[REVIEW] Acnes Derma Care Gentle Cleanser dan Anti-Blemish Essence

December 17, 2020

Sebagai pemilik kulit berminyak, berjerawat, dan sensitif, fokus utama skincare yang aku gunakan selalu seputar produk-produk yang dapat mengatasi masalah kulitku. Salah satu produk yang selalu aku gunakan untuk mengatasi masalah jerawat adalah produk dari Acnes, biasanya aku menggunakan Acnes Sealing Gel sebagai obat totol untuk jerawat. Aku pribadi cocok banget pakai Acnes Sealing Gel karena efektif banget untuk mengempeskan jerawat, makanya aku selalu repurchase produk dari Acnes yang satu itu.

Karena kecocokanku dengan produk Acnes, aku jadi penasaran nih sama produk terbaru mereka yang tergabung dalam rangkaian Acnes Derma Care, yaitu Acnes Derma Care Gentle Cleanser dan Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence. Yang bikin aku makin penasaran adalah kandungan Vitamin C di dalamnya nih. Tau dong kalau Vitamin C berfungsi untuk mencerahkan wajah, dalam artian produk ini kemungkinan bisa menyamarkan bekas jerawat juga nih. Tapi yang bikin aku penasaran ngga cuma itu, kandungan Vitamin C biasanya sedikit kurang cocok untuk pemilik kulit sensitif nih, namun produk ini diklaim cocok untuk kulit senditif loh. Hmm.. makin penasaran kan. Daripada cuma teori dan klaim doang, yuk langsung kita bahas aja gimana hasilnya di aku~


About Acnes

Acnes bukan merupakan brand baru di Indonesia, brand yang satu ini udah cukup lama nih memasarkan beragam produk skincare untuk mengatasi masalah jerawat. Produk yang ditawarkan juga udah beragam banget, mulai dari face cleanser, bedak, UV tint, spot treatment, dll. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, ramah banget deh di kantung pelajar.


About Acnes Derma Care Series

Beberapa waktu lalu, ternyata Acnes mengeluarkan rangkaian baru dengan nama Acnes Derma Care. Saat ini rangkaian tersebut hanya memiliki dua produk, yaitu Acnes Derma Care Gentle Cleanser dan Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence. Kalau dibaca dari keterangan setiap produknya, Acnes Derma Care ini merupakan rangkaian skincare yang diperuntukkan kepada pemilik kulit berjerawat dan sensitif, apalagi kedua produknya juga tidak ditambahkan fragrance (seperti parfum) dan tidak ditambahkan colorant (pewarna), serta yang paling penting bagi pemilik kulit sensitif adalah terkait pH balance. Ngga cuma itu, cleanser dan essence dalam rangkaian ini juga mengandung Vitamin C yang dapat mencerahkan wajah sekaligus menyamarkan bekas jerawat, dan diklaim cocok untuk kulit sensitif. Meskipun manfaatnya terlihat banyak, harga yang ditawarkan terjangkau banget loh!


Acnes Derma Care Gentle Cleanser

Packaging



Dari segi kemasan, menurut aku kemasannya bisa dibilang lebih classy daripada kemasan produk Acnes pada umumnya atau bahkan kemasan merk lain, dan tentunya aku lebih prefer kemasan dari Acnes Derma Care Gentle Cleanser ini dong. Aku suka banget sama kemasannya karena terlihat seperti kemasan produk mahal hehehe. Cleanser dari Acnes yang satu ini dikemas dalam botol plastik berwarna putih dan memiliki bentuk tabung tinggi dengan ukuran 120 gram. Ngga cuma itu, Acnes Derma Care Gentle Cleanser juga dilengkapi dengan pump yang bisa dikunci, mantap banget kan. Padahal produk cleanser yang satu ini ditawarkan dengan harga terjangkau, tapi kemasannya kelihatan simple yet elegant gitu, bikin kamar mandi keliatan cantik deh hahaha. Oh ya, segala keterangan yang tertulis pada produk cleanser hanya ditempel dalam bentuk sticker, tapi sampai sekarang sih sticker-nya masih aman kalau terkena air, ngga ada tanda-tanda mengelupas gitu, so far so good. Keterangan yang tertulis pada kemasan juga lengkap, mulai dari cara penggunaan, klaim, 


Ingredients

Aqua, Propylene Glycol, Cetyl Alcohol, Glycerin, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, Cetearyl Alcohol, Aloe Barbadensis Leaf Water, Methyl Cluceth-20, Hexylglycerin, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol, Disodium EDTA, Salicylic Acid, Hydrolyzed Royal Jelly Protein, Phenoxyethanol, 3-0-Ethyl Ascorbic Acid.

Kita bahas sedikit ya terkait ingredients dari Acnes Derma Care Gentle Cleanser. Menurut aku kandungan ingredients dari produk ini tergolong sedikit loh, biasanya kandungan skinacre dalam produk bisa banyak banget dan jadi terkesan "berat" bagi kulit, tapi ternyata kandungan Acnes Derma Care Gentle Cleanser masih tergolong sederhana. Kalau dibaca dari ingredients yang dicantumkan, Vitamin C yang terkandung dalam produk berasal dari 3-0-Ethyl Ascorbic Acid, kandungan tersebut merupakan Vitamin C yang tergolong stabil dan berfungsi sebagai antioxidant. Terus yang menjadi perhatianku adalah kandungan Salicylic Acid yang merupakan kandungan untuk mengatasi masalah jerawat.


How to Use

Cara menggunakan Acnes Derma Care Gentle Cleanser gampang banget kok, seperti menggunakan face cleanser pada umumnya. Pertama jangan lupa untuk unlock pump dari kemasannya dulu ya, kemudian pump secukupnya ke permukaan dalam tangan, aku pribadi biasa menggunakan setengah hingga satu pump. Kemudian udah deh, tinggal usapkan saja ke wajah yang sebelumnya sudah dibasahi terlebih dahulu, disarankan untuk melakukan usapan dengan gerakan memutar sambil memijat ya. Kalau sudah, tinggal bilas wajah hingga bersih, beres deh!


Textures, Scents and Colors

Ngomongin soal tekstur dari Acnes Derma Care Gentle Cleanser, teksturnya cair tapi sedikit lebih kental daripada sabun wajah pada umumnya. Kemudian teksturnya juga halus, cukup licin, dan ketika diusapkan ke wajah dengan menggunakan air, cleanser ini tidak menghasilkan busa atau sangat sedikit. Uniknya ketika diletakkan di tangan, teksturnya tidak begitu terasa licin, namun ketika sudah di wajah, sabun wajah ini terasa sangat licin sehingga mudah diusapkan ke wajah. Yang menarik bagiku adalah warna dari Acnes Derma Care Gentle Cleanser, warnanya kombinasi antara bening dengan flek-flek warna putih, meskipun sudah dikocok, warnanya tidak menyatu. Untuk wangi dari Acnes Derma Care Gentle Cleanser sih beneran ngga ada aroma wewangian gitu, ngga tercium aroma apapun juga sih, jadi cocok banget buat pemilik hidung sensitif kayak aku.


My Opinion

Menurut aku, sebagai Acnes Derma Care Gentle Cleanser cukup oke sih, tapi ngga yang wow banget. Untuk kemampuan cleansing atau membersihkannya, menurut aku produk ini memiliki peforma yang bagus. Setelah menggunakan produknya wajahku tentu terasa lebih bersih, kemudian juga lebih keset, tapi ngga membuat wajah terasa ketarik gitu, which is very good. Menurut aku produk ini bisa juga digunakan oleh pemilik kulit kering, karena setelah penggunaan, wajahku terasa lebih supple atau lembab gitu dan ngga terasa ketarik.

Aku ngga ada masalah dengan sabun wajah yang ngga berbusa, tapi memang aku lebih prefer sabun wajah yang berbusa sih, tapi untuk produk ini aku ngga ada masalah terkait teksturnya. Yang aku suka adalah ketika diaplikasikan ke wajah, Acnes Derma Care Gentle Cleanser terasa langsung melt ke kulit, terasa licin dan mudah banget diaplikasikan ke seluruh wajah. Pakai sedikit saja, kurang lebih setengah pump, menurutku udah cukup banget untuk membersihkan satu wajah, karena feel-nya yang melt itu. 

Nah tapi yang aku kurang suka adalah sabun wajahnya terlalu licin, sehingga bikin wajah terasa menggunakan "minyak". Well, aku memang suka sih dengan teksturnya yang melt tersebut, tapi menurutku tingkat kelicinannya terlalu over, jadi ada perasaan kalau wajahnya belum bersih. Untuk dibilas juga sedikit lebih memerlukan usaha dibanding dengan penggunaan sabun wajah lainnya, ngga terlalu sulit untuk membilasnya hingga wajah terasa keset, tapi tetap ada usaha sedikit lebih ekstra untuk membilasnya.


Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence

Packaging

Boleh dibilang kalau aku lebih suka kemasan Acnes Derma Care Gentle Cleanser daripada kemasan Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence. Meskipun memiliki vibe kemasan yang sama, menurutku kemasan dari essence Acnes yang satu ini masih tergolong biasa aja. Dengan ukuran 20 ml, Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence dikemas dalam botol kaca berwarna putih yang dilengkapi dengan pipet. Yang aku suka dari kemasannya adalah penggunaan pipet yang menurut aku oke banget, pipetnya juga terbuat dari kaca bening yang tebal, keberadaan pipet ini membuat pengaplikasian atau pengambilan essence dalam botol menjadi lebih mudah dan terukur.

Sedikit berbeda dengan cleanser-nya, Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence dilengkapi dengan kemasan karton yang berisi berbagai informasi, mulai dari cara penggunaan, klaim, ingredients, dll. Meskipun sudah menuliskan berbagai keterangan pada kemasan karton, beberapa keterangan masih dituliskan pada kemasan botol essence, namun tidak banyak kok, jadi kemasan botolnya juga ngga terkesan berisik.


Ingredients

Aqua, Propylene Glycol, Propanediol, Butylene Glycol, 3-0-Ethyl Ascorbic Acid, Sodium Citrate, Salicylic Acid, Hydroxypropyl Methylcellulose, Citric Acid, Sodium Metabisulfate, Disodium EDTA, Hydrolyzed Royal Jelly Protein, Phenoxyethanol.

Kandungan dari Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence juga ternyata ngga banyak nih, which is bisa dikatakan bagus juga ya, karena ngga terlalu berat buat kulit. Jika diperhatikan dari ingredients yang disajikan, kandungan acid atau asam dalam essence ini lebih banyak daripada cleanser-nya ya, disini terkandung 3-0-Ethyl Ascorbic Acid, Sodium Citrate, dan Citric Acid. Jujur aku sempat khawatir sih, karena biasanya wajahku yang sensitif ini akan langsung mengalami kemerahan jika menggunakan Vitamin C atau terlalu banyak acid. Tapi berdasarkan research sederhana yang aku lakukan, ketiga kandungan acid dalam essence ini sifatnya gentle kok, kemudian bersifat sebagai antioxidant dan berguna untuk pH balance juga, jadi cocok untuk kulit berminyak.


How to Use

Biasa aku menggunakan Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence ini di pagi hari setelah mengaplikasikan toner. Caranya mudah banget, aku pribadi langsung meneteskan 3-4 drops ke wajah dan kemudian diratakan dengan jari atau telapak tangan. Namun jika sesuai arahan pada kemasan, penggunaannya disarankan untuk diaplikasikan hanya pada titik-titik tertentu yang membutuhkan perawatan intensif.


Textures, Scents and Colors

Sebagai essence yang mengandung vitamin C, menurut aku Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence memiliki vitamin C yang stabil, hal ini terlihat pada warna essence yang bening. Umumnya vitamin C yang tidak stabil warnanya akan cenderung kuning dan rawan berubah warna, vitamin C seperti ini yang umumnya kurang cocok dengan kulit sensitif. 

Secara tekstur menurut aku Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence ini memiliki tekstur yang cair dengan warna beningnya. Dengan teksturnya yang cair tersebut, essence ini sangat mudah untuk diaplikasikan dan diratakan ke atas permukaan kulit. Kemampuan meresapnya juga oke banget, super cepat. Ketika sudah meresap, essence ini tidak terasa lengket dan tidak membuat wajah terasa gatal atau kemerahan juga. Menurut aku setelah Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence meresap ke kulit, wajah terasa sedikit lebih glowing. Oh ya, untuk aroma, essence ini juga tidak mengandung aroma apapun kok.


My Opinion

Waktu penggunaan pertama kali, menurut aku Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence ini oke, karena dia ngga berwarna kuning, jadi aku langsung yakin kalau Vitamin C di dalamnya masih termasuk gentle, meskipun awalnya sebelum membeli sempat khawatir dengan kandungan acid di dalamnya. Ketika digunakan, aku juga langsung suka dengan teksturnya yang cair, mudah diratakan, mudah meresap, dan ngga terasa lengket. Yang paling aku suka adalah produk ini ngga bikin wajahku terasa gatal dan tidak membuat iritasi. Feels-nya setelah digunakan juga ringan banget sih, karena dia langsung menyerap dengan cepat juga. Terus seperti yang udah aku sebutkan, penggunaan essence ini membuat wajah nampak glowing, aku pribadi kurang suka karena wajah terlihat hinyai gitu, jadi biasa setelah selesai tahapan skincare pagi, aku menutupinya dengan bedak matte.

Ternyata, setelah tiga kali penggunaan, wajahku mulai menunjukkan reaksi, tapi jangan salah tangkap dulu nih, reaksinya ada yang positif, ada yang negatif. Untuk reaksi negatifnya, ternyata essence ini masih terlalu "keras" untukku, beberapa bagian kulit wajahku menjadi kering dan mengelupas. Sisi reaksi positifnya, hanya dalam tiga hari tersebut, jerawat di wajahku langsung mengempes! Sayang banget aku ngga punya foto cantiknya hehe, tapi dari foto bisa terlihat ya kalau jerawat di daguku tuh besar banget, begitu pakai essence ini selama tiga hari, perubahannya langsung bisa dilihat, langsung mengepis! Ngga nyangka sih dalam tiga hari perubahannya bisa langsung terlihat gini, manjur banget!

Meskipun efek positif-nya emang positif banget, kenyataan kalau beberapa area wajahku menjadi kering juga ngga bisa diabaikan, padahal wajahku ini berminyak loh, tapi emang beberapa produk dengan efek strong bisa bikin wajahku jadi kering. Jadi untuk mengatasinya, biasa aku menimpa essense ini dengan hydrating serum lainnya atau mengurangi kadar penggunaannya menjadi di titik-titik tertentu saja.


Advantages

  1. Harganya terjangkau
  2. Tidak mengandung wewangian ataupun pewarna tambahan
  3. Mengandung Vitamin C yang cocok untuk kulit sensitif
  4. Tidak membuat wajah sensitif menjadi iritasi atupun gatal
  5. Untuk Acnes Derma Care Gentle Cleanser, jujur aku ngga bisa berkata banyak, karena menurut aku produknya oke tapi ngga spesial, jadi untuk kelebihan produk ini, aku kembalikan lagi kepada persepsi kalian dari review yang udah aku sampaikan di atas
  6. Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence efektif meredakan jerawat


Disadvantages

  1. Meskipun diklaim cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat, Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence sedikit membuat kulit wajahku menjadi kering dan mengelupas (disclaimer: ini sesuai pengalamanku ya, belum tentu terjadi demikian di kulit orang lain)


Price & Where to Buy

Price:

  • Acnes Derma Care Gentle Cleanser: Rp 35.000 - Rp 45.000
  • Acnes Derma Care Anti-Blemish Essence Rp 45.00 - Rp 60.000
Where to Buy: e-commerce, toko kosmetik, dll.

See you in the next post,



You Might Also Like

0 comments

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe