[REVIEW] Scarlett Whitening Acne Serum

May 11, 2021

Halo, aku kembali hadir dengan racun skincare nih! Siapa sih yang ngga kenal Scarlett Whitening? Pasti udah pada tau dong ya, itu loh brand-nya Felicya Angelista. Brand lokal ini emang terkenal banget dengan body care-nya, tapi tau ngga sih kalau mereka juga punya face care? Salah satu jenis face care mereka, Acne Serum dan Brighening Serum, bahkan hits banget di Tiktok dan menjadi salah satu produk racun Tiktok! Ngga mau ketinggalan (meskipun udah cukup ketinggalan), akhirnya aku ikutan beli dan cobain!


Kali ini, sesuai kebutuhan kulit aku yang berminyak, sensitif, dan berjerawat, akhirnya aku nyobain produk face care baru dari Scarlett Whitening, yaitu Scarlett Whitening Acne Serum. Selain karena penasaran akibat racun Tiktok, aku juga penasaran karena claim produk ini yang dapat menyembuhkan jerawat, meregenerasi dan menjaga kulit sensitif, dan mengontrol kadar minyak berlebih di kulit, sesuai banget kan sama kebutuhan jenis kulitku. Without further ado, let's jump into the review~

About Scarlett Whitening

Scarlett Whitening merupakan brand lokal yang telah menghasilkan berbagai rangkaian produk, mulai dari body care hingga face care. Awalnya memang brand yang satu ini terkenal banget dengan produk body brightening mereka, seperti body scrub, shower scrub, body lotion, dll. Tapi tahukah kalian kalau belakangan, brand milik Felicya Angelista ini meluncurkan berbagai face care? Pastinya udah pada tau ya, produk-produknya langsung hits ketika diluncurkan, ada Acne Serum, Brightly Ever After Serum, ngga ketinggalan juga day cream dan night cream dari masing-masing series. Oh ya, untuk membedakan, kemasan dari rangkaian face care untuk acne series ini didominasi dengan warna pink, sedangkan untuk rangkaian brightly series didominasi dengan warna ungu. Harganya terjangkau banget! Semuanya dipatok dengan harga yang sama, yaitu cuma Rp 75.000 saja! Dan yang paling penting nih, smua produk Scarlett Whitening sudah teregistrasi nomor BPOM ya, jadi udah pasti aman banget nih.

About Scarlett Whitening Acne Serum



As I mentioned before, meskipun Scarlett Whitening Acne Serum ini termasuk produk baru, face care ini udah tenar banget di masyarakat dan menjadi salah satu racun Tiktok yang paling racun. Bagaimana tidak, Scarlett Whitening Acne Serum terkenal dengan keefektifannya dalam mengatasi jerawat, termasuk jerawat yang memerah dan membandel di wajah. Selain itu, kemampuan produk ini dalam mengatasi jerawat memang ngga mengherankan, karena produk ini mengandung tea tree water yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan salicylic acid yang dapat meredakan peradangan pada jerawat. Ngga cuma itu, Scarlett Whitening Acne Serum ini juga cocok untuk kulit berminyak dan sensitif loh, di dalamnya terkandung licorice extract yang dapat menyerap minyak wajah berlebihan serta centella asiatica yang memiliki efek calming pada kulit. Dan tentu yang ngga kalah penting, produk ini juga diklaim dapat menyamarkan bekas jerawat dengan kandungan vitamin C didalamnya.

Packaging

Kemasan dari produk skincare emang perlu banget untuk dibicarakan, bukan cuma masalah kenyamanan tapi juga kemampuannya menjaga kandungan aktif dalam produk. Scarlett Whitening Acne Serum ini memiliki kemasan yang menurut aku nyaman dan mampu menjaga kandungan aktif dalam produknya. Kemasan botol kaca doff tebal berukuran 15 ml membuat Scarlett Whitening Acne Serum mudah dan aman untuk dibawa travelling dan ditempatkan pada pouch kecil sekalipun. Terus karena kemasan doff-nya, kemasan Scarlett Whitening Acne Serum bisa melindungi kandungan di dalamnya agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Yang paling penting juga, produknya sudah disertai dengan pipet, sehingga memudahkan pengaplikasian.



Meskipun secara kegunaan, kemasan Scarlett Whitening Acne Serum dangat oke, sayangnya aku kurang suka nih dari segi aesthetic-nya, kerena menurutku sticker pink pada kemasan botolnya cenderung berisik dengan berbagai informasi padahal informasi tersebut sudah ada di kemasan kartonnya. Ngomongin soal kemasan karton nih, Scarlett Whitening Acne Serum juga dilengkapi dengan kemasan karton bernuansa pink dan putih yang mengandung berbagai informasi seperti nomor BPOM, ingredients, manfaat produk, cara penggunaan, dll. Yang paling oke juga nih menurutku, kemasan botol kaca dari Scarlett Whitening Acne Serum juga dilindungi dengan frame plastik gitu di dalam kemasan kartonnya, jadi meminimalisir adanya kerusakan pada botol kaca banget nih, kalau masuk ekspedisi jadi tenang deh~

Ingredients

Aqua, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water, Annona Cherimola Fruit, Isopentyldiol, Centella Asiatica Extract, PEG-8, Phenoxyethanol, Salicylic Acid, Ascorbyl Glucoside, Aminomethyl Propanol, Hydroxyethylcellulose, 1,3-Butylene Glycol, Pentane-1,2-diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, 1,2 Hexanediol, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum-1, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Propylene Glycol, Citric Acid, 2-Amini-1-Butanol, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil.

How to Use


Aku pribadi menggunakan Scarlett Whitening Acne Serum setiap pagi dan malam hari secara rutin setelah menggunakan toner. Cara mengaplikasikannya mudah banget, cukup aplikasikan beberapa tetes serum ke telapak tangan, terus tinggal usap dan pijat di wajah aja deh, hingga merata ya. Kalau aku pribadi biasanya suka pakai sekitar 4 sampai 5 tetes gitu supaya merata di wajah. Terus udah deh, tinggal diamkan saja sampai produknya meresap ke kulit.

Textures, Colours and Scents 

Nah sekarang soal tekstur nih, Scarlett Whitening Acne Serum memiliki tekstur yang cair namun cukup kental. Serum-nya tuh runny, tapi tetap memiliki kekentalan, jadi ngga cair yang seperti air banget gitu. Tekstur yang seperti ini membuat serum menjadi mudah untuk menyerap ke kulit, namun perlu diratakan di wajah dengan waktu yang cepat sebelum terlanjur menyerap. Yang aku suka dari tekstur Scarlett Whitening Acne Serum adalah kemampuan penyerapannya yang cepat, jadi bisa langsung dipakai untuk beraktivitas. Selain itu, karena teksturnya yang cukup cair, serum ini rasanya ringan banget di kulit, ngga yang berat ngeganjel gitu loh, jadi nyaman banget untuk digunakan. Oh ya, waktu selesai mengaplikasikan serum, memang feel-nya itu terasa lengket di kulit, tapi itu cuma sebentar kok, setelah serumnya meresap, dia ngga akan terasa lengket di kulit.


Scarlett Whitening Acne Serum memiliki warna serum seperti putih doff, yang kalau diperhatikan lebih detail sebenarnya warnanya tuh bening, tapi seperti ada partikel-partikel berwarna putihnya gitu. Meskipun demikian, ketika digunakan ngga akan nampak di wajah kok, tidak ada efek mencerahkan secara langsung juga ketika selesai diaplikasikan ke wajah. Untuk aroma, menurutku Scarlett Whitening Acne Serum ngga memiliki pewangi tambahan, dari ingredients juga ngga tertulis adanya fragrance, dan memang ketika diaplikasikan ke wajah juga ngga ada aroma apa-apa sih, jadi aman banget nih untuk digunakan bahkan oleh orang yang memiliki hidung sensitif sekalipun.

My Opinion

Waktu pertama kali pakai Scarlett Whitening Acne Serum, aku langsung suka dengan teksturnya yang cair dan mudah diratakan. Feels-nya juga terasa ringan banget di kulit, nyaman banget deh untuk digunakan di malam maupun pagi hari untuk beraktivitas. Awalnya aku agak kaget karena menurutku teksturnya cukup lengket setelah diaplikasikan, awalnya udah cukup khawatir kalau bakal lengket dan menyebabkan rasa gatal dikulitku yang sensitif. Ternyata ngga lengket sama sekali kok setelah produknya meresap, untungnya kemampuan meresapnya juga cepat, jadi ngga menyebabkan rasa gatal juga. Ketika penggunaan pertama juga ngga ada efek samping yang aku rasakan, tidak ada rasa gatal atau perih, tidak menyebabkan kulit jadi kemerahan juga.


Setelah kurang lebih dua minggu penggunaan, yang paling aku rasakan dari Scarlett Whitening Acne Serum sih kemampuannya untuk mencegah jerawat baru dan mempercepat proses keringnya jerawat. Selama penggunaan sekitar dua minggu ini aku ngerasa jerawatku tuh tidak bertambah, dan jerawat yang sudah ada juga lebih cepat kering dan kempis gitu. Menurut aku produknya ngga yang keras, yang langsung cepat efektif gitu ya, tetap butuh waktu untuk prosesnya supaya jerawatnya bisa kempis, which is natural ya, artinya kan kandungan Scarlett Whitening Acne Serum tergolong kalem nih, jadi akan cocok untuk kulit yang sulit menerima perubahan produk/skincare. Terus dari claim produk ini juga emang bener ya, produknya bisa banget digunakan di kulitku yang sensitif, selama ini ngga ada efek samping produk yang bikin kulitku kemerahan ataupun gatal-gatal. Kalau terkait claim untuk mengurangi minyak berlebih, menurutku pribadi sih manfaat ini tidak nampak ya, mungkin karena jenis kulitku juga yang emang berminyak banget, apalagi aku juga aktif beraktivitas, jadinya efeknya ngga terlihat di aku. 

But after all, menurutku Scarlett Whitening Acne Serum ini oke sih. Dengan harga yang ditawarkan, menurutku produknya worth to try, apalagi dia serum kan, bisa banget digunakan setiap hari, bahkan untuk pagi dan malam hari. Efeknya di kulit yang berminya, berjerawat, dan sensitif sepertiku juga oke, Scarlett Whitening Acne Serum bisa membantu untuk mencegah jerawat dan membantu proses penyembuhan jerawat, serta yang paling penting tuh ngga bikin wajah gatal.



Advantages

  1. Harga terjangkau
  2. Sudah teregistrasi BPOM
  3. Kemasan produk aman
  4. Dilengkapi dengan pipet
  5. Tekstur produk cair dengan sedikit kekentalan
  6. Mudah diratakan
  7. Mudah menyerap ke dalam kulit
  8. Tidak terasa lengket
  9. Tidak menyebabkan gatal atau pun kemerahan
  10. Mampu mencegah jerawat
  11. Mampu membantu proses penyembuhan jerawat

Disadvantages

  1. dari segi aesthetic, kemasannya terlalu berisik

Price & Where to Buy

Price: Rp 75.000
Where to Buy: Shopee

See you in the next post,




You Might Also Like

0 comments

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe