[EVENT REPORT] Bagaimana Cara Menulis Artikel Beauty dengan Baik | Ngopi Cantik 5

February 22, 2018


Bagi seorang penulis artikel, pengetahuan tentang bagaimana penulisan artikel yang baik dan benar itu penting banget loh, gaes. Mungkin banyak yang menganggap remeh hal ini dan asal-asalan menulis. Tapi, bagaimana seorang penulis menulis artikelnya itu juga dinilai sama pembaca. Gaya penyampaian, struktur penulisan, inti bahasan, dan kawan-kawannya itu yang dinilai pembaca, apakah pembaca masih melanjutkan membaca atau malah ditinggal.

Nah, karena aku sadar bahwa hal ini sangat penting bangi seorang penulis, aku ikutan Ngopi Cantik 5 yang diadain sama Beautiesquad nih, bareng kakak-kakak beauty blogger lainnya. Topik pembahasannya adalah "How to Write a Good Beauty Article". Topik ini dibawakan oleh kak Grisselda Nihardja selaku salah satu Lead Editor di Beauty Journal.

Excited banget dong pastinya. Apalagi pematerinya langsung dihadirkan dari Beauty Journal. Tau kan Beauty Journal? Beauty Journal itu adalah platform yang menyediakan banyak banget articles mengenai beauty. Coba deh mempir kesini journal.sociolla.com

Nah, sebagai seorang blogger dan penulis beauty article di dalam blog etherealpotato.com ini, aku lumayan sering mengalami yang namanya Writer's Block. Apa sih writer's block itu? Writer's block itu kondisi dimana sang penulis kehabisan ide, ngga tau mau nulis apa. Dan juga aku sering nih kebingungan sama materi apa sih yang penting dan diminati oleh pembaca, apa sih yang disenangi pembaca, dll.



Di Ngopi Cantik 5 ini, kak Grisselda membagikan ilmunya nih bersama kami para beuaty blogger. Dan bersyukur banget nih, beliau menjelaskan juga penyelesaian atas "kegalauan" ku. Menurut kak Grisselda, ide itu bisa dicari lewat banyak hal, bisa lewat pencarian di internet mengenai apa sih yang lagi hype saat ini, bisa lewat pencarian di Google Trends, bisa juga dari perbincangan saat lagi makan bareng temen loh. Jujur, ini kali pertama aku denger nama Google Trends, mantap banget nih sekarang jadi ngerti.

Waktu aku baca ini pun, aku bertanya-tanya, "Loh, kalau ngikutin trend dan udah banyak reviewnya, nanti traffic-nya kalah dong sama blog yang udah populer". Melompat dulu ke sesi tanya jawab, waktu sesi tanya jawab, pertanyaan ini juga terjawab nih. Menurut kak Grisselda, hal ini ngga usah dikhawatirkan, karena emang lagi trend dan hype banget, produk ini jadi sering dicari, sehingga kesempatan blog kita untuk terbaca juga lumayan besar, apalagi kalau didukung dengan SEO.

Karena ide itu sulit untuk dimunculkan, maka kak Grisselda punya saran untuk menuliskan ide yang muncul di otak kita, sebelum lupa. Penulisannya bisa di note kecil dahulu, atau di word, dll. Penulisan ide ini supaya ide kita tuh "secure" dan kita ngga lupa, apalagi dan khususnya orang-orang yang punya daya inget gold fish seperti aku ini.

Kak Grisselda juga menjelaskan kalau yang namanya jenis beauty article itu ngga cuma satu, tapi ada lima, yaitu produk rekomendasi, review, tips, tutorial, dan interview. Perlakuan untuk masing-masing jenis artikel juga berbeda-beda tentunya dengan  aspek sorotan yang berbeda-beda pula.

Untuk produk rekomendasi, tentu kita harus menyebutkan kenapa sih produk itu direkomendasikan, apa sih bagusnya produk itu, bagian mana sih keunggulannya. Terus biasanya ditulis dalam 500-700 kata nih.

Untuk review produk, penyampaiannya harus cukup detail nih karenaa berkaitan dengan keseluruhan aspek dari produk tersebut, mulai dari pembahasan kemasan, cara penggunaan, pendapat, harga produk,dll. Review produk juga bukan hanay produk yang hype aja, bisa juga dimulai dari produk yang dimiliki penulis. Ngga harus kan tiap kali keluar duit hanay demi ngikutin trend terus, mulailah dari produk yang memang dimiliki, jadi experience juga udah mungkin menjadi lebih detail. Penulisan artikel mengenai review produk biasanya ditulis sebnayak 800-1200 kata. Tentunyaa dengan foto-foto yang mendukung dan berkualitas ya, agar pembaca juga tidak jenuh.

Nah, kalau beauty article yang berbentuk tips beda lagi, kalau tips, diusahakan supaya tips yang diberikan itu tips yang practical, yang bisa membantu pembaca untuk lebih paham. Kalau beauty tips, tapi ngga mempermudah kan malah ngerepotin, ya ngga. Penulisan beauty tips juga biasa ditulis dalam rentan 500 sampai 700 kata.

Kalau tutorial, kak Grisselda menyarankan untuk menggunakan banyak foto nih, karena pembaca akan senang dan ngga bosan saat baca artikel tutorial. Tutorial akan terasa rebih rel, dan menjadi tergambarkan bila disertai foto-foto step yang memadai. Jadi paar pembaca juga ikutan paham dan dapat memvisualisasikan tutorial yang dibacanya. Sama seperti tips dan rekomendasi, tutorial juga ditulis dalam rentan kata 500-700.

Interview juga ngga kalah penting, misal aja saat datang ke event, bisa tuh meng-interview orang-orang dibalik event itu.

Di Ngopi Cantik #5 ini, kak Grisselda juga membagikan beberapa pengalamannya nih selama beliau bekerja dibalik layar Beauty Journal. Ternyata kerja tim Beauty Journal tu ngga mudah loh, mereka harus mempublikasikan 10 artikel per hari. WOW BANGET KAANN. Makanya coba deh baca artikel-artikel di Beeauty Journal (klik disini). Artikel-artikelnya super hits, kekinian, daan sangat berfaedah banget.

Nah diakhir materi yang disampaikan kak Grisselda, beliau mengkutip dari sebuah artikel dan membaagikannya pada kami, bahwa artikel yang bagus itu bisa membuat pembaca beajar sesuatu, melakukan sesuatu, dan merasakan sesuatu. Jadi artikel yaang baik itu bisa membuat pembaca jadi ikutan coba.

Acara Ngopi Cantik ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Nah kesimpulan dan jawaban-jawaban yang ditanyakan dana dijawab udah aku rangkim semua nih di materi yang baru saja aku tuliskan tadi.

Event Ngopi Cantikini emang selalu asik-asik deh. Dan tentunya ngga cuma asik, tapi juga sangat bermanfaat. Semua materi disampaikan dengan baik dari Ngopi Cantik 1 sampai Ngopi Cantik 5 ini. Ngga ada satu pun materi "ngga penting" yang dibawakan. Semua materi sangatlah berfaedah, apalagi bagi para beauty blogger. Nah kalau kamu adalah seorang beauty blogger, kepoin dan pentengin terus nih instagram Beautiesquad (klik disini). Yang bukan beauty blogger juga bisa kepoin instgram Beaautiesquaad, karena tiap minggunya ada juga Instagram Take Over daripada anggota Beautiesquad, dan tentunya materi disini masih merupakan materi tentang beauty yang super bermanfaat dong tentunya.

Nah gimana nih, gengs? Jadi tau lebih banyak kan mengenai penulisan artikel yang baik. Aku belajar banyak nih disisni, apalagi biasa orientasi aku hanya di beauty article yang berjenis review. Sekatang pengetahuan aku jadi lebih luas tentang jenus beauty article yang lainnya. Sekian dulu ya blog post kali ini.

See you in the next post,

XOXO,

ELLEN LIM

You Might Also Like

2 comments

  1. Bakalan aku bookmark nih postingannya. Nanti aku mampir lagi kalau aku lagi nau review beauty.
    Thanks sharingnya Ellen :)

    Catatanolinedotwebdotid

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah mampir kak. Semoga bermanfaat <3

      Delete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe