[REVIEW] PIXY Stay Last Serum Foundation, Foundation Lokal Rekomendasi dengan Harga Terjangkau 50 Ribuan

August 06, 2020

Udah tau belum kalau pixy akhir bulan Juli 2020 ini mengeluarkan foundation baru? Nama foundation-nya adalah PIXY Stay Last Serum Foundation. Namanya unik ya, serum foundation. Hmm.. Apakah foundation ini mengandung serum? Apalagi waktu ngeliat kemasannya, katanya produk ini tahan sampai 12 jam dengan hasil matte. Eits, ngga cuma itu, foundation ini juga dibilang punya SPF 50 PA+++ loh! Hmm.. semakin penasaran kan saya.


Anyway, Namanya juga PIXY, sebuah brand lokal berkualitas tinggi dan digemari para remaja karena harga yang relatif terjangkau. Tentu produk ini juga ditawarkan dengan harga terjangkau dong, harganya cuma sekitar 50 ribuan! Terjangkau banget kan. Siapa yang ngga tergiur coba. Aku pribadi ngga mau ketinggalan dan langsung checkout dong.

About PIXY

Siapa sih yang ngga kenal produk PIXY? Pasti udah pada tau kan ya. Brand lokal yang satu ini emang populer banget di kalangan remaja. Bahkan ngga cuma remaja, para wanita hingga ibu-ibu pun menggemari produk dari brand yang satu ini. Bagaimana tidak, produk-produk yang ditawarkan PIXY ini emang memiliki kualitas yang bagus banget, apalagi ditambah dengan harga yang terjangkau. Ngga cuma punya produk makeup, PIXY ini juga memiliki produk skincare. Jadi emang cakupan produk yang ditawarkan PIXY ini cukup luas, apa aja ada. Harga yang ditawarkan juga ngga ada yang di atas 150 ribu, semuanya di bawah angka itu. Cocok banget kan untuk kantung remaja, apalagi anak kosan nih kayak aku.

About PIXY Stay Last Serum Foundation

PIXY Stay Last Serum Foundation ini baru dirilis oleh barnd PIXY pada akhir Juli 2020 ini. Dalam sekali peluncuran, foundation ini udah punya 5 shade yang menurutku range warnanya lumayan jauh. Warnanya ada: 01 Rosy Ivory, 02 Yellow Beige, 03 Natural Beige, 04 Golden Tan, dan 05 Rich Tan. Warnanya menurut aku cocok banget buat kulit masyarakat Indonesia, ada mulai dari pink tone hingga yellow tone.


Produk ini juga diluncurkan dengan claims yang oke banget loh. Claims mereka ini sangat menarik perhatianku untuk mencoba. PIXY Stay Last Serum Foundation ini diklaim dapat tahan 12 jam. Siapa yang ngga tertarik coba kalau claim-nya bisa long lasting kayak gitu. Apalagi dari instagram PIXY, produk ini diklaim memiliki hasil finish yang matte serta ringan. Duh sebagai pemilik kulit berminyak, tentu aku langsung penasaran dong. Selain itu, produk ini juga diklaim memiliki SPF 50 PA+++ loh, paket lengkap ya. Karena tekstur yang diklaim ringan, produk ini juga diklaim buildable loh. Hmm.. Penasaran deh. Yuk langsung bahas aja~

Packaging

Produk foundation ini dikemas dalam botol kaca ukuran netto 17 ml. Netto 17 ml ini sebenarnya tergolong sedikit ya untuk produk foundation, karena normalnya foundation tuh bisa 25-35 ml. Menurut aku kemasan PIXY Stay Last Serum Foundation ini oke, karena bentuknya bisa dibilang unik lengkap dengan pipet. Aku suka sih karena dia pakai pipet, jadi sampai tetes foundation-nya aja bisa diatur. Yang aku kurang suka adalah kemasannya yang tergolong ramai karena banyak banget tulisannya disana, but it's only appearance, so that's okay. Cuma hati-hati aja karena dia pakai botol kaca, walaupun botol kacanya tergolong tebal, tapi tetap aja rawan pecah kalau jatuh.


Nah, sebelum kita bertemu dengan botol kaca lucu itu, PIXY Stay Last Serum Foundation ini punya kemasan karton. Nah di kemasan karton ini informasi yang tercatat tuh udah banyak banget. Maknaya aku bilang si kemasan botol kacanya harusnya bisa ngag seramai itu. Di kemasan karton ini udah tercantum informasi seperti claims, cara pakai, expired date, ingredients, dll.

Ingredients

Cyclopentasiloxane, Water, Titanium Dioxide, Talc, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl Salicylate, Butylene Glycol, Isononyl Isononanoate, Peg-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone. Glycerin, Peg-3 Dimethicone, Sodium Chloride, Aluminum Hydroxide, Sorbitan Sesquiisostearate, Phenoxyethanol, Aluminum Dimyristate, Dimethicone, Fragrance, Pachyrhizus Erosus Root Extract, Tocopherol, BHT, Magnesium Ascorbyl Phosphate, Argania Spinosa Kernel Oil, Cl 77492, Cl 77491, Cl 77499.

How to Use

Meskipun udah ada SPF 50 PA+++, aku tetap saranin pakai sunscreen dulu ya kalau mau pakai foundation ini di pagi hari. Karena ngga ada yang bisa jamin kalau dengan berbagai formula yang ada di foundation ini, SPF-nya tetap 50. Makanya lebih baik tetap jaga-jaga pakai sunscreen dulu aja.


Sebelum menggunakan foundation, kocok dahulu sebelum digunakan. Terus gunakan pipetnya untuk mengeluarkan foundation-nya di tangan maupun langsung di wajah. Habis itu tinggal ratakan aja deh, bisa pakai jari tangan, beauty sponge, maupun brush. Kalau saran aku, kalau mau hasil natural, bisa pakai beauty sponge, sedangkan kalau mau hasil maksimal, bisa pakai brush.

Textures, Scents & Colors

Ngomongin tekstur foundation tuh paling seru deh, soalnya bisa langsung menunjukan sedikit banyak karakter dari foundation-nya. Nah PIXY Stay Last Serum Foundation ini memiliki tekstur yang cair, dia runny gitu, tapi ngga terlalu cair, masih ada unsur kekentalannya juga. Aku suka sih foundation yang seperti PIXY ini. Apalagi waktu aku coba blend, teksturnya dia tuh memiliki konsistensi yang bagus, mudah banget diratain, dan langsung rata. Waktu nyobain di tangan aja, aku udah ngerasa kalau foundation ini bakal memberikan coverage yang cukup tinggi, karena dia tuh langsung nutup tangan aku gitu, bahkan warna tangan aku. Ngga sabar nyobain di wajah deh jadinya.



Untuk aroma, menurut aku PIXY Stay Last Serum Foundation ini ngga ada aroma wewangian gitu. Aromanya kayak biasa aja walaupun ada sedikit aroma khas PIXY, wangi sih, tapi dikiiitt banget aromanya. Well, di ingredients juga disebut bahwa produk ini mengandung fragrance sih, tapi dikit kok. Jadi bagi pemilik penciuman yang sensitif, produk ini masih ngga masalah banget, masih super duper oke.

Masalah warna nih, emang kadang soal warna tuh bikin galau dalam pemilihan foundation. Aku membeli foundation ini secara online dan aku sempat bingung menentukan pilihan warna foundation yang bakal cocok sama aku. Seperti yang udah aku bilang, PIXY Stay Last Serum Foundation ini punya 5 shade: 01 Rosy Ivory, 02 Yellow Beige, 03 Natural Beige, 04 Golden Tan, dan 05 Rich Tan. Menurut aku range warnanya lumayan jauh nih walaupun cuma 5 shade. Jadi produk ini bisa mengakomodir berbagai skintone dan warna kulit orang Indonesia nih. Waktu memilih shade, aku sendiri bisa menentukan pilihan secara langsung walaupun awalnya sempat bingung karena skintone aku adalah Neutral. Tapi akhirnya aku memilih warna 02 Yellow Beige, karena aku lebih prefer yellow tone daripada pink tone.

My Opinion

First if all, AKU SUKA BANGET SAMA PIXY STAY LAST SERUM FOUNDATION! Setelah coba di wajah, aku beneran suka banget sama produk foundation yang satu ini. Kualitasnya melebihi ekspektasi aku. Like harganya tuh cuma 50 ribuan, tapi ternyata bagus banget kualitasnya. Oke, aku bakal ulas pendapat aku secara lengkap disini~

Dari kemasannya aku juga udah suka karena pakai pipet, jadi bisa diatur mau sebanyak apa. Sayangnya emang isinya cukup sedikit dan menggunakan botol kaca. Tapi sebanding sih sama harganya yang cuma 50 ribuan aja. Untuk opsi warna juga mantap banget karena jarak warnanya cukup besar dan bisa masuk range warna kulit orang Indonesia. Shade tergelapnya bisa tergolong cukup gelap dan jarang foundation lokal punya warna kayak gitu. Bonusnya lagi, dia mengandung SPF 50 PA+++, walaupun kelemahannya, dia flashback ketika digunakan untuk foto dengan flash.


Next, pembahasan wkatu pakai. Serius deh foundation ini sebagus itu. Jenis kulitku kan berminyak, berjeraat, dan bertekstur. Dengan takaran 1 pipet untuk seluruh wajah, foundation ini berhasil menutup jerawat dan bekas jerawatku. Tekstur wajahku seperti bopeng juga langsung kelihatan lebih blur gitu di kamera. Coverage-nya sih yang mantap banget. Waktu aku coba blend di tangan tuh udah nampak kalau coverage-nya bakal bagus. Eh beneran terjadi dong, di wajah juga kelihatan bagus banget coverage-nya.

Terus yang aku suka juga warnanya yang pas banget buat aku. Aku memilih warna 02 Yellow Beige. Aku tau kalau mungkin bakal kuning di aku karena kulitku neutral tone, tapi emang warna kuning itu yang aku cari. Waktu ngeliat gambar shade-nya, aku merasa warna 01 Rosy Ivory bakal keliatan pink, sedangkan 03 Natural Beige bakal terlalu gelap, makanya aku ambil warna 02 Yellow Beige. Dan warnanya mirip yang di gambar dong, jadi warnanya pas di aku dengan hasil kuning.

Oh ya, kalau di aku, foundation ini ngga oxidize sama sekali loh. Kalaupun dia oxidize, oksidasinya dikiiiitttt banget, kayak ngga keliatan aja. tapi kalau soal oksidasi, kembali lagi ke kulit masing-masing ya. Karena setiap orang kan bis apunya tingkatan oksidasi yang berbeda.


Untuk feels di wajah. Setelah diaplikasikan, foundation ini awalnya terasa basah which is membuat foundation ini jadi mudah untuk diratakan. Kemudian kemampuan nge-set-nya juga cepat, jadi langsung ngga gerak si foundation-nya, ngga basah lagi. Begitu nge-set, foundation ini juga ngga lengket dan terasa sedikit powdery, tapi ngga flat matte melainkan masih ada glowing-nya gitu. Jadi hasilnya ngga 100% matte, tapi aku suka karena kelihatan natural gitu.

Mengenai ketahanan nih, aku nyobain di kulit berminyakku selama 6 jam (bisa lihat lebih jelas di youtube channel ku). Waktu 2 jam, aku cek, dia masih bagus banget. Padahal tulang hidung udah mulai becek sama minyak tuh, tapi foundation-nya masih nempel dan ngga ada yang bolong atau pudar. Terus aku cek berikutnya lagi setelah 6 jam. Bagian hidung udah pada bolong-bolong, udah hilang. Untuk bagian dahi dan pipi udah becek banget sama minyak, tapi foundation masih nempel. Tapi after blotting pakai tissue biasa, kondisinya udah kembali oke kok, better tapi ya bagian hidung aja yang udah pada hilang banget. TAPIIIII.. Untuk foundation 50 ribuan, ini kualitasnya udah MANTAP BANGET! Udah kayak pakai brand mahal, ketahanannya perlu banget diacungi jempol, really!


Advantages

  1. Harga terjangkau, cuma 50 ribuan
  2. Mengandung SPF 50 PA+++
  3. Kemasan praktis
  4. Menggunakan pipet, lebih mudah diatur
  5. Hanya 5 shade, namun range warna cukup luas
  6. Foundation cukup kental untuk memberikan konsistensi yang tinggi/pekat
  7. Kemampuan menutup/coverage medium to full
  8. Terasa ringan 
  9. Tidak lengket
  10. Tidak mudah geser
  11. Hasil matte natural
  12. Tahan hingga 6 jam

Disadvantages

  1. Menggunakan botol kaca
  2. Flashbak ketika terkena flash

Price & Where to Buy

Price : Rp 55.000 - Rp 65.000
Where to Buy : e-commerce, sociolla, booth PIXY

My Youtube Review


See you in the next post,


You Might Also Like

1 comments

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe