[COLLABORATION] Graduation Makeup Look Tutorial

September 19, 2019

Pertengahan bulan September gini udah banyak yah universitas yang menyelanggarakan acara wisuda bagi para wisudawan. Mau ngucapin selamat dulu nih buat wisudawan dan wisudawati! Selamat udah selesai menempuh masa perkuliahan!! Semoga sukses terus ya di dunia nyata~


Eh tapi kalau wisuda, harus makeup di salon ya? atau makeup di MUA? Keluar duit lagi dong. Apalagi udah keluar duit buat kebaya yah, kalau perlu keluar duit untuk makeup lagi, nambah biaya dong. Terlebih lagi rate yang ditetapkan MUA juga ngga murah.

Nah aku punya solusi nih, gimana kalau makeup sendiri aja? Bisa kok, apalagi tutorial yang akan aku sajikan menggunakan produk makeup yang terjangkau, atau bahkan sudah kalian miliki. Untuk tutorial lengkapnya, yuk simak blog ini~

Foundation

Seperti biasa, aku menggunakan foundation yang emang udah cocok banget sama aku, yaitu Maybelline Superstay Foundation shade 128 Warm Nude. Aku menggunakan foundation ini karena aku emang udah tau peformanya, dia memberikan coverage yang full, warna shade yang sesuai dengan kulitku, dan tahan lama di wajahku yang berminyak. Jadi saran aku buat kalian yang au makeup sendiri saat graduation juga sama ya, yaitu gunakanlah foundation/alas bedak yang emang kalian udah familiar. Kan ngga mau yah kalau foundationnya baru, tapi belum familiar, terus nanti malah oksidasi jauh dari warna asli kulit.


Dalam penggunaannya, aku cuma pake sekitar 1 pump dan diratakan ke seluruh wajah. Karena mau yang simple aja, aku mengaplikasikannya menggunakan jari tangan langsung. Kalau mau hasil lebih optimal, kalian bisa menggunakan foundation brush atau beauty sponge. Optional-nya, kalian bisa menggunakan bedak juga nih. Tapi karena aku mau hasil yang sedikit dewy dan glowing di wajah, aku ngga menggunkan bedak sama sekali.

Eyebrow Pencil

Ini juga preference masing-masing ya. Kalau aku menggunakan Etude House Drawing Eyebrow Pencil yang warna Grey Brown. Menurut aku hasil dari eyebrow pencil ini nampak natural, warnanya oke, ngga terlalu hitam dan juga mudah untuk proses menggambarnya. Nah karena mau alis yang natural aja, aku cuma menebali alis asliku nih.

Kalau graduation kan kadang hall-nya panas yah, kalau kalian mudah berkeringan, aku ngga saranin pakai eyebrow pencil dari Etude ini nih. Nanti kalau kena basah atau keringat, warna eyebrow-nya bisa memudar atau bahkan hilang. Kalau kalian emang berkeringat ata berminyak banget nih wajahnya, aku lebih sarankan untuk menggunakan eyebrow pomade atau gel.

Eyeshadow


Eyeshadow ini kalian bisa pakai merk apapun, warna apapun, sesuka hati kalian. Kalau mau beli palette eyeshaodw lokal juga boleh loh. Atau bahkan eyeshadow yang isinya 3 warna juga oke banget, langsung bisa digradasi tanpa mikir kombinasi warnanya hehe. Karena temanya adalah graduation, lebih baik sih warna yang warm atau pinkish gitu yah. Disini aku ambil warna pink dan juga cokelat nih, untuk menimbulkan kesan yang warm namun juga masih ada warna terangnya.

Untuk produk yang aku gunakan adalah Catrice Eyeshadow Palette yang varian Blossom. Warna dalam satu palette ini cantik banget deh. Cocok banget untuk daily juga, jadi kalau emang mau beli, ngga akan sia-sia. Warnanya udah lengkap, ada warna terang hingga gelap. Harganya juga cukup terjangkau kok, apalagi dengan warna sebanyak itu.


Untuk detailnya, aku menggunakan warna cokelat pada bagian luar. Aku meratakannya dengan menggunakan blending brush agar hasilnya pada bagian luar lebih nge-blend. Kemudian untuk memperdalam dimensi, di bagian dalam aku tambahin lagi warna cokelatnya, jadi sedikit lebih bold gitu. Kemudian pada bagian kelopak mata bagian dalam, aku beri warna pink. Pink-nya kayak pink ungu gitu sih, jadi masih oke kalau dipadukan dengan warna cokelat. Supaya lebih oke lagi, brend warna cokelat dengan pink-nya, supaya ngga keliatan nge-demplok hehe.

Blush On


Blush on juga banyak ops nih, bisa yang powder, bisa yang stick, atau bahkan cream. Nah kalau saran aku sih gunakan yang stick atau yang cream, karena kedua jenis ini memiliki ketahanan yang lebih lama daripada yang powder biasa. Atau bahkan kalau kalian mau cari blush on tahan lama, ngga usah beli juga bisa, tinggal menggunakan lip tint aja. Tapi kalau pakai lip tint sebagai blush, hati-hati ya, pastikan meratakannya harus cepa dan benar-benar nge-blend.

Untuk makeup kali ini, aku menggunakan Make Over Multifix Matte Blusher shade nomor 04. Warnan peachy pink gitu, jadi keliatan cantik dan natural. Untuk beginner juga oke nih, soalnya warnanya ngga langsung jeder, tapi bisa di-build-up perlahan.

Lip Cream


Untuk produk bibir sih ngga usah ditanya lagi yah, ada jutaan brand menyediakan pewarna bibir. Kalian bebas pilih mau brand apa, warna apa, jenis yang kayak gimana. Karena event-nya adalah graduation, mau pake lip gloss juga boleh. Kalau aku pribadi sih cuma cari lip cream yang nyaman aja dengan warna natural untuk graduation.

Pada makeup look kali ini, aku menggunakan Maybelline Superstay Matte Lip Cream yang shade Seductress. Itu emang udah lip cream favorite aku juga, warnanya cocok untuk digunakan sehari-hari. Salah satu keunggulan lip cream yang satu ni adalah ketahanannya yang tahan sangat lama menurutku. Apalagi di bibir dia terasa ringan dan tidak membuat bibir kering.


Udah deh kelar makeup-nya~ Gimana menurut kalian? Mudah banget kan makeup-nya, ngga usah keluar banyak uang uga, tinggal gunakan makeup yang udah kalian punya aja deh~

Nah kalau kalian butuh referensi, kalian bisa visit ke instagram @beautiesquad karena makeup kali ini merupaka kolaborasi bulanan bareng Beautiesquad dengan tema Graduation Makeup Look. Atau kalian bisa langsung kunjungi Graduation Makeup Look dari kak Regina, di blog-nya juga ada tutorial loh.




See you in the next post,


You Might Also Like

0 comments

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe