[REVIEW] Pond's Mineral Clay Foam

October 21, 2018

Salah satu cleanser favorite Rachel Goddards telah hadir di Indonesia nih! Itu loh cleanser yang sempat membuat heboh di instagram akibat instagram stories dari Rachel Goddards. Yepp, produk clenaser dari Pond's yang bernama Pond's Mineral Clay Foam telah hadir di Indonesia!

Hah? Gimana? Cleanser atau clay mask nih? Atau clay digabungin sama cleanser? Untuk lebih jelasnya yuk kita simak.


Baru-baru ini, Pond's menghadirkan inovasi baru di Indonesia yaitu gabungan antara cleanser dengan clay. Produk ini sukses membuatku penasaran berat akan cleanser baru dari Pond's ini. Sebenarnya produk ini ngga 100% baru dihadirkan oleh Pond's. Produk dari Pond's ini sudah beredar di luar negeri sebelumnya namun baru secara official beredar di Indonesia dan diperjual-belikan oleh Pond's Indonesia pada bulan Oktober 2018.

Produk yang sempat disebutkan di dalam instagram stories dari vlogger hits, Rachel Goddards, sempat menjadi perbincangan banyak orang dan menaiki puncak kepopuleran hingga produk ini menjadi pencarian banyak orang. Bagaimana tidak, produk dari Pond's ini disebut memiliki karakteristik dan sifat seperti clay, namun dapat berubah menjadi foam hanya dengan dibasahi dengan sedikit air. Tapi memang perlu diakui bahwa ketenaran Pond's Mineral Clay Foam ini tidak setinggi ketenaran yang sempat dialami oleh Pond's BB Powder, namun tidak sedikit yang membuka jasa titip untuk Pond's Mineral Clay Foam ini.

Ke-hype-an dari Pond's Mineral Clay Foam ini ngga luput dari perhatianku. Apalagi aku memang suka banget sama yang namanya clay mask. Dan Pond's menghadirkan produk 2in1 dimana clay dapat menjadi foam untuk cleanser. Tentu produk ini menjadi salah satu incaran aku. Setelah cukup lama aku menanti dan penasaran akan produk ini, akhirnya Pond's Indonesia menghadirkan produk yang sempat hype ini di Indonesia! Ngga mau buang-buang waktu lagi, aku langsung memasukkan Pond's Mineral Clay Foam ke keranjang belanja aku.

Pond's Mineral Clay Foam ini hadir dalam 3 varian yaitu : Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser Scrub, Pond's Clear Solution Mineral Clay Face Cleanser, dan Pond's White Beauty Mineral Clay Face Cleanser.


Ketiga produk dari series Pond's Mineral Clay Foam ini hadir dalam kemasan yang serupa dimana kemasannya sama seperti cleanser Pond's pada umumnya, namun lebih pipih. Lalu yang menjadi kesukaan aku banget dari bagian kemasannya, kemasannya terbuat dari plastik yang warnanya dove! Ngga ada efek apa-apa sih, cuma aku aja yang suka banget, ngga licin *anak packaging banget emang*. Perbedaan kemasan yang terdapat pada 3 varian ini hanya warna kemasan saja, dan tentunya deskripsi masing-masing produk dong ya. Untuk yang Pure White diberikan warna abu-abu sesuai kandungan yang dimilikinya yaitu charcoal, untuk Clear Solution diberikan warna hijau tosca seperti series Clear Solution lainnya pada Pond's, sedangkan yang White Beauty sama seperti produk Pond's White Beauty lainnya, diberikan warna pink.

Cara penggunaan darI ketiga produk dalam seri Pond's Mineral Clay Foam ini sama semua kok. Pertama kamu perlu mengaplikasikan Pond's Mineral Cay Foam ke bagian wajah tanpa dibahasi air. Di bagian ini nih saat-saat dimana kamu merasakan Pond's Mineral Clay Foam sebagai Clay. Lalu berikutnya kamu dapat memijat wajah kamu dengan lembut dengan gerakan memutar. Setelah itu, basahi wajah kamu dengan menggunakan sedikit air lalu pijat dengan lembut. Nah pada bagian ini si Pond's Mineral Clay Foam menunjukkan fungsi foam atau cleanser-nya. Foamnya hanya creamy foam gitu, bukan yang berbusa banget. Terakhir, bilas wajah kamu hingga bersih.

Harga masing-masing produk dari varian ini kurang lebih juga sama. Aku membelinya di Official Store Pond's di Lazada dengan harga masing-masing Rp 33.000. Harganya bisa dibilang sesuai dengan kemampuan dan claim-nya yang 2in1 ini ya. Memang harga pasar dari cleanser umumnya mencapai harga 30.000an.

Untuk lebih detail-nya, kita bahas satu-satu sesuai dengan variannya aja ya.

Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser Scrub


Varian yang satu ini hadir untuk memeberikan manfaat yang lebih ditekankan pada deep cleansing untuk memberikan efek pembersih secara menyeluruh dan purifying. Untuk memperoleh manfaat tersebut, produk yang satu ini menekankan pada kandungan charcoal di dalamnya.

Seperti kandungan yang ada di dalamnya, Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser Scrub ini memiliki warna abu-abu gelap yang mungkin pihak dari Pond's ini ingin mengindikasikan kandungan charcoal di dalamnya.


Untuk dari segi teksturnya, Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser Scrub ini memiliki tekstur paling kental diantara seri baru dari Pond's ini. Tekstur clay-nya paling terasa. teksturnya menyerupai pasta, seperti cream, namun tidak terlalu kental juga.

Berbeda dengan kedua saudaranya yang lain, produk ini adalah satu-satunya varian pada Pond's Mineral Clay Foam yang mengandung scrub loh. Cuma dia aja nih yang mengandung scrub di dalamnya. Scrub-nya halus kok, enak banget dipakai di bagian wajah, ngga kerasa kasar. Kandungan scrub-nya juga ngga begitu banyak sih, menurut aku malah kurang *anaknya suka pakai scrub*. Tidak menyakitkan deh pokonya si scrub ini, pas!


Pada saat pengalikasian, ada sedikit rasa dingin ketika Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser Scrub menyentuh wajah. Produknya mudah diratakan. Namun produk ini ngga begitu sesuai sama ekspektasi aku, karena teksturnya tergolong lebih lembek daripada tekstur clay mask. Padahal claim-nya adalah bisa digunakan sebagai clay, kenyataannya ngga semirip itu sama clay. Kalau memang ingin menampakkan sifat dari clay-nya, dibutuhkan pengaplikasian yang cukup tebal. Untuk foam yang dihasilkan juga ngga banyak-banyak amat, seperti face cleanser pada umumnya malahan. Hanya diperlukan sedikit air dan motion memutar untuk menghasilkan foam.

Walau aku kurang suka dengan impression aku pada saat pertama kali menggunakan Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser, hasilnya ngga seburuk itu loh. Justru aku suka banget sama hasilnya. Aku kurang tau apa yang membuat hasilnya sebagus itu, apakah dari faktor bawaan dari clay-nya atau karena si scrub yang terkandung di dalamnya, atau karena fungsi cleanser-nya. Tapi aku bisa bilang hasilnya jauh lebih oke daripada cleanser pada umumnya. Hasilnya bisa bikin wajah tuh terasa bersih sampai kiset gitu, dan menghaluskan wajah banget. Wajah terasa halus setelah pakai produk ini. Tentunya juga terlihat lebih segar, cerah, dan fresh. Mantap deh!

Pond's Clear Solution Mineral Clay Face Cleanser


Kalau berbicara mengenai Clear Solution series dari Pond's, pasti tau dong kalo produk dari series ini memiliki fokus untuk mengurangi minyak wajah. Yepp, cewek-cewek yang punya wajah berminyak seperti aku ini cocok banget untuk menggunakan Pond's Clear Solution Mineral Clay Face Cleanser ini. Karena fokusnya untuk mengurangi minyak wajah, produk ini mengandung Lacto dan Basil.

Pond's Clear Solution Mineral Clay Face Cleanser ini memiliki warna yang lucu banget loh, hijau tosca! Sweet banget yah. Sayangnya waktu diaplikasikan ke wajah, ngga begitu terlihat warna hijau toscanya, cenderung terlihat putih.


Untuk teksturnya sendiri, pasta yang dihasilkan ngga sekental yang Pure White, tapi ngga terlalu cair juga. Walaupun sedikit lebih encer daripada yang Pure White, Pond's Clear Solution Mineral Clay Face Cleanser ini tetap tidak sampai pada tahap mengalir gitu kok. Dia masih dalam bentuk pasta juga.

Pada saat diaplikasikan ke bagian wajah, sama seperti saudaranya yang lain, produk ini juga memiliki sensasi sedikit dingin. Karena teksturnya yang ngga begitu kental, produk ini justru lebih jauh lagi dari ekspektasi aku. Fungsinya sebagai clay semakin ngga nampak, bahkan aku sampai mengaplikasikannya hingga tebal, baru efek clay-nya ini lumayan terlihat. Pada saat diaplikasikan secara tebal, efek clay-nya terlihat tuh, warnanya juga terlihat. Tetapi saat diusah dalam keadaan kering, warnanya lama-lama mulai memudar dan sifat foam-nya mulai nampak. Setelah dibasahi dengan sedikit air, foam yang dihasilkan juga tidak begitu tebal, hanya seperti facial cleanser pada umumnya.


Hasil setelah dibilas dengan air ngga kalah loh dari yang Pure White. Wajah terasa lebih cerah, lebih bersih juga, bahkan sampai berasa kiset. Wajah juga terasa lebih halus, namun ngga sehalus hasil dari Pure White. Minyak wajah juga langsung terangkat setelah pemakaian. Untuk kegunaannya yang mengurangi minyak wajah, ngga begitu terlihat sih untuk jangka waktu panjangnya. Kalau setelah memakai cleanser ini sih memang wajah langsung terasa bersih tanpa minyak. Tapi kalau ditanya 3 jam setelah membersihkan wajah gimana, pasti udah berminyak lagi, mungkin karena faktor wajahku yang cepet banget memproduksi minyak juga bisa.

Pond's White Beauty Mineral Clay Face Cleanser


Seperti seri White Beauty lain yang dimiliki oleh Pond's, produk ini memiliki fokus untuk mencerahkan kulit wajah. Identik dengan warna pink-nya, produk ini dilengkapi dengan kandungan Vitamin B3+ yang baik untuk mencerahkan kulit.

Seperti warna kemasannya, produk ini memiliki pasta dengan warna pink muda juga loh. Tapi pink mudanya cute banget warnanya, soft pink gitu. Wanginya juga enak banget. Pengen dimakan rasanya.


Tekstur dari Pond's White Beauty Mineral Clay Face Cleanser ini paling lembek diantara yang lain, dia ngga begitu encer sih, hanya paling lembek saja diantara 2 lainnya. Disini aku mulai semakin meragukan sifat clay-nya. Again, untuk menampilkan sifat clay-nya, aku perlu mengaplikasikan si Pond's ini ke wajah dengan cukup tebal. Untuk warnanya sih sama seperti yang sebelumnya, memudar sembari diusapkan ke wajah karena sifat foam-nya mulai muncul saat produk diusapkan ke wajah. Ketika sudah dibasahi dengan air, foam yang dihasilkan juga sama seperti saudaranya yanglain, tidak begitu banyak, hanya sebatas cleanser pada umumnya, foam-nya bukan yang berbusa banget gitu.


Pasti udah penasaran kan hasil akhirnya gimana? Untuk hasil akhir setelah pengaplikasian, wajah menajdi lebih bersih tentunya, sampe kiset juga taraf kebersihannya. Terus wajah jadi lebih cerah, fresh, dan segar. Produk ini membuat kulit sedikit lebih halus juga, namun ngga sehalus ketika menggunakan yang Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser Scrub.




Sebagai penutup blog post kali ini, kita langsung ke CONCLUSION aja ya

KELEBIHAN :

  1. Harga cukup terjangkau
  2. Kemasan praktis untuk travelling
  3. Cara penggunaan unik
  4. Efek membersihkan sangat efektif
  5. Sifat dari clay cukup terlihat
  6. Scub pada Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser Scrub sangat efektif


KELEMAHAN :

  1. Cukup memakan waktu untuk proses penggunaan
  2. Clay terlalu lembek


REPURCHASE? YES. Dari ketiga produk tersebut, aku paling suka dan puas banget sama yang Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser Scrub. Hasilnya bener-bener maksimal dan bagus banget. aku paling suka kalau wajahku terasa halus selesai mencuci wajah, dan produk yang satu ini memberikan efek yang paling maksimal dari antara lainnya. Untuk repurchase aku sangat mungkin untuk membeli produk ini lagi.

Sekian dulu ya blog post kali ini. Gimana? Kalian tertarik untuk coba? Lumayan juga loh buat experience. Jarang-jarang kan ada produk clay dan cleanser digabung gini. Hasilnya juga ngga kalah dari cleanser pada umumnya kok.

See you in the next post,

XOXO,

ELLEN LIM


You Might Also Like

30 comments

  1. Wa ponds makin bagus ya. . memadukan cleanser and clay.. clay emang lagi happening banget..

    ReplyDelete
  2. Sebenernya praktis banget ya beb, awalnya buat clay dulu, basahi pakai air jadi cleanser deh, tp ya cukup makan waktu hahaha.

    ReplyDelete
  3. Aku malah gagal fokus sm warna2nya beb gemes jadi pengen coba semua 😍

    ReplyDelete
  4. wahh lengkap banget reviewnya, aku blm perna nyobain tapi jd pengen yg pink

    ReplyDelete
  5. Wah ponds andalan banget nih..coba ahh

    ReplyDelete
  6. Wahhh perlu dicoba ne beb! Love this review

    ReplyDelete
  7. See you. I waiting next post😁

    ReplyDelete
  8. Aku pakai yang pure whie mineral clay warna hitam tuh bebh, memang texture nya begitu karena namanya juga sabun cuci muka kali ya hehehe

    ReplyDelete
  9. Nah... Aku sedang pakai yang hijau. Pas seperti yg kamu tuliskan Bebh..

    ReplyDelete
  10. Wah jadi nggak bisa dipakai kalo lagi buru-buru ya? Anyway bikin kering nggak sih?

    ReplyDelete
  11. Racun baru paling nanti beli yang abu aja ya paling bagus busa scrubbing juga, tfs mba

    ReplyDelete
  12. wah aku baru tahu nih, bagus ya 2 in 1 tapi kalau dipake jadi clay mask keringnya ga bikin muka ketarik kan?

    ReplyDelete
  13. aku kurang cocok sih sama produk ponds krna kulit aku ckup sensitif tapi liat warna-warna yg lucu gitu ikutan gemesh yak hehehe

    ReplyDelete
  14. ini bisa di pake setiap hari engga sih ?

    ReplyDelete
  15. Pond's makin keren aja ya.
    Soon bakal nyobain pokonya!!

    ReplyDelete
  16. Wah bagus banget ini review nya . komplit . semua variannya di review . jadi gak bingung lagi deh dengan kegunaan masing masing varian . keep going .

    ReplyDelete
  17. Pond's Pure White Mineral Clay Face Cleanser Scrub apa boleh dipake tiap hari kan ada scrubnya ya kak?

    ReplyDelete
  18. Replies
    1. aku pribadi pakai setiap hari dan ngga ada masalah

      Delete
  19. Syuka banget pakai produk ponds, ini wajib di coba :)
    thank you for review :*

    ReplyDelete
  20. Makasih kk sama info berguna nya:)

    ReplyDelete
  21. Kenapa sejak coba yang warna pink jerawat kecil muncul terus yak , cocok gak sih ?

    ReplyDelete
  22. Aku udah nyobain yg pink, tekstur sma aromanya hampir sama kaya facial foamnya tp lebih padat, mmg klo dikasi air dia gak keluar busa, buat aku yg punya kulit kering habis pakai gak bikin kering kok lembab gitu

    ReplyDelete
  23. Clay foamnya item trus clay mask pink boleh kah?

    ReplyDelete
  24. Ini reviewnya lengkap banget, sukaa sukaaa. Walau saya kurang cocok dengan facial wash POnd's sih, tapi yang clay mask ini penasaran banget

    ReplyDelete
  25. Mba mau nanya dong kalo buat kulit kering dan ada jerawat nya kira2 pakai yg mna yh trs terkadang beruntsan dan bikin merah juga ke wajah

    ReplyDelete
  26. Aku udah coba yang Pond's White Beauty Mineral Clay, not bad and I love it☺

    ReplyDelete
  27. Aku udah coba yang Pond's White Beauty Mineral Clay, not bad and I love it☺

    ReplyDelete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe