[Collaboration] Bold Red Chinese New Year Makeup Look

February 08, 2018


Ngga terasa udah masuk bulan Februari di tahun 2018 ini, gimana bulan Januari kalian? Menyenangkan? Kalo ngomongin tentang bulan Februari, yang biasa terlintas dipikiran kita adalah hari valentine atau tahun baru imlek. Kalo aku sih mikirinnya yang tahun baru imlek ya, abis gimana lagi, ngga punya pacar #curhat.

Ngga deng, ada pacar pun juga pasti mikirin imlek banget-banget, ngga usah perlu ditanya lagi. Nah blog post kali ini aku mau membahas tentang makeup look bernuansa Chinese New Year yang udah aku buat dalam rangka kolaborasi antar beauty blogger dalam Beautiesquad. Tema kali makeup collaboration kali ini adalah Chinese New Year Makeup Look, makanya aku excited banget nih buat ikutan collaboration kali ini. Tiap collaboration Beautiesquad selaalu asik sih sebenernya, temanya juga selalu kece, makannya aku selalu excited buat ikutan collab tiap bulannya.

Aku paling excited kalo udah menyentuh tahun baru imlek atau Chinese New Year ini. Bukan karena dapet amplop merah atau biasa dikenal sebagai angpao, tapi karena di momen imlek ini, semua keluarga besar berkumpul untuk merayakan tahun baru bersama. Paling asik deh kalo memikirkan momen semua keluarga ngumpul bareng, ngobrol bareng, merefleksikan tahun lalu yang udah kita lalui, cerita bareng asik banget deeehhh!

Ngomongin soal imlek, bagi aku juga seperti membicarakan mengenai tradisi. Ada banyak tradisi yang kami  lakukan untuk merayakan imlek selain berkunjuk ke rumah sanak saudara, seperti berdoa khusus di tempat-tempat ibadah agar tahun baru ini dapat menjadi berkah, sembahyang pada dan untuk leluhur kami, dll. Bagi aku sendiri, merakayakan imlek memang benar-benar seperti merayakan tahun baru, inilah tahun baru bagiku. Apalagi keluargaku masih memiliki nuansa chinese yang kental, sehingga mengikuti tradisi di imlek merupakan sebuah keasyikan tersendiri dengan mengikuti peraturan-peraturan adat dan tradisi yang ada.


Nah, kalo kalian perhatiin, tiap imlek pasti deh banyak nuansa merah. Kalian tau ngga sih kenapa imlek identik dengan warna merah? Kalo bicara tentang imlek, aku selalu inget waktu masih kecil diceritain sama mak (nenek) tentang cerita seekor raksasa yang bernaama nian. Nian ini  ceritanya adalah raksasa pemakan hasil panen bahkan manusia. Warga menjadi takut akan nian ini, tapi ada suatu ketika dimana warga melihat nian ketakutan melihat anak kecil berbaju merah, sejak saat itu warga mempercayai bahwa nian takut pada warna merah, maka dari itu tiap tahun baru, semua warga memasang lentera atau tulisan yang berwarna merah didepan rumah mereka agar mereka terhindar dari petaka yang dibawa nian ini.

Sebenernya ngga cuma warna merah sih, warna emas juga termasuk sebagai warna identik imlek, arti warna emas ittu melambangkan kemakmuran atau kejayaan atau keberuntungan di tahun yang akan datang. Warna merah juga melambangkan kehabagian, kemenangan, kejayaan.

Tapi, untuk makeup collaboration bareng Beautiesquad dengan tema Chinese New Yeear Makeup Loo, aku pengen bikin dengan nuansa merah nih. Makeup look kali ini aku beri nama dengan Bold Red Chinese New Year Makeu Look. Jujur ngga bold-bold amat sih, cuma matanya aja yang bold merah, tapi sebutlah dia bold yah. Tapi look ini tidak dibuat dalam rangka untuk menghadiri acar keluarga saat imlek ya. Ya bisa aja sih kalo kalian menggunakan makeup seperti ini kalo kalian suka pake makeup dempul atau yang bold gitu ke acara-acara.Tapi kalo untuk aku sendiri sih, aku ngga akan pakai makeup se-bold ini dalam merayakan imlek. Makeup yang kali ini aku buat hanya dalam rangka collaboration dan kepuasan pribadi. Tanpa panjang ebar lagi, yuk mari kita langsung masuk aja ke pembahasannya bagaimana aku membuat look seperti ini dan makeup apa aja yang aku gunakan.


1. Foundation

Untuk foundation, aku pakai foundation yang sekarang jadi favorit aku, yaitu Catrice HD Liquid Coverage Foundation yang shade 030 Sand Beige. Aku suka banget pakai foundation ini kalo pengen bikin look yang "dempul" untuk mengcover jerawat yang lagi parah dan merah ataupun bekas jerawat. Walau coveragenya oke banget, foundation ini ringan banget. Foundation ini dalam satu layer aja udah full coverage kalau di kulit aku yang lagi jerawatan parah ini. Sampai saat ini, rasanya penggunaan foundation ini tidak membuat diriku semakin jerawatan atau giman gitu sih, aman untuk kulitku.


2. Pensil alis

Untuk pensil alis, untuk kesekian kalinya dan semoga kalian ngga bosen karena favorit aku masih sama yaitu dari Etude House Drawing Eye Brow yang warna Grey Brown. Aku suka sama warnanya sih yang masuk banget sama warna rambut aku yang cokelat ini. Tapi karena hasilnya ngga begitu tegas kalau menggunakan pensil alis ini aja, aku tambahin dengan Maybelline Fashion Brow Cream Pencil yang warna cokelat sebagai outline untuk mempertegas hasil alis aku.

3. Eyeshadow

Bagian favoritkuuu. Aku suka banget fokus sama bagian mata walau kesel juga sih karena ujung-ujungnya ngga gitu keliatan soalnya kelopak mata aku ujung-unjungnya kelipet kedalam, seperti monolid tapi bukan monolid. Disini aku pakai eyeshadow dari Focallure 9 Color Eyeshaow Palette yang nomer #5. Di paleette ini banyak warna nuansa orange sampai merah dan pigmentasinya super kece dan gokil bangaet, makannya aku memilih untuk menggunakan palette ini. Disini aku memadukan berbagai warna nuansa merah, kebanyakan aku pakai yang warna orange, merah dan sedikit warna cokelat.

Kalau kalian perhatikan, aku ngga begitu blending bagian luar, karena emang aku sengaja bentuk setengah lingkaran seperti itu. Terus aku bikin eyemakeup nya ini juga untuk eksplorasi juga, aku mengaplikasikan eyeshadownya sampai jauh diluar kelopak mata. Aku menggunakan bantuan selotip supaya rapi membentuk garis. Dan aku bisa bilang aku cukup puas dengaan eksplorasiku ini #hehehe.


4. Contour and Blush

Disini aku menggunakan cukup banyak conture dan blush supaya hasilnya bold, aku menggunakan City Colour Contour and Define Palette yang udah memiliki contour dan blush didalamnya. Praktis. Aku harus mengaplikasikannya dengan cukup hati-hati nih, karena contour dan blush di paltte ini pigmentasinya oke banget tapi fallout-nya banyak. Jadi kalo udah kedapetan fallout-nya, ya udah deh, susah hilang.

5. Lipstick

Karena aku mau mengimbangi makeup mata yang sudah bold begitu, aku pakai lipsticknya juga warna yang cukup bold tapi ngga teralu bold banget. Aku pakai salah satu lipstick baru favorit aku yaitu dari Catrice juga yang namanya Catrice Luminous Lips yang shade 130 Brigitte Loves Bordeaux. Aku suka lipstick atau lip cream yang hasillnya satin atau glossy, makanya lipstick ini menarik perhatianku. Warnanya rada pink keunguan, normally aku ngga suka lipstick warna begini, dan awalnya aku menyesal beli lipstick ini. Tapi ternyata, setelah mencoba mencintainya #cieelah, kalau lipstick ini dipakai tipis dan diblend dikit, warnanya entah gimana nyatu banget sama warna bibir asli aku, dan biasa aku pakai daily. Tapi untuk look kali ini aku pakai dia dengan tebal, dan aku sekarang menjadi mencintainya.

6. Highlighter

Aku bukan tipe orang yang pakai suka pakai highlighter, karena highlighter murah umumnya ngga keliatan banget, dan malah mempertegas jerawat aku, tapi highlighter yang satu ini exception banget. Aku pakai highlighter dari Beauty Creations yang Angel Glow, which is kesukaan aku banget. Harganya murah banget untuk highlighter seindah dia. Walau sama aja highlighter tetep aja akan memperjelas jerawat,  tapi aku tetep suka highlighter ini karena IT'S WORKING! That glow is so *piiiippp* gorgeous!!




Udah deh makeupnya selesai~ Gimana nih pendapat kalian sama amakeup look aku kali ini? Apakah udah Chinese New Year themed enough? Aku paling suka sama hasil eyelook yang aku bikin, ya I know mungkin menurut kalian ini biasa aja, tapi karena ini aku baru pertama kai eksplorasi dan nyobain gaya begini, aku jadi lumayan puas sama hasilnya. Tapi dengan ini, berakhir juga blog post yang aku bikin kali ini.


Jangan lupa untuk mampir ke blog post makeup look kece yang udah dibuat oleh kak Yosa Irfiana (tinggal klik aja dinamanya) dalam makeup collaboration dengan Beautiesquad kali ini. Dan tentunya jangan lupa mampir ke instagram Beautiesquad juga okeee (klik tulisannya aja, dan anda akan segera meluncur ke instagram Beautiesquad).

See you in the next post,

XOXO,

ELLEN LIM





You Might Also Like

18 comments

  1. yayy, ready for CNY nih..

    www.nadiahasyir.com

    ReplyDelete
  2. ellen ku gorjeesss sekali eye makeup nyaaa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kaka ku yg lebih gorjesss. Jadi malu deh aku ^3^

      Delete
  3. Selamat merayakan tahun baru Cina yaaaaa 😊😊😊😊😊😊😊.

    Itu look nya jga masih cucok buat hangout bareng sodara pas tahun baruan nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ka ekaa ^3^. Ga berani pake look beginian buat hangout bareng sodara wkwk.

      Delete
  4. makeup matanya keren banget kak....seger banget liatnya hehehe

    ReplyDelete
  5. wah kayaknya foundationnya catrice langsung jadi favorit banget ya hihi

    tutuskirtjournal.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeeetttttt. Nomer 1 banget lah sekarang ini.

      Delete
  6. Makeup matanya suka banget 💛💛💛

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAkasih kaa <3. Tersanjung daku. Padahal makeup matanya ka dee selalu kece badai <3

      Delete
  7. aaa, penasaran sama lipstik nyaa. Kenapa aku malah jadi keracunan lipen?-_-

    www.liamelqha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus loh ciii. Hasilnya kece banget lipennya <3. Semoga makin teracuni wkwk

      Delete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe