[REVIEW] Scarlett Whitening Acne Day Cream & Night Cream

September 08, 2021

Hello, siapa nih yang udah kangen sama review etherealpotato? Akhirnya aku balik lagi nih dengan review skincare. Setelah berbulan-bulan hiatus dari dunia blogging, akhirnya aku kembali dengan review skincare yang tentunya bikin penasaran banget! Without further ado, let me introduce the products~


Kali ini aku bakal review produk skincare lokal yang terjangkau, yang namanya udah terkenal banget, dan pastinya yang review-nya ditunggu-tunggu nih. Pasti kalian udah pada tau moisturizer dari Scarlet, yaitu Scarlett Whitening Acne Day Cream dan pasangannya, Scarlett Whitening Acne Night Cream dong ya. Emang kedua produk ini sempet hits banget nih, sering banget masuk rekomendasi youtube dan fyp tiktok. Tentunya berhasil membuat aku penasaran untuk cobain kedua produk ini, apalagi aku cocok dan puas banget sama Scarlett Acne Serum. Now, let's jump to the review~


About Scarlett

Bagi yang belum tau nih, Scarlett Whitening ini tuh brand-nya artist Felicya Angelista loh. Brand lokal karya anak bangsa yang satu ini emang udah punya banyak banget penggemar, khususnya di kalangan remaja atau penggemar skincare dengan harga terjangkau. Karena selain pilihan produknya yang udah beragam, brand ini juga terkenal dengan harga terjangkaunya, semua produk ditawarkan dengan harga flat Rp 75.000!


Produk yang ditawarkan Scarlett Whitening ini udah beragam banget. Awalnya mereka terkenal dengan produk body care mereka seperti body scrub, body lotion, dll., namun sekarang mereka sudah dikenal di pasar dengan produk face care mereka seperti facial wash, serum, dan moisturizer. Untuk produk face care, brand yang satu ini memiliki 2 fokus utama, yaitu brightly series yang berfokus untuk membantu mencerahkan kulit dengan kemasannya didominasi warna pink dan juga acne series yang berfokus untuk mengatasi masalah jerawat dengan kemasannya didominasi warna ungu. Jadi masing-masing series punya face serum, day cream, dan night cream-nya masing-masing nih. Oh ya, yang paling penting ya, produk mereka yang beragam ini, baik body care dan face care, semuanya sudah teregistrasi BPOM loh! Jadi pastinya aman ya meskipun ditawarkan dengan harga terjangkau.


About Scarlett Whitening Acne Day Cream & Night Cream

Sebenarnya ketika meluncurkan produk moisturizer ini, Scarlett Whitening langsung mengeluarkannya sekaligus untuk series brightening dan series acne, masing-masing series punya day cream dan night cream. Dan hebatnya moisturizer dari kedua series ini langsung menjadi produk hits di dunia skincare loh! Tapi karena aku punya masalah jerawat, tentu aku memutuskan untuk mencoba day cream dan night cream dari acne series. Kandungan utama produk ini akan aku bahas lebih mendalam di bagian "Main Ingredients" ya.


Seperti yang udah aku sebutkan sebelumnya, untuk acne series ini produknya didominasi kemasan berwarna ungu, sedangkan untuk yang brightening series kemasannya didominasi dengan warna pink. Sama seperti produk dari Scarlett Whitening lainnya, produk dengan berat bersih 20 gram ini ditawarkan dengan harga Rp 75.000. Untuk moisturizer dengan berat bersih 20 gram, harga tersebut bisa disebut cukup terjangkau ya. Apalagi produknya sudah teruji bebas merkuri dan hydoquinon serta teregistrasi BPOM.


Packaging

Berbicara mengenai kemasan, aku cukup kaget dengan kemasan moisturizer Scarlett Whitening yang ternyata terbuat dari kaca, karena aku kira hanya terbuat dari plastik. Meskipun kemasannya terbuat dari kaca, kita ngga perlu khawatir dengan ketahanannya nih, karena kemasan kacanya tebal dan berat. Memang tidak bisa dipungkiri meskipun kemasan kacanya tebal, kemungkinan pecah saat jatuh masih tetap bisa terjadi, tetap harus berhati-hati ya. Kalau di pengiriman dari ekspekdisi gimana nih? Aman ga? Nah jangan khawatir temen-temen, menurutku pengemasan yang dilakukan oleh Scarlett Whitening ini udah oke banget kok, kemasan kacanya ini dilindungi oleh kemasan karton yang didalamnya sudah dilengkapi dengan wadah plastik yang membuat produknya tidak bergerak atau terbanting, even saat pengiriman.


Like I've said before, Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream ini dilengkapi dengan kemasan karton yang sudah tertulis banyak banget informasi, seperti cara pemakaian, ingredients, nomor BPOM, manfaat produk, dll. Di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan wadah plastik yang membuat kemasan kacanya tidak bergerak-gerak didalam kemasan karton. Untuk kemasan kacanya sendiri juga dilengkapi dengan berbagai informasi yang tertulis dalam bentuk sticker.

Balik lagi tentang kemasan utama moisturizer Scarlett Whitenig nih. Both day cream dan night cream dikemas dalam kaca tebal berwarna doff transparan dengan tutup berwarna putih. Pembeda antara kemasan day cream dan night cream adalah warna kemasan yang didominasi warna putih untuk day cream, sedangkan warna ungu mendominasi kemasan night cream. Ketika tutup kemasan kacanya dibuka, kita tidak langsung menemui cream-nya, tapi dilindungi dulu dengan cap tipis berwarna putih. Menurutku cap tipis ini berguna banget agar moisturizer tidak belepotan ditutup utamanya. Setelah cap-nya dibuka, barulah kita menemui moisturizer dari Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream.


Main Ingredients

Pertama untuk Scarlett Whitening Acne Day Cream dulu nih. Produk ini dilengkapi dengan Double Action Salicylic Acid, Natural Aqualane, Hexapeptide-8, Natural Vitamin C, Triceramide, dan Aqua Peptide Glow. Sedangkan untuk Scarlett Whitening Night Cream, kandungan utamanya hampir sama dengan day cream, namun kandungan Double Action Salicylic Acid diganti dengan CM Acnatu dan Poreaway.

Semua kandungan diatas berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-bacterial yang dapat mencegah jerawat baru dan meredakan jerawat. Selain itu, kandungan Squalane, Hexapeptide-8, Triceramide, dan Aqua Peptide Glow didalamnya juga berperan untuk meningkatkan hidrasi pada kulit yang dapat membantu melembabkan serta mencegah kerutan pada kulit.


How to Use

Sebelum menggunakan Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream, pastikan kalau wajah kamu sudah bersih terlebih dahulu ya. Sesuai namanya, aku biasa menggunakan Scarlett Whitening Acne Day Cream di pagi hari, sedangkan Scarlett Whitening Acne Night Cream di malam hari. Aku pribadi biasa mengaplikasikan moisturizer ini di-step terakhir skincare setelah menggunakan serum agar hasilnya lebih maksimal.

Kalau menurutku pribadi, penggunaan produknya cukup irit. Cukup aplikasikan secukupnya saja di atas wajah, kemudian ratakan dengan jari sambil dipijat-pijat. Setelah pengalaman menggunakan Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream ini, menurutku jika hendak menggunakan cream dari Scarlett ini, sebaiknya hindari penggunaan step skincare yang berlapis-lapis, karena menurutku moisturizer ini sulit menyerap jika kita sebelumnya kita sudah menggunakan skincare yang berlapis-lapis. Aku pribadi hanya menggunakan double cleanser, toner, serum, dan kemudian dilanjut dengan moisturizer dari Scarlett Whitening ini.


Textures, Colours & Scents



Meskipun secara penampakan hampir sama, tekstur dari Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream ini berbeda loh. Untuk day cream teksturnya lebih cair, sedangkan night cream teksturnya lebih pekat. Meskipun demikian, keduanya memiliki tekstur cream yang lembut kok. Keduanya juga sama-sama memiliki warna putih, namun night cream lebih cenderung ke warna putih gading.

Karena tekstur yang berbeda, menurutku efek ke penggunaannya juga berbeda. Scarlett Whitening Acne Day Cream yang teksturnya lebih cair terasa lebih licin, namun lebih sulit diratakan, apalagi ketika layer skincare sebelumnya cukup tebal. Sedangkan untuk Scarlett Whitening Night Cream yang teksturnya lebih pekat, lebih mudah diratakan. Kemudian meskipun lebih cair, Acne Day Cream membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyerap sempurna, sebelum menyerap seluruhnya cream ini akan terasa lengket di kulit, sedangkan Acne Night Cream lebih mudah menyerap dan tidak terasa lengket.


Untuk aroma, aku kurang cocok dengan aroma Scarlett Whitening Acne Day Cream maupun Night Cream. Menurutku aromanya terlalu strong, meskipun tidak mengandung fragrance di dalamnya.


My Opinion


Untuk kesan pertama kali penggunaan, aku sempat mengalami trial and error untuk menemukan kombinasi yang cocok dengan penggunaan Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream ini. Pada awal penggunaan, aku merasa kedua produk ini sulit untuk diratakan ke kulit, teksturnya cenderung licin dan lari ketika diaplikasikan ke kulit. Namun setelah trial and error, aku baru menemukan komposisi yang tepat untuk penggunaan moisturizer dari Scarlett Whitening ini. Ternyata, berdasarkan pengalamanku, day cream dan night cream ini kurang cocok kalau diaplikasikan ke wajah yang sudah dilapisi berbagai lapis skincare. Jadi sekarang aku menggunakan skincare yang lebih ringan dan mudah menyerap ke kulit sebelum mengaplikasikan Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream, kombinasi ini lebih pas dan membuat cream dari Scarlett lebih mudah menyerap ke kulit.

Setelah trial and error yang aku alami, aku mulai menikmati penggunaan Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream nih. Awalnya aku mengira produknya sulit diratakan dan sulit meresap, namun setelah menemukan perpaduan yang pas, menurutku day cream dan night cream dari Scarlett ini mudah diratakan dan mudah meresap, namun day cream membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meresap dan sedikit lengket jika dibandingkan dengan night cream. Ketika digunakan, kedua cream ini tidak menyebabkan rasa gatal dan tidak menyebabkan kemerahan di kulitku, which is good, mengingat wajahku cukup sensitif. Yang cukup menggangguku adalah aroma chemical yang menurutku cukup kuat, tapi hanya tercium ketika mengaplikasikan saja, ketika sudah meresap tidak ada aroma apapun.


Setelah hampir dua minggu penggunaan, hasilnya sudah cukup terlihat ya. Pada gambar before, saat itu aku kebetulan lagi ada jerawat baru yang masih terasa sakit dan membenjol, kemudian pada bagian ujung hidung juga masih ada bekas jerawat. Namun setelah rajin menggunakan Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream ini, bisa dilihat bahwa jerawat baru aku kini udah kempes dan pada saat foto diambil sudah menunjukan bekas jerawatnya aja, sedangkan bekas jerawat pada ujung hidung sudah tidak terlihat lagi. Jadi kalau disimpulkan nih, dalam waktu sekitar dua minggu, kedua produk ini berhasil membantu untuk mengempiskan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Memang ketika foto diambil, jerawat baruku masih meninggalkan bekas jerawat, namun itu hanya masalah waktu aja, aku yakin kalau rajin digunakan juga bekas jerawatnya akan hilang. 

After all, menurutku Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream ini peformanya oke. Awalnya memang aku sempat struggling untuk menyesuaikan skincare yang tepat untuk digabung dengan produk ini, namun setelah menemukan kombinasi yang cocok sih udah ngga ada masalah. Hasil yang diberikan selama pemakaian dua ini juga terbukti efektif, bisa dilihat sendiri di foto bahwa terlihat banget ada perkembangan yang bagus buat kondisi wajahku yang berjerawat. Produknya efektif membantu mengatasi jerawat dan menyamarkan bekas jerawat.


Advantages

  1. Kemasan aman, meskipun dari kaca, proteksi yang diberikan oke banget
  2. Teruji bebas merkuri dan hydroquinon serta teregistrasi BPOM
  3. Harga terjangkau
  4. Tekstur Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream sama-sama ringan
  5. Mudah menyerap ke kulit
  6. Tidak menyebabkan gatal atau kemerahan
  7. Efektif membantu mengempiskan jerawat
  8. Efektif membantu menyamarkan bekas jerawat.

Disadvantages

  1. Kemasan kaca cukup "berisik" dengan informasi
  2. Scarlett Whitening Acne Day Cream dan Night Cream kurang cocok untuk kombinasi setp skincare yang tebal
  3. Day Cream cukup lama untuk set dan sedikit lengket


Price & Where to Buy

Price: Rp 75.000

Where to Buy: Scarlett Whitening


See you in the next post,



You Might Also Like

0 comments

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe