[REVIEW] Catrice HD Liquid Coverage Foundation

January 16, 2018


Para pecinta matte foundation pasti ngga mau ngelewatin foundation yang satu ini. Seperti nama judulnya, aku mau review Catrice HD Liquid Coverage Foundation. Kenapa sih kok foundation dari Catrice ini ngga boleh dilewatkan? The answer is explained below~

Aku beli Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini di Guardian dengan harga 108.000. Aku ngga ada niatan beli foundation atau makeup apapun sebenernya, tapi kata mbak Catrice di Guardian, foundation dari Catrice ini full coverage. Dan kalo bener tuh ucapan si mbak Guardian, 108.000 itu itungannya udah murah banget sih berarti. Tanpa embel-embel full coverage pun, sebenernya 108.000 untuk foundation itu udah terhitung murah, apalagi brand Catrice ini bukan produk lokal. Foundation produk lokal aja bisa lebih dari 108.000. Intinya aku terbuai sih dengan kata-kata manis mbak Guardian. Jadi aku beli deh Catrice HD Liquid Foundation, yang tergolong terjangkau untuk harga foundation ini.


Aku beli Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini dengan shade nomer 030 Sand Beige. Hanya ada 4 shade untuk foundation ini, yaitu 010 Light Beige dan 020 Rose Beige yang lebih ke pink undertone, lalu 030 Sand Beige dan 040 Warm Beige lebih ke yellow undertone. Saat aku beli, ngga ada testernya, tapi aku kira-kira aja cocok yang mana. Aku sempet bingung antara yang 020 atau 030, karena kulit aku sebenernya masuk di yellow maupun pink undertone, tapi karena aku lebih suka foundation yang yellow undertone, aku pilih yang 030 deh. Si Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini memiliki netto 30mL, which is cukup banyak. Yang paling bikin aku minat banget sama foundation ini adalah dia bentuknya seperti foundation mahal gitu. Dimana sebenernya dia murah, tapi packagingnya seperti meneriakkan kalo dia itu high class atau high end. Kita bahas dari packagingnya aja ya sekarang.


Secara packagingnya, aku completely suka banget. Seperti yang aku bilang, dia terlihat mahal, dimana padahal tu dia harganya terjangkau banget. Tubuh dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini terbuat dari wadah kaca tebal dan berat. Jadi tolonglah kalian hati-hati kalo mau bawa ini untuk travelling, soalnya dia dari kaca, tebal banget sih, tapi namanya kaca juga ada lah ya rasa khawatir kalo dia pecah. Selain itu, tutupnya rapet banget kok, vaccumm banget, jadi ngga usah khawatir tumpah. Sebenernya ukurannya cukup kecil, ukuran yang enak buat dibawa bepergian, tutupnya juga rapet, tapi dia berat dan kaca, ini masalahnya. Kalo kalian hati-hati, it's not a big deal sih. Kalem aja.

Ini nih yang bikin aku jatuh cinta, bentuknya unik karena dia pakai liquid dropper sebagai alat untuk mengeluarkan foundationnya. Terserah kalian mau panggil aku katrok atau kampungan, tapi aku seneng aja liat foundation pakai liquid dropper, terkesan mahal. Karena kan udah umum banget tuh kalo foundation pakai pump, kayak udah jadi biasa aja. Tapi kan jarang yang pakai liquid dropper, jadi aku suka #hahaha. Terus memgingatkan juga akan jaman-jaman main alat lab, main pipet tetes #tehehehe. Trobek, bikin baper deh #eh.


Yang aku kurang suka dari packagingnya adalah selotip pada tutup liquid dropper-nya. Entah ini dari pihak Guardian atau pihak importir Catrice, tapi penutup selotip ini mengurangi nilai estetika dari packagingnya aja. Bahasan ini agak ga penting sih, tapi tetep ngga lewat dari penilaianku.

Lanjut, bagian INTI. Mari kita bahas kualitas dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini~


Untuk warnanya, Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini cuma punya 4 warna yaitu 010 Light Beige, 020 Rose Beige, 030 Sand Beige, dan 040 Warm Beige seperti yang udah aku sebutkan tadi. Dan yang 030 ini setelah aku coba, emang pas banget di skin tone aku. Bener-bener ngga terlalu muda tapi ngga tua juga. Tapi karena bisa dibilang kulitku itu cukup terang warnanya, dan the fact kalo nomer 030 Sand Beige ini masuk pas di warna kulit aku, maka aku bisa bilang 4 warna dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini kurang cocok sama warna skin tone orang Indonesia yang cenderung yellow tone gelap atau sawo matang. Bahkan menurut aku yang nomer 040 Warm Beige aja itu ngga gelap-gelap amat.

Untuk tekstur dari foundation dari Catrice ini, teksturnya cair banget, liquid cair. Dia runny banget kalau dituang. Tapi juga ngga secair air gitu ya, cair liquid. Enak banget dan cocok emang untuk pakai liquid dropper sebagai aplikator pengganti pump. Karena dia liquid dan menggunakan dropper, kita bisa kontrol seberapa banyak kita mau foundation ini di kulit kita.



Mungkin pada bingung ya cara pemakaian Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini gimana dengan menggunakan liquid dropper-nya. Untuk liquid dropper-nya sendiri, kalian bisa pencet liquid dropper-nya sebelum dimasukkan ke dalam foundation, lalu lepaskan pencetan untuk menyerap foundation. Setelah itu kalian bisa sesuaikan mau berapa tetes yang digunakan dengan cara memencetnya perlahan. Kalian bisa langsung meneteskan foundationnya ke wajah kalian, atau ke mixing palette. Kalau aku sih lebih suka ke mixing palette supaya ngga susah netesin ke wajahLalu kalian bisa meratakan foundationnya ke wajah dengan menggunakan sponge aplikator ataupun foundation brush. Disini aku lebih suka pakai foundation brush karena bentuk foundationnya liquid dan menurut aku sponge aplikator bakal nyerap liquidnya lebih sih. 

Untuk kemampuan di-blend Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini mudah banget di blend. Karena dia liquid, dia jadi mudah banget di blend, ngga patchy. Terus juga jadi irit banget, karena dikit aja udah bisa diratain ke seleruh muka. Aku hanya perlu setengah sampai 1 liquid dropper saja untuk mengcover satu wajahku hingga sempurna.


Coverage, coverage dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini yang paling pengen aku bicarakan. Coverage-nya tu medium to full coverage, cenderung ke full coverage ini. Coverage-nya buildable banget dan masih terasa sangat ringan. Aku setuju sama claim mereka yang second skin effect, karena emang Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini ringan banget, ngga berasa berat. Tapi sebenernya is not necessary untuk pakai dua lapis, karena satu lapis aja udah mengcover seluruh kemerahan dan jerawat-jerawat di wajahku, di aku sih jatuhnya full coverage, dan aku bener-bener suka banget wajahku jadi terlihat flawless karena kemerahan wajahku udah tercover, ngga terasa berat dan ngga cakey ataupun tebal.

Finishing di wajahnya juga bikin aku tambah cinta sama Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini. Finishing-nya dia matte but not flat. Jadi dia matte, tapi ngga sampai yang kering banget atau bikin efek powdery di wajah, which is aku suka banget. Terus juga ngga creasing atau bikin terlihat cakey gitu.


Ketahanan dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini cukup bagus menurut aku. Dia masih bisa menahan wajahku yang seperti kilang minyak ini selama 5 jam dan masih keliatan bagus. Yang bikin aku seneng banget sih karena uniknya, setelah aku pakai selama 5 jam, wajahku tu ngga terlihat berminyak yang menjijikan gitu, tapi malah seperti dewy glowing gitu. Biasanya, aku kalau pakai foundation dan wajahku berminyak, hasilnya pasti akan menjijikan setelah dipakai selama 5 jam, creasing pada smile lines, pinggir hidung mulai terlihat. Tapi ini ngga berlaku untuk Catrice HD Liquid Foundation ini, wajahku masih tetap dalam kondisi yang bagus, ngga geser dan ngga creasing, minyak wajahku juga malah membuat look ku menjadi dewy tapi tidak menjijikan.

CONCLUSION

KELEBIHAN :

  1. Harga sangat terjangkau
  2. Packaging terkesan mahal
  3. Menggunakan liquid dropper
  4. Tekstur cair liquid
  5. Super blendable
  6. Hanya cukup menggunakan sedikit saja untuk seluruh wajah
  7. Matte tapi ngga powdery
  8. Sangat ringan
  9. Second skin effect
  10. Full coverage, best work with foundation brush
  11. Tahan lama


KELEMAHAN :

  1. Kemasan dari kaca dan berat
  2. Hanya ada 4 shade terbatas


REPURCHASED? ABSOLUTELY YES! Jelas banget aku ngefans sama Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini. Aku suka banget sama keringanannya, matte-nya juga ngga powdery, tahan lama walau minyak wajah aku udah kayak kilang minyak, dan yang terpenting adalah FULL COVERAGE! Aku bisa bilang ini udah menggeser posisi Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation yang awalnya adalah favorit aku. Sekarang aku pindah hati dan menjadikan Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini menjadi posisi pertama dalam foundation favorit aku. Secara coverage, menurut aku Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini lebih full coverage. Dan juga kalo yang Maybelline dia finishingnya matte dan powdery yang mana aku lebih prefer si Catrice yang matte tapi ngga powdery. Fix Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini adalah foundation favorit aku!!

Gimana nih netizen? Mau nyobain Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini juga? Kalian bisa dapetin di Guardian, Watson, atau di online juga ada kok. Disclaimer dulu ya, pendapat orang bisa beda-beda soal Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini, tapi inilah yang aku rasakan dan pendapatku. Sekian dulu blog post kali ini.

See you in the next post,


XOXO,



ELLEN LIM








You Might Also Like

22 comments

  1. Wah bagus banget ya coverage nya. Tapi utk dry skin kira2 cocok ga ya?

    www.beauty-pararadise.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan kulitnya ga terlalu kering cocok2 aja. Soalnya dia bukan yang matte sampai kering powderry gitu

      Delete
  2. Wahh, coveragenya bagus juga yahh, full gitu.
    Aku juga sering banget mampir ke Catrice kalo lagi di Guardian, tapi sampe sekarang belum ada yang aku coba produknya Catrice, jadi penasaran sama foundienyaa.

    Salam kenal ya, folback blogku juga ya, thks.

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja ka foundie nya, menarique banget deh. Suprise sih aku harga segitu udh bisa dapet foundation full coverage.

      Salam kenal juga. Done ya, udah aku follback ^3^

      Delete
  3. Coverage-nya oke jug ayah :D Aku tertarik sama foundation Catrice tapi shade-nya nggak ada yang masuk kulitku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang banget shade nya terbatas, cuma ada 4. Dan emang kurang pas untuk shade kulit Indonesia

      Delete
  4. waah ringan tapi full coverage dan harganya murah
    langsung masuk wishlist :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yass. Bener banget. Coverage-nya oke dan murah. Terharu..

      Delete
  5. PARAH YAAH inibjuga sempet masuk wishlist aku tapi belum kebeli sampe sekarang wkwkwk 😂😂 Lebih excited nungguin Maybelline yg full coverage *duh lupa namanya, yg tutuonya putih itu wkwk* 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahh, aku juga lagi nunggu-nunggu Maybelline nih. Udah banyank yang buka PO, tapi masih belum berani tebak-tebakkan shade, takut oxidize kaarena yang Maybelline Fit Me kan banyak yang pada oxidize tuh

      Delete
  6. Ini wish list aku ih, tapi belum sempet beli,coverage nya emang bagus banget ya, pernah cobain yg temen malah jadi kebita 😥😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terjangkau harganya, maknnya aku penasaran banget beli, apalagi dia pake kayak pipet gitu hihihi

      Delete
  7. Wuih runny ya, berarti apa sejenis Wet n Wild ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, dia runny, tapi ngga yang sampe cair banget kok

      Delete
  8. Wah ini aku butuh banget secara mukaku merah2 semuaaa ada jerawatnya. Thanks bebb reviewnya lengkap 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak <3, coverage-nya juara banget nih

      Delete
  9. Replies
    1. Coba aja ci, recommended banget, apalagi coveraage-nya <3

      Delete
  10. Wah, udah lama pingin nyoba foundie ini, cuma penasaran kalo dicobain ke kulit org Indo gimana. Soalnya foundie Catrice ini pernah direkomen sama beauty vlogger panutan gitu (kalo ngga salah Tati atau Kathleen Lights...). Murah dan beneran full coverage ya ternyata. Thanks for sharing! Definitely will purchase one after reading this :-)

    www.ruthvcp.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, aku juga teracuni sama sama beauty vlogger international, and the quility is definitely very good! Exceeds my expectation! <3

      Delete
  11. Kalo sama maybeline fit me matte poreless bagusan mana ya ?

    ReplyDelete
  12. kalo menurut aku fondation produknya Catrice kurang cock sih kak di kulit yang berminyak soalnya pas aku makai punya temenku yang katanya bagus menrut dia ktika di aplikasiin ke aku jadinya kaya mengkilap gtu dan ringan sih di wajah bagi yang cocok terutama untuk dry skin coba ajh @ode_dhila

    ReplyDelete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe