[Collaboration] Makeup, Wanita dan Kebebasan Wanita dalam Makeup

December 09, 2017


Mendengar kata "wanita" atau "perempuan", label "makeup" tak jarang didengar oleh kalayak ramai. Memang sering kali kita menjumpai kaum hawa menggunakan makeup untuk menpercantik diri. Pernahkah orang bertanya kepada kamu "kenapa sih perempuan ngga bisa lepas dari makeup?" atau bahkan "ganjen banget sih pake makeup segala". Sebagai seorang perempuan yang menggemari makeup, sering banget aku denger cerita dari teman aku yang sering dikatain ganjen, atau bahkan cewe murahan hanya karena dia menggunakan makeup. Kenapa? Kenapa sih hanya karena makeup, orang lain sering nge-judge kita?


Dalam collaboration Beautiesquad bulan December ini, temanya adalah "Makeup adalah Hak Kami". Ini berhubungan sama hari HAM nih yang jatuh pada tanggal 10 Desember. Berhubungan dengan tema ini, aku mau bahas mengenai pandangan dan judgement masyarakat terhadap perempuan yang menggunakan makeup, baik dalam keseharian maupun festive makeup. Sebenernya ini bakal jadi sebuah pembicaraan panjang sih, soalnya aku bener-bener baper kalo bicara masalah ini, pengen emosi, tapi juga ngga bisa. Tanpa panjang lebar, mari kita masuk~

Sebenernya, apa sih hakekat makeup buat kamu? Kalau kamu bilang makeup itu bikin kamu cantik, maka aku bisa bilang kamu salah besar. Makeup itu untuk mempercantik diri dan adalah sebuah art atau seni. Dasarnya emang kamu itu udah cantik, makeup hanya fasilitator buat kamu untuk tampil lebih cantik, kamu hanya mengembangkan what's inside you.


Aku juga paling sebel sebenernya kalau ada orang bilang "aku ngga berani keluar tanpa makeup". Kenapa sih kok ngga berani? Kamu ngga usah minder atau bahkan takut kalau tampil tanpa makeup, toh sebenernya kamu itu cantik. Aku ngga akan bosen-bosen bilang kalau semua perempuan di dunia ini ti cantik, mau dia punya problematic skin atau perfect skin-goal, semuanya itu cantik. What's matter is your inside, also known as your heart. The main resource of your beauty is within your heart.

Orang boleh aja menggunakan makeup. Dan boleh banget kalo kamu mau mempercantik diri, toh itu artinya kamu mengembangkan apa yang Tuhan berikan padamu. Atau bahkan kamu suka makeup sebagai suatu seni, bikin sfx makeup atau fantasy makeup buat kamu mungkin adalah suatu karya. Orang mungkin ngomongin kamu dibelakang, sudah biasa. Mereka hanya tak memahami pemikiranmu, sifat manusia banget kan untuk main judge.


Cerita sedikit mengenai temen aku, dia dikatain cewe murahan hanya karena dia memakai makeup saat bepergian. Menurut aku ngga ada yang salah kok dengan makeup dia. Yes, bisa dibilang makeup dia termasuk yang heavy makeup, tanpa false lashes, tapi bukan berarti dia cewe murahan dong. Alasan dia menggunakan makeup adalah dia pengen treasure every moment in her life to do what she likes. Makeup itu hobi dia, dan dia hanya ingin memperlihatkan hasil karyanya itu. See, the matter is just different point of views.

Demikian pula aku, sebagai blogger (curhat dikit). Aku kebalikan dari temen aku. Aku bahkan ngga pernah pakai makeup untuk keseharianku. Aku hanya pegang makeup saat di rumah atau kosan aja untuk hobiku semata, latihan-latihan. Aku memandang makeup sebagai sebuah hobi, sebuah art. Mulai dari main warna eyeshadow, character makeup sederhana, dll. Terus aku post di instagram untuk menunjukkan karyaku. Itu aja aku di judge loh, aku yang ngga pernah tampil dengan makeup, dan hanya post makeup di instagram, di-judge dengan dikatain kalo aku adalah social media's attention seeker.

Jadi maunya apa? Tampil makeup tiap hari, dibilang ganjen. Tampil bermakeup di instagram pribadi, dibilang attention seeker. Gelem'e opo to?


Untuk menyuarakan pendapat aku, aku udah nyiapin look nih buat Monthly Collaboration Beautiesquad bulan December ini. Ngga ribet, simple, tapi ada beberapa makna dibalik alasan pemilihan makeup yang aku pakai kali ini. Kita bahas yahh :

1. Foundation. Pertama-tama, aku aplikasiin foundation dulu. As usual, aku pakai my all time favorite foundation, yaitu Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation 230. Aku udah sering banget pakai foundation ini, dan belom ada foundie yang bisa ngegantiin posisi foundation dari Maybelline ini di hatiku. Aku kan orangnya setia.


2. Pensil Alis. Seperti biasa, aku pakai pensil alis dari Etude House yang warna Grey Brown. Aku gambar alis aku secara natural aja, cuma memanjangkan alis aku yang tipis ini.


3. Eyeshadow. Point yang paling aku sukaaaa, makeup mata. Excited banget dah. Karena ini makeup temanya "Makeup adalah Hak Kami", maka aku abstract banget pilih warna eyeshadow-nya. It's my freedom.

Disini aku full pakai L.A Girl Beauty Brick NEONS Eyeshadow Palette. Aku pertama ambil warna ungu nyentrik dan aku taruh di outer corner, jangan lupa di blend.

Lalu aku pakai warna biru, aku taruh dibagian outer juga tapi bersebelahan sama ungu yang tadi. Blend again!

Terakhir, aku aplikasiin warna orange terang ke seluruh eyelid yang tersisa. Dan blend again sampe rata.

Really, pemilihan warnanya bener-bener abstract, I don't care wether it's matched or not. It's my right to choose!


4. Bulu mata palsu. Aku pakai bulu mata palsu yang tipos dan pendek aja, karena aku pengen warna eyeshadow-nya lebih menonjol dari bulu mata palsu-nya. Tenang aja, cuma bulu matanya yang palsu, hatiku padamu ngga palsu kok #eh.

5. Hiasan mata. Ini sebenernya hiasan nail art sih, cuma iseng aja aku taruh di pinggir mata. Nempelin hiasannya pakai lem bulu mata.


6. Gambar hati. Aku gambar hatinya pakai eyeliner dan lip cream. Untuk warna isinya, warna pink dari hati, aku pakai Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude. Lalu untuk outer-nya aku pakai eyeliner dari Wardah juga. Why heart? Kenapa hati? Karena ini describe kecintaan aku terhadap makeup. I love makeup! Sekaligus juga untuk menyatakan bahwa makeup itu ngga harus makeup cantik, bisa juga makeup dengan gaya yang "aneh-aneh".


7. Lip cream. Terakhir aku pakai lip cream. Lip cream yang aku pake kali ini adalah lip cream yang masih jadi trending topic di hati aku. Lip cream favorite aku yang kali ini aku pakai adalah Wardah Exclusive Matte Lip Cream #11 Oh So Nude. Sama seperti lip cream yang aku pakai untuk gambar hati. Super suka banget sama warnanya. Gils abis!


JADI DEH~ HASIL MAKEUPnya.


Dibalik makeup ini sebenernya aku mau menyuarakan isi hati aku. Point utama makeup kali ini adalah pada bagian eyeshadow, hiasan, dan gambar hati. Untuk eyeshadow aku pilih warna yang abstract, yang ngga match kalo dipikir, tapi apa salahnya? Toh makeup itu hak kita semua, bebas dong mau gimana. Untuk hiasan mata dan gambar hati, aku mau nyuarain kalo makeup itu ngga identik dengan kata "cantik", makeup itu bisa juga yang dibilang orang "aneh", sfx makeup atau fantasy makeup misalnya, tapi diaini aku cuma mau gambarin hal kecil aja. Lalu gambar hati juga menggambarkan kexintaanku pada makeup, makeup adalah hobi yang aku gemari, layaknya orang lain hobi manggembar, menulis, melukis. No, I'm not obsessed with makeup, it's my hobby.


Balik lagi masalah judgement orang pada makeup yang kita kenakan, karena masalahnya adalah cara pandang, kita ngga bisa ngerubah cara pandang semua orang yang judge kita. Bahkan kita ngga tau siapa aja yang ngomongin kita dibelakang. Maka kunci utama untuk meredam segala judgement orang adalah CONFIDENCE.

Kalo kamu punya rasa percaya diri yang besar didalam diri kamu, kamu akan anggep omongan orang dibelakang kamu itu seperti angin lalu aja. Ngga usah ditanggapi. Percaya aja akan apa yang kamu cintai, percaya akan dirimu sendiri. Kalo komen orang itu baik buat kamu, jadikan itu sebagai korektor. Kalo komen orang jelek terhadap karya kamu dalam dunja makeup ini, ambil hikmahnya aja, doakan dia. Ini berlaku bukan cuma dibidang makeup, ini berlaku juga di segala bidang apapun, ini sangat berlaku. Percayalah pada dirimu sendiri, tapi pada batasannya juga, jangan sampai kamu terlalu percaya diri juga. Ngga baek.

Nah, sekian dulu ceramah hari ini. Jangan lupa follow dan keep up dengan blog aku. Jangan lupa juga cek instagram Beautiesquad (link dibawah foto) dan cek juga makeup karya Talitha Alimah yang ikutan collaboration bulan ini juga yah (click namanya yah~). Hasilnya ngga kalah kece loh. Yuks cek Beautiesquad dan Talitha.


Beautiesquad

Sekian dulu blog post kali ini. Kamu boleh ceritain pengalaman kamu di comment section tentang pengalaman kamu dikatai atau diomongin sama orang hanya karena makeup, dll.

See you in the next post,

XOXO,

Ellen Lim








You Might Also Like

41 comments

  1. Hahahha aku 22nya ah, biar aja dibilang tampil ganjen ;p

    ReplyDelete
  2. Uuuunch, aku teracuni eyeshadownyaaa <3


    -www.kembanggularoom.com-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat teracunii~ Yuks dibeli aja, lucu loh warnanya *jadi sales*

      Delete
  3. Aku jadi pengen nyoba deh eyeshadow itu.. warna nya bagus bagus ya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warnanya unik2, mentereng banget makanya sukaa

      Delete
  4. Hahaha... Gemes banget deh itu sama nyinyiran orang. Bener tuh mbak. Gelem'e opo? LOL

    Sama, aku juga yg hobi main make up di rumah. Kadang sekedar buat mood booster looh. Pake make up trus ngetik itu rasanya happy. Orang mah sukanya judge aja siih. Hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaassss. Bener bangeett. Makeup itu juga salah satu pelarian dari kejenuhanku. Orang2 emang asal judge aja. Tergantung kita nanggepinnya gimana.

      Delete
  5. Meski warna neon tapi di mata jadi warna matte gitu ya, suka :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kebanyakan matte. Warnanya mentereng banget kalo pake base, disini aku ngga pake base makannya terlihat lebih pucat

      Delete
  6. pensil alis favorit deh hihihi
    judulnya asik XD
    salam kenal :)

    www.lucyanaliu.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong pensil alis favorite nyaa ♡. Thanm you, cii. Salam kenal juga

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. Maybelline fit me.. kesukaan akuu.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget yang pake maybelline fit me, abis emang favorite banyak orang hehehe

      Delete
  9. ya ampuuun pernah banget pas pertama kali pake pensil alis .. namanya juga masi baru baru jadi pakenya ketebelan .. katanya kayak sinchan! huh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang orang ngejudge ngga kenal sikon, namanya juga lagi belajar, emang ga boleh salah, hm.. bikin sebel hahaha

      Delete
  10. Sukaaa sama lope2nyaaa.. Gemash!! 💞

    ReplyDelete
  11. Yeiy! Harus pede. Aku percaya itu. Dan dengan makeup bisa bikin tambah pede :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss, tanpa makeup juga harus tetep pede

      Delete
  12. " dia dikatain cewe murahan hanya karena dia memakai makeup saat bepergian." ini beneran? jahat banget:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran temen aku cerita. Sedih banget denger ceritanya. Jahat orang2 mah.

      Delete
  13. AKO SETOJOOOO

    Kita emang cantik dari sananya dan unik, tapi main makeup bukan berarti gak pede lohh., <3


    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  14. banyak bgt ya yg pake maybelinne fit me. kyknya perlu nyoba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, banyak banget yang pake ahahaha. Semoga teracunii

      Delete
  15. Eyeshadow palette-nya cetar yaa. Untung ada makeup collab gini, jadi pede deh pake eyeshadow neon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanpa collab ini juga harus pede loh pake eyeshadow neon, tapi juga harus liat konteksnya dulu. Semoga teracuni sm eyeshadow nyaa ♡

      Delete
  16. Ellen selalu tampil cute

    www.detiaputri.blogspot.com

    ReplyDelete
  17. Makeup nya soft elegant, ada lope lope nya juga hihi

    Username IG: @alindaaa29

    ReplyDelete
  18. Iiiih aku tuh juga bete kalau ada orang yang komentar begitu. Dibilang sok cantik lah, mentel lah. Padahal kan sah sah aja ya kalau perempuan pengen bersolek. Emang kodratnya perempuan itu ingin mempercantik diri (ngegas banget aku komentarnya wkwk).
    Dan tak lupa saya ucapkan SETUJU sama ceramah kamu di akhir hahaha

    Ig : @fitrianarindu

    ReplyDelete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe