[REVIEW] Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation

July 14, 2017


Hola people~ Guess who's back! It's me, Ellen~.

Di blogpost kali ini, aku mau review foundation yang hits banget. Yepp! Sesuai dengan judul blogpost aku (of course), aku mau review Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation. Foundation ini udah booming dari lama sih, sekitar tahun 2016, sayangnya aku baru dapet ini sekitar dua bulan yang lalu karena kemarin harus ngabisin foundation yang lama dulu. Tapi, akhirnya, setelah penantian yang cukup lama, aku bisa dapet foundation hits ini. Yas!! 😍

cr to behindthescenesmakeup

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation ini punya kembaran, tapi tak identik, yaitu Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth Foundation. Mereka diluncurkan dalam waktu yang sama, tapi punya sifat berbeda. Seperti namanya, Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation ini diperuntukkan untuk orang yang kulitnya oily to normal, kegunaanya ya untuk membuat wajah pemilik kulit berminyak sampai normal ini terlihat matte dan menyamarkan pori-pori kulit. Sedangkan kembarannya, Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth Foundation ini diperuntukkan pada orang yang memiliki jenis kulit dry to normal, atau orang-orang berkulit kering sampai normal, fungsinya untuk membuat kulit jadi lebih kempling (bahasa apa ini -_-" 😣), berkilau dan mulus.

Karena kulit aku jenisnya oily, tentu aku pilih yang Matte + Poreless. Sebenernya sih kalau mau yang Dewy + Smooth juga ngga ada salahnya, tapi karena kulit aku super oily, aku yakin matte ini akan berubah menjadi dewy ala-ala (ngomong apa soh gue 😂). Yah pokoknya gitu deh.

cr to google

Walau aku beli yang Matte + Poreless (gini aja ya biar singkat, kalo ditulis lengkap rasanya mouthful banget 😁), yang Dewy + Smooth ini tetap highly recommended loh. Tergantung jenis kulit orang dan kesukaan masing-masing sih dia mau pilih yang mana. Tapi konon katanya, yang Dewy and Smooth ini glowing-nya bagus dan pas banget, ngga bikin wajah terlihat oily tapi glowing yang pas. Mungkin kamu pemilik kulit dry to normal bisa coba produk Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth Foundation ini.


Now back to the Maybelline Fit Me! Matte + Poreless, aku mendapatkan product ini di counter Maybelline seharga 140.000. Untuk foundation, apalagi merk Maybelline, ini termasuk murah! Perkiraanku bakal 150rb lebih, ternyata ngga sampai 150rb hahaha #bahagiabanget.

cr to mccabespharmacy
Waktu aku beli, ada cukup banyak shade yang ada, mulai dari gelap sampai terang. Dan semua shadenya cocok banget untuk orang Asia. Jelas shade yang masuk Asia lebih sedikit daripada shade di Amerika, dimana orang Amerika memiliki warna kulit lebih beragam. Tapi shade yang masuk di Asia juga ngga kalah banyak, bener-bener gelap sampai terang khas Asia.

Waktu di counter, setelah coba-coba, aku dilanda kegalauan antara no shade 210 (Sandy Beige) atau shade 220 (Natural Beige). Aku dilanda kegalauan karena terlalu banyak baca review di google. Banyak orang nulis review di google, kalau si Maybelline Fit Me! ini bakal oxidize atau menggelap di kulit. Maka dari itu, aku galau, karena si no 210 sedikit lebih terang sedikit di kulit aku (jaga-jaga kalau rumor oxidize itu bener) sedangkan yang 220 pas banget di aku.

shade 220 semua ya 😂
Karena kegalauan tak berujung ini, akhirnya aku beli yang shade 220 (Natural Beige) yang warnanya persis banget sama warna kulitku. Dengan pemikiran bahwa product yang oxidize di kulit orang lain, belum tentu oxidize di kita, karena tingkat oxidize itu berkaitan dengan chemical yang diproduksi tubuh orang masing-masing. Jadi misal ada product yang oxidize di aku, belum tentu oxidize di kamu.



Ingredients-nya diumpetin dibalik sticker tulisan belakang. So clever!
Secara packaging, aku suka banget sama packagingnya yang bentuknya ngga aneh-aneh, jadi kelihatan elegant. Dia flat gitu dengan botol kaca dan tutup plastik hitam. Botol kacanya tebel, mestinya aman kalau jatuh, tapi namanya kaca, tetep ketar-ketir kalau jatuh. Tutupnya model alur putar, jadi harus diputar untuk membukanya.


Yang aku suka lagi adalah tulisan no shade-nya ada di bagian atas tutup dengan ukuran besar. Ini bikin nyaman banget, karena kalau udah berbaris sama foundation lain, keliatan tulisan shade-nya. Ngga perlu repot-repot liat bagian depan dulu. Ini nguntungin kamu yang MUA atau kolektor foundation.


Kekurangannya satu, kekurangan crucial banget, dia ngga ada pump-nya :'( sedih bangeetttt. Kalau ngga ada pump gini kan ngotor-ngotorin tangan.

Now, into the swatches~


Warnanya kelihatan masuk banget kan di kulita aku~ Suka bangett. Kulit aku itu kuning, dan dia cocok banget untuk yellow tone. Aku udah lelah sama foundation yang pink tone.

Untuk scent, dia biasa aja hahaha. Ngga ada baunya. Dan aku rasa ngga perlu ya wangi-wangian, malah bikin enek hahaha


Selain itu, secara tekstur, dia cair tapi ngga yang encer gitu. Maybelline Fit Me! foundation ini ngga jatuh atau netes waktu tangan aku aku balik.

Cukup sedikit aja, dia udah bisa menutup bagian wajah. Karena ngga ada pump, nuangnya hati-hati, jangan kebanyakan nanti boros.

Dibagian dekat lengkungan genggam, terlihat powdery
Tekstur dari Maybelline Fit Me! Matte + Poreless ini setelah digunakan atau diaplikasikan ke wajah, awalnya dia sama seperti foundation lain, tapi setelah nge-set, dia jadi powdery gitu. Sangat powdery tapi ngga sampai powdery yang kering (aku kurang suka sama foundation yang powdery). Dan dia ringan banget!! Dia ngga kerasa berat sama sekali.

Untuk coverage, ngga begitu sesuai claim. Matte + Poreless ini ngga bisa menutup pori-poriku yang besar ini, tapi dia sangat menyamarkan walau masih kelihatan. Tapi at least dia mampu menyamarkan. Sangat membantu menyamarkan pori-pori wajahku yang besar ini.

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless ini coverage-nya buildable banget. Dan masih ringan walau udah lapis ketiga. Amazed banget gue sama keringanannya, kapan beban hidup gue bisa seringan ini (?) #malahcurhat.

After 6 hours anf look at my T zone~ Udah jadi dewy hahaha
Untuk ketahanannya, aku ngga pernah pakai sampai 8 (delapan) jam atau bahkan 12 (dua belas) jam, tapi sampai 7 (tujuh) pernah. Aku mulai dandan jam 2 (dua) siang, jam 8 (delapan) malam wajahku mulai menunjukan keberadaan minyak/face oil pada bagian T zone. Dan aku amazed banget! Dia tahan 6 (enam) jam di wajahkuuuu!! <3 Gimana ngga jatuh cinta coba? Wajahku itu type yang super duper oily, dan dia bisa tahan 6 (enam) jam di wajahku. Jatuh cinta berat gue.

Tapi bagi kalian yang expect product ini buat tahan 12 (dua belas) jam atau gimana, cobalah di wajah kalian masing-masing. Karena di wajahku yang super duper oily ini, dia bisa tahan 6 (enam) jam dimana produk lain cuma 1 (satu) sampai 3 (tiga) jam udah lumer.

Setelah 6 jam, tidak oxidize dikulitku
Untuk rumor dan masalah oxidize, ini dia, aku tunjukan foto swatch yang tadi di tangan aku setelah 6 (enam) jam di tanganku (foto diatas paragraf ini)

Merasa beruntung banget gue!! Ngga oxidize sama sekali di aku <3. Dia tetap mempertahankan warnanya dan tetap awet begitu. Gimana ngga jatuh cintaaaa???

Sekali lagi aku tegaskan ya, oxidize atau ngga itu tergantung chemical yang diproduksi kulit kamu seperti apa yang lalu terkena oksigen. Jadi produk yang oxidize di kulit orang lain, belum tentu oxidize di kamu.

So untuk masalah oxidize atau ngga, aku cuma bisa bilang, kalau di aku, Maybelline Fit Me! Matte + Poreless ini ngga oxidize.

Now, the CONCLUTION~

KELEBIHAN :

  1. Packaging minimalis, sangat mudah untuk disimpan
  2. Nomer shade berada dibagian atas tutup dengan tulisan besar sehingga memudahkan untuk memilih/mengambil shade yang diinginkan (apalagi bagi MUA)
  3. Wadah terbuat dari kaca tebal
  4. Warna shade sesuai warna kulit orang Indonesia (kebanyakan yellow tone)
  5. Setelah set, foundation menjadi matte powdery, tapi bukan matte kering, sehingga memberikan finished look yang bagus
  6. Coverage-nya builtable, cukup menyamarkan pori besar
  7. Sangat ringan
  8. Tidak oxidize dikulit aku (hahaha, so proud)
  9. Awat tahan cukup lama, sekitar 6 (enam) jam bagi kulit berminyak


KELEMAHAN :

  1. Packaging dari kaca, kalau jatuh bikin deg-degan
  2. Ngga ada pump (paling sedih ini)
  3. Tidak membuat wajah terlihat poreless, tapi cukup menyamarkan
  4. Setelah set, foundation menjadi powdery, dimana aku kurang suka walau dia ngga yang model sangat kering gitu


REPURCHASED? Definitely YES! Bakal beli dan pakai foundation ini terus!! Terlalu cinta sama foundation ini walau ngga ada pump dan harus ngotor-ngotorin tangan. Dan kalau bisa, pihak Maybelline, tolong kasih pump dong, dan teksturnya jangan powdery gini, kurang suka akunya hahaha. Tapi after all, dari segi coverage udah cukup memuaskan, ketahanan juga demikian. Dan aku suka banget sama shade 230 ini di aku, bisa pas banget gitu!!

Kalau kalian baca review ini dan bimbang sama dia oxidize atau ngga, kalian bisa minta tester oles ditangan, udah deh tungguin sekitar 2 sampai 3 jam, kalau perlu sampai seharian deh, terus amatin dia berubah menjadi menghitam/menggelap atau ngga. Kalau ngga, berarti itu ngga oxidize di kulit kalian, kalau menggelap, pilih shade 1 sampai 2 tingkat diatas warna kulit kalian.

Udah ah~ Cukup sekian review Maybbeline Fit Me! Matte + Poreless Foundation-nya. Kalau kalian punya pengalaman cobain produk ini atau kalian punya pengalaman foundation yang oxidize, boleh komen-komen dibawah~ I'll make sure I reply to it! <3

See you in the next post~

XOXO, 

ELLEN LIM











You Might Also Like

14 comments

  1. aku setuju dan aku suka bgt foundi ini ringan, tapi sayang aku gk ada pumpnyaaaa :/

    svnnyms.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, sayang banget ga ada pump-nya. Kalo ada pump-nya udah ga usah ditanya lagi kecintaannya akan foundie ini hahaha. Makasih ka udah mampir ^3^

      Delete
  2. Hai Ellen, yg dewy itu dijual di Indo ngga ya? Kulitku kering soalnya :( Btw, love your review!

    www.evepricilia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ka evelyn, makasih udah mampir di blog aku ^3^. Yang dewy juga dijual di Indo, umumnya harganya juga sama dengan yang matte. Katanya sih yang dewy ini recommended banget buat yang punya kulit kering. Semoga membantu ya ^^

      Delete
  3. Aku punya yang dewy + smooth tapi ngga cocok di aku. Rasanya wajah jadi berminyak banget -_-

    www.ameltami.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayang banget ya. Makasih banget ka amel untuk info-nya. Makasih juga udah mampir di blog aku ^3^. Maaf untuk late reply

      Delete
  4. Hai Ellen salam kenal, ternyata kita seumuran ya hahaha.
    Btw aku juga pakai nih yang matte+poreless hihi :D

    http://www.isthiud.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai isthi, salam kenal~ wah kita seumuran yah hehehe. Gimana pendapatnya? Suka ga sama maybelline ini? Hehehe. Makasih udah mampir ^3^. Maaf ya telat bales.

      Delete
  5. aku juga sukaa ini.. tp oxy di aku, bahkan bbrp puluh menit stlh pake :(
    tapi udah beli 1 shade yg lebih terang sih. pake no 120 gara" di rekomen BAnya, untungnya pas di kulit aku :D hha

    natahsu.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ci natasha, iya nih, kalo ga baca review2 sebelum beli, takutnya salah beli jadi oxy. Sayang banget dia sering oxy di banyak jenis kulit. Makasih ci udah mampir di blog aku ^3^. Maaf ya telat bales.

      Delete
  6. wiii... jadi mupeng. terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, beli aja kalo emang cari foundie yang relatif murah tapi hasilnya bagus hehehe. Tapi kalo mau beli, coba dulu oxy atau ngga di kulit kamu. Semoga membantu ^^. Makasih udah mampir di blog aku ^3^

      Delete
  7. Daya tahannya wow banget bisa bertahan 8 sampe 12 jam gitu yah, bisa jadi rekomendasi juga nih foundi.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, aku sih rekomen foundie ini, ketahanannya mantap. Tapi kalo mau beli, harus test dulu bakal oxy arau ngga. Kalau termyata oxy, kan sayang kalo salah shade hehehe. Makasi ka udah mampir ^3^

      Delete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe