanding kakak-kakak syantik Beautiesquad, aku masih ngga paham banget sama apa yang namanya SEO. Aku tau SEO itu penting untuk perjalanan hidup blogger dalam blogging. Aku juga udah coba memahami, sering baca internet bahkan sampau berulang-ulang tentang SEO di mbah google, tapi hasilnya nihil atau 0. Walau udah puluhan kali baca website yang sama maupun beda, aku paham maksud mereka, tapi ga tau cara praktekinnya. Bahasan mereka lebih ke teori daripada praktek. Dan itu bikin aku confused banget sama SEO.

Jadi waktu di instagram dan facebook Beautiesquad ngasi pengumuman ada Ngopi Cantik 2 : SEO. Aku jadi seperti punya pencerahan kehidupan #cieelah. Tanpa perlu ragu dan dipertanyakan lagi, aku langsung daftar sebagai salah satu partisipannya.

Tapiiii.. Semua partisipan diseleksi dulu nih sama kakak-kakak pengurus Beautiesquad. Jadinya aku harap-harap cemas gitu.

Cara daftarnya gimana sih? Jadi di post instagram maupun facebook, Beautiesquad udah kasih link google.docs gitu. Jadi kita tinggal klik dan isi deh sejujur-jujurnya. Disana kita dimintai nama, alamat e-mail, nomer HP, URL blog, URL instagram, URL facebook dan alasan kenapa mau ikut. Lalu tinggal send dehhh~ Setelah itu yang bisa dilakukan adalah berdoa sembari menunggu konfirmasi dari pengurus Beautiesquad.

Kalau kamu dapat e-mail konfirmasi dari Beautiesquad, berarti kamu keterima untuk jadi partisipan Ngopi Cantik. Tapi e-mail konfirmasi ini ngga langsung kita dapetin setelah daftar. Harus tunggu dulu.

Oke, singkat cerita, aku dapet e-mail konfirmasi untuk ikut menjadi partisipan di Ngopi Cantik 2 SEO bareng kak Shintaries ini.  Salah satu hal yang ada di e-mail adalah URL untuk join group WA atau WhatsApp. Kita diminta join group WA ini karena diskusinya akan diadakan di group WA. Jadi terjawab ya pertanyaan tadi kenapa beauty blogger di seluruh Indonesia bisa join perbincangan Ngopi Cantik ini. Kita dihubungkan melalui group WA. Tapi kita diminta join sebelum tanggal pelaksanaannya, karena kalau udah hari pelaksanaan, URL group WA ini ditutup.

On the day, tepatnya hari Minggu, 3 September 2017. Dimulailah kisah Ngopi Cantik 2 ini #ihir. Kita mulai diperingatkan mengenai RULES dalam Ngopi Cantik 2 oleh kakak-kakak MC. Para MC cantik ini juga merupakan pengurus Beautiesquad sendiri. Kemudian, acara dibuka oleh sambutan dari founder Beautiesquad yaitu kak Virly. Kita juga diberi time schedule atau run down acara oleh para pengurus. Terorganisir banget deh pokoknya, persiapannya matang sekali. Salut untuk kakak-kakakku inii ^3^.

Setelah sambutan, sesuai run down acara, kak Shintaries mulai membawakan materi. Dimulai dari pemahaman mengenai SEO, materi teori sampai materi teknis.

Disini aku jadi tau kenapa sih SEO penting banget. SEO penting karena sesuai singkatannya Search Engine Optimization, SEO ini digunakan untuk mengoptimalkan tulisan di blog kita agar bisa ditemukan mesin pencari. Tentu kita mau dong pageviews menjadi lebih banyak, lebih mudah ditemukan di mesin pencari.

Apa aja sih yang bikin blog kita di"notice" sama google? Bahas satu-satu ya~

Mulai dari secara TEORI :

1. Otoritas Blog
Google lebih memprioritaskan akun yang tidak anonim atau memiliki identitas yang jelas. Intinya sih seberapa sering blog kamu dikunjungi pembaca. Otoritas blog ini bisa dicek melalui DA atau Domain Authority. Semakin tinggi nilai DA, semakin sering pula terindeks oleh google.

2. Konten
Semakin bagus konten kita, semakin banyak pembaca setia dong. Update! Update juga penting nih. Pembaca akan lebih senang kalau kita update rutin. Si mbah google juga tentunya akan lebih "memperhatikan" kita.

3. Template
Sebagai cewek, aku suka banget perhatiin template blog yang bagus. Kalau template blog bagus, rasanya pembaca juga akan senang melihatnya, menjadi lebih enjoy juga dalam membaca. Dan yang terpenting, harus pilih template yang fast loading!

4. Mobile Site
Ngga semua orang buka blog kamu di laptop. Kebanyakan atau sebagian besar pasti buka di HP. Jadi template kamu juga harus punya mobile site. Kalau blog kamu ngga bisa diakses di HP kan sayang.

5. Backlink
Semakin banyak backlink ke blog kamu, semakin tinggi DA yang akan mempengaruhi popularitas blog kamu.

Sekarang, secara TEKNIS :

1. Keywords
Pakailah kata kunci didalam judul. Misal mau bahas Maybelline Matte and Poreless Foundation. Jadikan itu sebagai judul.

2. Permalink
Ubah permalink blog post kamu. Kan biasa kalau kita click ada embel panjang tuh di link-nya. Ubahlah jadi lebih singkat.

3. Jumlah kata
Readers lebih suka blog post dengan jumlah kata 800-1000. Jadi kalau nulis, jangan kebanyakan tapi juga jangan terlalu sedikit yaw.

4. Image
Kualitas gambar kamu harus bagus dong. Readers akan lebih tertarik dengan blog post yang punya kualitas gambar bagus dan rapi.

5. Internal dan Eksternal Link
Tambahkan link ke blog post lain untuk menambah views di blog post kamu yang lain juga. Dan yang terpenting, harus RELATED yaa!

6. Meta Deskripsi
Yang kurang dari blog post aku juga ini nih, meta deskripsi! Padahal ini penting banget untuk memberi sneak peek dari blog post kamu sehingga reader jadi tertarik. Ku harus berubah!

Udah dehhh~ Itulah ringkasan dari yang dibagikan kak Shintaries. Disini aku jadi lebih mengerti, karena kak Shintaries juga membawakan materi dengan bahasa sehari-hari dan santai banget. Jadi aku lebih mudah paham. Bahasa yang digunakan juga ga belibet. Sangat mudah dipahami.

Selanjutnya sesi tanya jawab, bagi yang ga paham boleh ditanyakan. Banyak banget pertanyaan yang ada, so aku ngga masukkin kesini yaw.

instagram beautiesquad

Kalau kamu beauty blogger, kamu ngga perlu khawatir ketinggalan info Ngopi Cantik berikutnya, cukup follow IG dan facebook Beautiesquad. Infonya lengkap kok, selalu update. Kalau kalian follow IG kakak-kakak pengurus, mereka juga aktif pasang stories di instagram mengenai Ngopi Cantik ini. Don't worry, guyss~

Sekian dulu blogpost aku kali ini, semoga bermanfaat yaaa.

See you in the next post,

XOXO,

ELLEN LIM

You Might Also Like

0 comments

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe