[REVIEW] Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude

December 04, 2017


Ellen kembali lagi nih dengan racun para wanita, apalagi kalo bukan lipen. Kali ini, aku mau review racun matte lip cream yang lagi hits dan marak diperbincangkan yaitu Wardah Exclusive Matte Lip Cream! Yay!

Siapa sih yang ngga kenal brand Wardah? Apalagi produk ini dikenal sebagai produk yang dekat dengan kaum muslimah di Indonesia. Tentu banyak banget dong yang udah pake produk ini. Dan pula, dengar nama Wardah aja udah tau dong kalo harganya pasti terjangkau. Nah, lip cream dari Wardah ini juga ngga kalah hits nih dari antara produk Wardah lainnya bahkan dari produk lip cream brand lain. Yang mau aku review kali ini adalah lip cream Wardah dari varian Wardah Exclusive Matte Lip Cream yang nomer #11, namanya Oh So Nude.


Sebenernya, aku ngga suka lip cream dengan finish matte. Alesannya sih cuma karena preference yah, aku lebih suka finish yang a little bit glossy but not too much, yang ada satin-nya dikit. Tapi karena produk ini hits banget dan ngeliat warnanya juga terlihat menarik, aku jadi teracuni. Dan melihat dari blog post aku yang Birthday Party Elegant Makeup Look, sepertinya banyak juga yang teracuni dengan warnanya, padahal belum aku review. Now it's time for me to review it~



Jadi sebenernya aku emang lagi butuh lip cream nih ceritanya. Karena aku bakal menghadiri sebuah acara dan rasanya aku ngga punya warna lipstick yang cocok (padahal lipstick ada banyak, emang dasar wanita, ngga pernah puas sama apa yang dimiliki #sombong #maapkeun). Setelah mencari-cari dalam penantian yang panjang #cieelah, akhirnya aku teracuni sama Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini. Aku teracuninya karena rekomendasi temen aku, dia sering pakai Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini.


Tujuan aku pada dasarnya adalah warna pinkish nude. Dan tentunya, Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini punya warna yang aku inginkan. Hampir aja aku hedon, karena waktu ke counter Wardah, aku yang cinta sama warna nude ini pengen beli banyak variasi warna dari Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini. Aku kasih tau ya, aku minat banget sama warna #3, #9, #13, #14. Awalnya nomer #11 bukan jadi pilihanku, tapi setelah memilah-milah dalam persaingan yang ketat, kutemukan yang terbaik untukku, yaitu nomer #11 Oh So Nude. Jadi ceritanya aku sama yang nomer #11 ini bukan jatuh cinta pada pandangan pertama, cintanya setelah dipandang-pandang bobot bibit dan bebet-nya #eh.

Dimulai dari harga, Wardah Exclusive Matte Lip Cream yang memiliki berat bersih 4 gram ini aku beli dengan harga 62.300 di counter Wardah. Untuk brand lokal, harganya biasa aja menurut aku, ngga mahal tapi ngga murah juga. Tapi untuk such a well known brand, aku rasa 62.300 ini bisa dibilang worth it. Seperti yang aku bilang tadi, aku beli yang Wardah Exclusive Matte Lip Cream nomer #11 Oh So Nude. Disana disediakan berbagai macam tester warnanya, jadi memudahkan banget untuk memilih warna, tapi di aku sih malah jadi lama ya karena kegalauan tak berkesudahan #eh.


Dari packaging karton-nya sendiri, aku suka banget sih sama packaging kartonnya, padahal cuma baru packaging karton loh. Warnanya tuh nyenengin banget, pink nude, cocok dan mencerminkan sama warna dari lip cream yang aku beli ini. Terus unik juga karena tulisan 11 Oh So Nude Wardah Exclusive Matte Lip Creamnya ditulis miring dan bisa disambung kalau punya karton Wardah Exclusive Matte Lip Cream lainnya. Terus tulisan nomer shade, nama shade, expired date, ingredients, dll juga jelas banget jadi enak dilihatnya. Apalagi nomer dan nama shade-nya sih, rasanya ditulis disemua bagian dari packaging karton ini, memudahkan banget untuk lihat dan tau shade-nya. Jatuh cinta nih sama kartonnya doang padahal, warnanya cute banget, bener-bener mencerminkan warna shade #11 Oh So Nude ini


Untuk packaging lip cream-nya sendiri, menurut aku packagingnya sophisticated banget. Packaging dari Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini terbuat dari plastik tebal dan transparan, enak banget buat ngeliat warna shade-nya dan masih sebanyak apa. Terus juga tutupnya berwarna perak seperti warna aluminium, bikin terkesan classy gitu, jadi aku suka. Sayangnya, tulisan nomer dan nama shade-nya berada di bawah/pantat dari wadahnya, jadi ngga keliatan kalo kita nempatin Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini dalam posisi berdiri. Dari packagingnya sendiri, lip cream ini handy banget, sangat ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Tutupnya juga vaccum dan kenceng. Suka deh dengan packagingnya.

Sekarang kita masuk ke inti kualitas Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini~


Untuk wangi-nya, Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini memiliki wangi yang cukup menyengat tapi ngga terlalu bau chemical. Wanginya sih biasa aja tergolongnya, dia ngga ada vanilla scent atau sweet scent dan semacamnya, Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini memiliki wangi seperti lip cream pada umumnya, nothing special, really.

Dari segi warna saat test tangan, aku udah nge-test warna dari Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini dipunggung tangan aku waktu di counter Wardah, dan hasil test warna itulah yang bikin aku pada akhirnya jatuh hati. Saat di-test ditangan, warnanya pink nude yang punya hint cokelat, jadi jatuhnya sepeti pink semi cokelat nude, seperti warna rose gelap. Dia jatuhnya ngga pucet saat ditangan, karena ada hint semi cokelatnya itu yang bikin dia jadi seperti rosy pink gelap.  Saat di-test ditangan sih warnanya mirip banget sama warna bibir, which is alasan dia dinamai nude. Karena dia warnanya cocok seperti warna bibir aku, aku beli yang #11 Oh So Nude ini deh.



Untuk warna saat di bibir, warnanya diaku itu jatuhnya ternyata lebih agak ke soft pink semi peach cokelat gitu ternyata. Kalau ditangan doang itu terasa warnya lebih ke pink, tapi setelah dibibir aku, warnanya lebih ke soft pink semi peach cokelat gitu. Tapi ngga beda jauh antara hasil warna swatch di tangan dan di bibir. Dan aku bener-bener jatuh cinta head over heels banget sama warnanya. Cocok banget sama warna asli bibir aku. Jadinya emang "nude" karena cocok sama warna bibir aku. Cuma terlihat beda pastinya antara tanpa lip cream ini dan pakai lip cream, dengan lip cream ini warna bibir aku jadi terlihat even atau rata, dan lebih berwarna, ngga pucet. Nah iya, itu juga jadi poin penting, Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini di aku jatuhnya ngga pucat, tapi bisa aja di skin tone yang lebih gelap jatuhnya bakal pucat. Kalau kamu punya skin tone seperti aku, mungkin akan cocok pakai Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini.


Pigmentasi dari Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini juga bikin jatuh hati. Warnanya strong dan intense banget. Sesuai sama warna di dalam wadah packagingnya. Aku suka banget nih kalo kayak gini. Soalnya suka kesel kalo ternyata yang dipackaging sama saat dioleskan di tangan atau bibir tu beda. PHP much kalo yang jenis gitu. Untungnya ngga demikian sama Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini, warnanya sesuai ekspektasi banget, bener-bener intense dan strong warnanya.

Tekstur dari Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini creamy dan buttery. Teksturnya dia kental, tapi ngga kental banget yang susah buat diratain gitu, dia kental tapi creamy. Dan yang bikin aku suka adalah dia buttery, jadi dia matte tapi ngga bikin bibir terasa kering. Soft banget pengaplikasiannya. Bikin bibir terasa nyaman banget waktu pakai Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini, ngga terasa seperti pakai lip cream matte. Enteng banget bawaanya dan ngga bikin bibir kering. Dibuat ngomong, senyum, nyengir, makan juga enak, ngga bikin bibir ataupun lip creamnya crack. So in luv banget sama kualitasnya ini. Bener-bener kentel, creamy, buttery, soft, mudah buat di-glide, enteng di bibir, dan ngga bikin bibir kering dan crack.


Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini ternyata bukan tipe lip cream matte yang langsung dry down. Dia ada masa basahnya dulu, masa-masa buttery dan harus ditunggu dulu baru dia jadi matte dan dry. Nah setelah dry itu, dia baru mulai kerasa nih agak ketarik disudut bibir, tapi cuma disudut bibir sih yang terasa ketarik dalam arti jadi kering. Tapi masih bearable banget. Dibuat ketawa juga masih enak dan ngga crack juga. Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini juga kiss proof atau transfer proof juga loh!! Jadi kalau minum dari gelas langsung, ngga ada bekas lipstick deh~ Yay!

Nah tapi juga, setelah dia dry down, garis-garis bibir aku juga mulai terlihat nih. Walau terlihatnya juga ngga kasar-kasar banget sih. Cuma kalo diamati dari dekat, garis bibir aku terlihat tegas banget. Mungkin karena faktor pigmentasinya yang bagus kali ya, jadi kalo cemberut atau kondisi biasa aja garis bibirnya lebih terlihat atau diperjelas. Tapi masih fine kok, kalo ngga ada yang ngeliatin dari deket banget, ini fine banget kok masihan.


Dari segi coverage, Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini juga aku acungi 4 jempol. Coveragenya bagus banget, mungkin karena pigmentasinya juga bagus kali ya, tapi coverage-nya sendiri dia cover banget kalau dibandingkan dengan lip cream warna nude lainnya. Banyangin aja, Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini warnanya bisa dibilang Nude, tapi coverage-nya sebagus ini dan bisa cover bibir cokelat, amazed sih aku. Warnanya tu bener-bener intense jadi bisa ngecover waran bibir cokelat. Warnanya intense banget kayak pakai 2 lapis lip cream, padahal cuma 1 lapis doang, dan ini enteng banget. Amazing!

Untuk ketahanan, aku melakukan uji coba pakai Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini. Pertama aku cuma makan snack kecil dan minum air doang, dan ternyata lip cream-nya masih bener-bener stay dan ngga kehapus sama sekali. Great job Wardah! Lalu berikutnya, aku makan burger dengan gaya yang sama sekali ngga cantik, dan dari situlah negara api mulai menyerang #eh, maksudnya dari situ baru keliatan perubahannya. Bagian inner lips-nya mulai terlihat, warna dari Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude-nya udah mulai hilang. Terus secara keseluruhannya juga mulai menipis walaupun masih punya a quite good coverage. Bisa dimaklumi. Tapi walau dia hilang, karena warnya nude, bibirku jadi terlihat seperti di-ombre warnanya dengan bibirku. Soalnya yang hilang itu rata, yang bagian inner hilang keseluruhan dan yang bagian outer hilang tipis.

Now, bagian yang paling ditunggu-tunggu berikutnya, CONCLUSION~

KELEBIHAN :

  1. Harga cukup terjangkau
  2. Packaging sophisticated
  3. Packaging dari plastic dan transparant
  4. Ringan dan mudah dibawa-bawa
  5. Tutup vaccumm
  6. Warna intense, pigmentasi sangat baik
  7. Tekstur kental, creamy, buttery, soft
  8. Terasa ringan dan tidak kering
  9. Transfer proof
  10. Coverage sangat baik
  11. Ketahanan cukup baik


KELEMAHAN :

  1. Tulisan shade di pantat wadah lip cream, sulit dilihat
  2. Terasa kering di bagian ujung bibir
  3. Mempertegas garis bibir
  4. Shade #11 Oh So Nude bisa terlihat pucat pada skin tone tertentu
  5. Kurang cocok untuk makan berat. Harus retouch.


REPURCHASED? YES! Totally yes. Suka banget aku sama kualitasnya. Aku bukan tipe orang yang suka matte lip cream, tapi Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude ini sukses membuat aku memasukkan lip cream ini kedalam list lip cream favorite aku. Harganya jadi ngga terasa mahal setelah dapat kualitas seperti ini. Semua kekurangannya itu masih bearable banget, ngga ngeganggu sama sekali, jadinya it's fine for me. Sebenernya alasan utama kenapa pengen repurchased adalah karena warnanya sih. Aku udah merasakan kecocokan warna #11 Oh So Nude ini di aku, dia serius cocok banget sama waran asli bibir aku, just a little more pinkish than my lips.

Sebenernya bicara lip cream, bicara mengenai preference juga. Tapi kalau konsistenitas dari semua shade Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini sama, shade lain juga worth to try banget, tinggal warnanya tergantung sama warna shade favorite kamu masing-masing.

Nah kalo kamu gimana? Berniat coba shade ini? Atau shade lain? Tapi seriusan ini Wardah Exclusive Matte Lip Cream ini worth to try banget, coba aja kalo emang kamu mau beli matte lip cream. It's one of my suggestion for you. Sekian dulu blog post kali ini. Kalian boleh komen-komen dibawah yahhh, cantikk~

See you in the next post,

XOXO,

Ellen Lim




You Might Also Like

24 comments

  1. Setelah di pakai di bibir seperti nude pink gt yaa , cantik warnanya kaya kylie lip kit ada yg warnanya kaya gini wkwkw..... Jadi penasaran mau coba
    Ravitamala.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja ka, ngga usah warna ini juga ga masalah, soalnya formula dari lip cream-nya sendiri udah bagus banget, enak dipake

      Delete
  2. Warnanya cakep sebenernya ini yaa, tapi di kamu jadi agak pucat :( Kalo di aku bakal bikin kusem nih warna begini huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnanya sebenernya sesuai banget sama warna bibir asli aku, makannya kaya ga terkesan gimana2 gitu. Tapi emang ini bukan safe choice sih, tergantung skin color :(

      Delete
  3. Warna nude bagus juga cuma kalo kek diaku jatuhnya bakalan bikin pucet.

    coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Warnanya bukan safe choice banget. Harus sesuaiin sama warna skin tone.

      Delete
  4. suka sama warnanya <3

    https://devianatan.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. Dulu banget sempet mau beli nih wardah no.11 ini, tapi keabisan terus, kayanya best seller ya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, best seller karena warnanya nude, tapi cenderung malah pucat di banyak orang.

      Delete
  6. Suka banget shade shade nude kayak gini :D Cantik banget warnanya. Tapi bener sih, kdg klo shadenya gak cocok jadi keliatan pucet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnanya cantik sih, tapi sayangnya bukan safe choice buat banyak orang hiks

      Delete
  7. aduuh paraaah ini cantik banget warnanyaa, jadi pengen jugaakk XD


    Mampir yuuk
    bit.ly/widyalimitedblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuks dibeli hehe. Warnanya cantik dan terjangkau juga loh

      Delete
  8. Dari dulu pengen cobain shade ini sih tapi belum jadi-jadi.. kayaknya harus di segerakan karena udah gatel ini bibir pengen coba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik loh kak warnanya, nude nya menggoda banget

      Delete
  9. Shade yang lagi aku incar banget, cuma kemaren cari di store nya wardah lagi kosong yang no 11 ini :(

    ReplyDelete
  10. Di kamu pas bgt ya nude nya len. Kalo di skintone kyk aku bakalan keliatan pucet nih kyknya hehe :p

    ReplyDelete
  11. Ini salah satu warna best seller dan aku suka banget warnanya

    ReplyDelete
  12. aku juga punya yang oh so nude, aku suka banget warnanya, tapi di bibirku jadi kering dan crumble gitu kalo kena air huhuhu

    www.maroonfreeday.com

    ReplyDelete
  13. Oh so nude itu lebih kecoklatan atau malah lebih pucet dari see You latte sih kak?? Mau beli yg nude nanti mlh pucet jadinya menurut kaka g lebih kecoklatan ato malah semakin pucet

    ReplyDelete
  14. Oh So nude ini salah satu warna yang lagi aku suka nih, walaupun agak pucet bakalan tapi kek nya lucu juga kalo dibikin ombre lips sama warna lain

    username ig: @alindaaa29

    ReplyDelete
  15. Di kamu jatuhnya keliatan bagus. Aku pernah pake yang no.15 pinky plumise. Jatuhnya di bibirku mirip ubi ungu, nggak tau kenapa bisa begitu haha. Cuman aku nggak nyaman pake lip cream wardah. Karena setelah di apply dia tuh kayak ada garis garis bibir, ya walaupun lembut-lembut sih garisnya. Emang tahan lama menurutku, cuman kalau habis minum atau makan ada sensasi lengket-lengket di bibir. Akunya kerasa risih sama gemes sendiri pengen langsung ku hapus. Perasaan banyak banget yang suka, tapi akunya kapok pake wardah lip cream dan pilih pindah produk. Apa akunya yang ndeso ya wkwk :'D

    Ig : @fitrianarindu

    ReplyDelete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe