[REVIEW] Emina Clay Mask, Masker Lokal untuk Semua Jenis Kulit

September 12, 2020

Beberapa waktu belakangan ini, Emina mengeluarkan produk skincare baru nih! Emang lagi pandemi gini banyak juga ya brand yang mengeluarkan skincare, mumpung banyak waktu di rumah nih, bisa skincare-an. Yuk makin rajin skincare-annya, demi wajah glowing alami yang paripurna nih.


Kali ini skincare yang dikeluarkan Emina adalah jenis clay mask! Apa sih Clay Mask itu? Oke, jadi secara singkat, clay mask merupakan salah satu jenis masker yang sifatnya perlu dicuci/dibilas (wash off). Jadi Clay Mask ini ketika diaplikasikan ke wajah dan didiamkan selama beberapa waktu tertentu (sekitar 10-15 menit), dia akan mengering dan mengeras di wajah, kemudian untuk membersihkannya, kita perlu membilasnya dengan air bersih.

Nah jadi, kali ini Emina mengeluarkan Clay Mask nih. Clay Mask-nya sangat praktis, bentuknya masker siap pakai, jadi ngga perlu meracik dari bubuk dulu nih. Karena kepraktisannya ini, aku jadi langsung terpikat untuk mencoba. Apalagi nih, dalam sekali peluncuran, Emina Clay Mask ini langsung mengeluarkan 3 varian sekaligus loh! 3 varian ini cukup banget untuk mengatasi segala masalah umum kulit, seperti ada Emina Clay Mask varian Soothe & Smooth, Sebum Control, dan Brightening. Sayangnya nih, menurut aku harganya cukup mahal untuk brand Emina. Mau tau kenapa? Seperti apa ulasannya? Yuk langsung kita bahas~


About Emina


Sebagian besar orang mungkin udah pernah denger ya nama brand lokal satu ini. Brand Emina ini mungkin lebih akrab dengan citra yang ceria dan dekat dengan anak muda. Memang benar, produk-produk yang ditawarkan oleh Emina ini sangat cocok banget untuk para remaja dengan harga yang ramah juga di kantung remaja. Produk yang ditawarkan juga sudah sangat beragam, meski kerap menemukan produk makeup, brand ini juga sudah memiliki produk skincare juga loh. Nih ya, produknya ada makeup seperti eyeshadow, blush on, lip tint, lip stick, dll., terus ada skincare juga seperti moisturizer, acne spot, face wash, dan kini muncul clay mask!


About Emina Clay Mask

As I've said before, Emina Clay Mask ini punya 3 varian: Soothe & Smooth, Sebum Control, dan Brightening. Soothe & Smooth memiliki warna kemasan biru, Sebum Control warna kuning, dan Brightening warna pink. Warna kemasannya lucu-lucu banget, bikin menarik perhatian, dan bakal aku bahas lebih lanjut di bagian Packaging yaaa.

Pertama nih, bakal aku bahas Emina Clay Mask Soothe & Smooth (biru) dulu ya. Ternyata varian ini mengusung kandungan utama Canadian Willowherb, Bisabolol, dan Hyaluronic Acid loh. Kalau lihat dari kandungannya, sepertinya yang biru bakal cocok banget ya untuk pemilik kulit kering, karena kandungannya berfokus pada kelembaban kulit nih. Canadian Willowherb ini berguna untuk menenangkan kulit nih, selain itu juga dapat melembabkan serta menjaga kelembaban kulit. Kalau Bisabolol, mungkin masih jarang terdengar ya, kandungan ini berfungsi sebagai anti-inflamatory atau anti peradangan yang berguna untuk menenangkan kulit. Kandungan Bisabolol ini juga berguna untuk mengikat kandungan aktif dari skincare, jadi membantu penyerapan kandungan skincare lebih efektif dan membuat wajah menjadi lebih lembab. Nah kalau Hyaluronic Acid ini biasa digunakan pada produk anti-aging nih, tapi untuk produk ini sepertinya konteks kandungan ini berguna untuk menjaga kelembaban kulit juga. 

Baca juga [REVIEW] SNP Prep Peptaronic Serum, Serum Korea dengan Ukuran Besar


Next, Emina Clay Mask Sebum Control (kuning) nih. Dari namanya aja udah kelihatan ya kalau yang kuning ini diperuntukan bagi pemilik kulit berminyak. Dari ingredients-nya sih produk ini mengutamakan kandungan Mineral Clay, Calendula Extract, dan Hyaluronic Acid. Kandungan Mineral Clay dalam clay mask sendiri merupakan agen untuk menyerap minyak berlebih nih, kandungan ini juga bisa mengontrol produksi minyak juga. Kalau Calendula Extract disini berfungsi sebagai anti-oxidant yang tentu membuat produk ini aman digunakan untuk kulit sensitif dan bisa juga untuk mengurangi flek hitam atau bekas jerawat. Sama seperti yang biru, yang kuning ini juga mengandung Hyaluronic Acid yang dapat melembabkan kulit.

Berikutnya ada si Emina Clay Mask Brightening (pink) nih. Kalau dari nama brightening, tentu manfaat utamanya untuk mencerahkan kulit ya. Masalah kulit kusam ini emang udah jadi masalah smeua jenis kulit, mau kering maupun berminyak. Nah produk ini memiliki kandungan utama Summer Plum Extract dan Niacinamide nih. Mungkin masih banyak yang belum tau kandungan Summer Plum Extract ya, kandungan ini emang sering banget digunakan oleh Emina sebagai agen pencerah. Kalau Niacinamide udah ngga asing ya, kandungan ini emang udah tenar banget sebagai agen pencerah yang efektif nih.


Packaging


Warna dari kemasannya gemes bangettt!! Setiap varian memiliki warna kemasan yang berbeda-beda, untuk varian Soothe & Smooth warnanya biru, untuk Sebum Control warna kuning, dan untuk Brightening warna pink. Warnanya masih warna kalem yang terkesan playful dan cheerful ala Emina gitu deh.

Walau beda warna, semua varian memiliki bentuk kemasan yang sama nih. Emina Clay Mask ini diwadahi dalam kemasan tube berbahan plastik tebal. Yang aku suka adalah kemasan tube-nya tuh ngga kempis ketika udara atau produk di dalamnya sudah dikeluarkan, jadi bentuk tube-nya tetap cantik dan firm, ngga penyok-penyok. Nah di kemasan tube-nya sendiri tuh ada banyak banget keterangan, mulai dari penjelasan produk, ingredients, cara penggunaan, dll. Untuk tutupnya juga kencang, jadi aman banget buat dibawa-bawa. Oh ya, waktu baru beli nih, di bagian dalam mulut tube tuh disegel juga loh! Makin aman kan, tapi jangan lupa dibuka dulu ya.


Ingredients

Soothe & Smooth - Aqua, Kaolin, Bentonite, Butylene Glycol, Titanium Dioxide, Glycerin, Triethylhexanoin, Pentylene Glycol, Bisabolol, Xanthan Gum, Glyceryl Stearate, Disodium EDTA, PEG-100 Stearate, Sodium Hyaluronate, Epilobium Angustifolium Extract, Sodium Metabisulfite, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Fragrance, Cl 77007.

Sebum Control - Aqua, Kaolin, Bentonite, Butylene Glycol, Titanium Dioxide, Glycerin, Pentylene Glycol, Xanthan Gum, Isononyl Isononanoate, Allantoin, Disodium EDTA, Calendula Officinalis Flower Extract, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Fragrance, Cl 77492.

Brightening - Aqua, Kaolin, Bentonite, Diglycerin, Titanium Dioxide, Glycerin, Hydrated Silica, Niacinamide, Pentylene Glycol, Xanthan Gum, Jojoba Esters, Glyceryl Stearate, Butylene Glycol, Isononyl Isononanoate, PEG-100 Stearate, Allantoin, Disodium EDTA, Ammonium Acrylates Copolymer, PEG-40 Castor Oil, Actinidia Polygama Fruit Extract, Dimethicone, Hexylene Glycol, Triethanolamine, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Fragrance, Cl 77492, Cl 12490.


How to Use


Aplikasikan masker pada wajah yang telah dibersihkan. Diamkan 5-10 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan 1 kali seminggu atau sesuai kebutuhan.

Inget ya gais, aplikasikan di wajah yang sudah bersih. Hal ini dilakukan agar kandungan baik dari masker bisa terserap ke dalam kulit dengan maksimal nih. Terus kalau aku pribadi justru suka membersihkan wajah dengan air dingin untuk menutup pori. Kalau dengan air panas, hal ini malah bisa membuka pori nih. Oh ya, jangan ketaguhan ya, cukup 1 minggu 1 kali aja, atau boleh disesuaikan kembali dengan kondisi kulit masing-masing. Kalau punya lebih dari 1 varian nih, boleh banget dong dibuat multi-masking alias langsung banyak masker dalam satu pemakaian di daerah yang berbeda.


Textures, Scents & Colors


Soothe & Smooth - Mengenai tekstur nih, menurut Clay Mask Soothe & Smoothe ini punya tekstur yang relatif cair dibanding clay mask lainnya. Teksturnya sangat ringan dan cenderung cair, jadi dia sedikit agak runny atau bisa mengalir gitu. Tapi karena teksturnya yang cair, produk ini jadi mudah diratakan ke seluruh wajah. Terus menurut aku teksturnya juga agak licin, jadi buat meratakan tuh enak banget dengan persebaran yang luas. Walaupun persebarannya luas, maskernya tetap nampak tebal loh. Untuk aroma, aku ngga bisa menggambarkan aromanya nih, terkadang dia tercium seperti wangi sabun, tapi terkadang ada aroma kimia atau alkohol juga nih. Kalau soal warnanya sih jangan ditanya, lucu banget hehehe, karena warna Emina Clay Mask Soothe & Smooth ini juga biru seperti kemasannya.


Sebum Control - Tekstur dari varian Emina Clay Mask Sebum Control ini malah cenderung sedikit lebih cair lagi daripada si varian biru, tapi that's okay. Teksturnya membuat Clay Mask dari Emina ini jadi mudah banget diratakan kok. Tekstur dari Sebum Control ini juga masih licin, jadi membuatnya semakin mudah untuk diratakan. Kurang lebih teksturnya menyerupai yang varian biru sih. Untuk aroma juga masih mirip, kadang tercium wangi sabun tapi kadang juga tercium aroma alkohol, tapi ngga menusuk kok wanginya. Warnanya Emina Clay Mask Sebum Control ini juga sama dengan kemasannya dengan warna kuning yang super imut.


Brightening - Nah ini nih salah satu aspek yang paling ditunggu-tunggu, tekstur dari Clay Mask Brightening ini berbeda loh dari kedua teman lainnya. Clay Mask yang satu ini mengandung scrub juga, jadi teksturnya ngga halus seperti yang lain, tapi ada sedikit kasar dari scrub. Scrub-nya kecil dan halus kok, jadi tetap cocok bagi kulit sensitif. Oh ya, karena ada scrub-nya, varian Brightening ini juga memiliki tekstur yang lebih kental dan tidak terlalu licin, tapi masih sangat mudah diratakan juga kok. Untuk aroma sih masih sama ya, kadang wangi sabun, kadang aroma alkohol, tapi menurut aku varian ini paling wangi daripada yang lainnya nih. Warna Emina Clay Mask Brightening ini juga saam seperti kemasannya, pink!

Baca juga [REVIEW] Pond's Mineral Clay Foam

My Opinion


Soothe & Smooth - Ketika diaplikasikan, aku suka sama teksturnya karena mudah banget diratain. Terus karena teksturnya smooth gitu, penggunaannya jadi enak aja. Terus juga ketika diaplikasikan, di kulit tuh rasanya adem dan nyaman banget, Untuk mengeringkannya menurut aku cukup butuh waktu, maybe karena teksturnya yang licin kali ya. Tapi ketika kering, dia ngga narik wajah, jadi nyaman banget. Nah yang aku kurang suka adalah ketika dibilas, menurut aku dia rada susah hilang nih, kayak terasa masih licin gitu. Dan after dibilas bersih pun, aku ngga merasakan perubahan signifikan disitu, cuma terasa wajah jadi lebih bersih aja. 


Sebum Control - Yang aku suka dari varian Sebum Control ini adalah teksturnya yang juga mudah diratakan. Teksturnya super lembut jadi untuk ngeratain tuh juga mudah banget. Perserabarannya juga luas jadi bisa irit juga nih. Sama seperti yang biru, menurut aku untuk keringnya juga agak lama ya, tapi begitu kering juga ngga bikin wajah jadi ketarik gitu, nyaman deh. Ketika dibilas, menurut aku varian ini juga sedikit sulit untuk dibilas ya, kayak masih ada aja bekasnya. Tapi nih, setelah beres digunakan, menurut aku hasilnya langsung kelihatan, wajah tuh terasa lebih kiset, bebas dari minyak gitu.


Brightening - Ini varian favorit aku bangeettt!! Karena ada scrub-nya, clay mask yang satu ini jadi spesial banget. Untuk persebaran, varian ini juga ngga kalah sama varian lainnya, persebarannya juga bisa luas. Tapi memang menurut aku terbatas juga karena dia ada scrub-nya dan teksturnya ngga selicin dan semulus yang lain. Untuk kemampuan keringnya juga cukup lama tapi lebih cepat daripada yang lain. Ketika udah kering juga ngga bikin wajah terasa ketarik kok. Waktu dibilas, menurut aku dia lebih mudah dibilas dan bikin wajah terasa lebih bersih aja karena kandungan scrub di dalamnya. Jadi kan ketika dibersihin, scrub-nya bisa digunakan untuk membersihkan wajah juga tuh, ada feel dipijat oleh scrub-nya, tapi ngga sakit sama sekali kok, halus banget deh. Nah ketika selesai dibilas nih, menurut aku efeknya lebih ke wajah yang terasa makin halus sih. Mungkin karena dia ada scrub kali ya, jadi wajah tuh terasa lebih halus dan lembut gitu. Dia juga membuat wajah terasa lebih lembab.


After All - Kesimpulannya nih, menurut aku yang paling efektif adalah si Emina Clay Mask Brightening (pink), dia emang ngga bikin wajah auto cerah, tapi bikin wajah terasa lembab dan lebih halus. Kalau dua varian yang lainnya sih menurut aku efeknya ngga begitu terasa ya. Nah, waktu beli nih, aku sempat galau karena harganya yang menurutku terlalu mahal untuk brand Emina. Karena produknya cuma 60 ml tapi harganya 39.500, hampir 40.000! Untungnya sekarang cukup banyak online shop yang jual dibawah harga itu, makanya aku memutuskan beli. Tapi begitu ngerasain hasilnya, aku cukup kecewa sih karena menurut aku harganya masih tetap terlalu mahal untuk harga 39.500. Kalau kalian bisa nemu online shop yang jual di bawah harga itu, mungkin produk ini worth to try.


Advantages

  1. Praktis, langsung pakai
  2. Kemasan cantik, cheerful, dan menarik
  3. Tutup rapat dan travel friendly
  4. Ada 3 varian untuk semua jenis kulit
  5. Tekstur membuat clay mask mudah diratakan
  6. Tidak membuat wajah terasa tertarik ketika sudah kering
  7. Scrub kecil dan halus (untuk varian Brightening)
  8. Membuat wajah lebih kiset dan tidak berminyak (untuk varian Sebum Control)
  9. Membuat wajah terasa lembab dan halus (untuk varian Brightening)


Disadvantages

  1. Harganya terlalu mahal
  2. Membutuhkan waktu lebih lama untuk kering
  3. Sedikit sulit dibilas
  4. Efek belum terasa (untuk varian Soothe & Smooth)


Price & Where to Buy

Price : Rp 39.500 (di official store)

Where to Buy : official store Emina, other e-commerce, offline shops


See you in the next post,




You Might Also Like

2 comments

  1. jadi penasaran sama yang pink juga nih, soalnya udah lama nggak pake skincare yang ada scrub nya hihi
    btw dari foto kelihatan ya jadi lebih cerah sama lebih seger gitu

    ReplyDelete
  2. Waaah efek after usingnya langsung kelihatan lebih cerah dan halus ^^ Kemasannya juga gemas banget yaaa >.<

    ReplyDelete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe