[REVIEW] YOU Flawless Radiance Skin Foundation, Foundation Semi Matte Lokal dengan Hasil Healthy Natural Glowing

August 01, 2020

Hai! Apa kabar nih di masa new normal ini? Semoga pada baik-baik aja ya, stay healthy, guys! Udah lama ya aku ngga review makeup, kali ini mau langsung cerita tentang foundation nih. Sebuah item yang wajib banget buat pemilik kulit bertekstur sepertiku. Foundation yang bakal aku ceritain ini under 100K loh, terjangkau banget ya. Dari judulnya pasti udah tau ding ya aku mau review foundation apa. Yupp! Aku bakal review YOU Flawless Radiance Skin Foundation.


Di blog post kali ini aku mau berbagi pengalaman aku selama menggunakan YOU Flawless Radiance Skin Foundation nih. Produk ini dirilis di bulan Juni oleh YOU bersamaan dengan 2 produk lainnya, yaitu highlighter dan two way cake. Honestly aku langsung beli ketiganya, foundation, highlighter, dan two way cake-nya, tapi masih belum tau nih bakal di-review semua atau ngga. Waktu aku beli, YOU lagi diskon 50% all item, makanya aku langsung beli semua. Yang bakal aku review pertama kali ini adalah foundation-nya, karena produk ini yang membuat aku paling penasaran sampai melakukan pemeblian. Kira-kira bagus ngga ya? Yuk langsung aja kita bahas~

About YOU

YOU merupakan brand lokal yang bisa dibilang cukup baru ya. Walau baru muncul beberapa tahun ini, brand yang satu ini udah punya banyak produk loh. Lini dari produknya juga banyak, ada skincare, ada makeup, kemudian ada makeup untuk remaja melalui lini Simplicity, ada juga beauty tools. Yang bikin brand ini semakin ternama adalah harga yang ditawarkan yang begitu terjangkau. Walau produknya terjangkau, kualitas prosuk dari YOU ini juga ngga kalah sama brand lokal lainnya loh. Untuk kantung remaja, produk YOU ini udah pasti cocok deh.

About YOU Flawless Radiance Skin Foundation


Waktu denger YOU bakal merilis foundation baru dengan harga kurang dari 100K, aku langsung excited banget. Apalagi foundation dari brand yang satu ini selalu hits di pasaran karena harga yang terjangkau. Kali ini perilisan foundation YOU Flawless Skin Foundation ini berbarengan dengan perilisan YOU Sparkling You Illuminator dan YOU Two Way Cake Compact Powder.

Dalam perilisan YOU Flawless Skin Foundation, YOU langsung merilis dalam 2 varian nih. Namanya YOU Flawless Radiance Skin untuk hasil semi matte dan YOU Flawless Matte Skin untuk hasil matte. Karena udah bosen hasil matte, aku akhirnya memutuskan untuk membeli yang hasil semi matte, yaitu yang varian Radiance. Dalam sekali peluncuran, masing-masing varian ini udah memiliki 6 shade: 01 Classic Ivory, 02 Nude Beige, 03 Soft Sand, 04 Warm Beige, 05 Golden Tan, 06 Deep Beige. Coba tebak aku pakai shade apa? Jawabannya ada di bagian Textures, Scents and Colors yaa~

Packaging

Kemasan dari YOU Flawless Radiance Skin Foundation ini mengingatkanku akan kemasan foundation Dior. Kemasannya kecil, ukuran 25 ml, bentuknya juga bisa dibilang unik untuk foundation walaupun mirip bentuk foundation brand high end lain. Walaupun kemasannya ukurannya terlihat kecil, ukuran foundation 25 ml itu merupakan hal yang wajar ya, ngga sedikit kok itu. Kemasannya terbuat dari plastik yang masih bisa ditekan dengan tutup berukuran cukup besar berwarna hitam. Kemasannya juga ngga berisik, cuma ada sticker nama produk aja.



Untuk mengeluarkan foundation-nya, dia ngga dibantu dengan pump atau apapun gitu. Kalau aku bilang tempat mengeluarkan foundation-nya ini cukup unik sih. Dia bentuknya kayak miring gitu, sekilas kayak bentuk pump giru, tapi bukan, dia menyatu sama kemasan. Dengan bentuk kemasan kayak gini nih, menurut aku ngeluarin foundation-nya tetap perlu effort. Cara ngeluarin foundation-nya adalah dengan cara dipencet bagian botolnya, which is menurut aku cukup keras ya, perlu effort. Yang perlu diperhatikan lagi adalah sulit untuk menentukan atau memeprkirakan sebarapa banyak foundation ini akan keluar dari botolnya.

Ingredients

Aqua, , Cyclopentasiloxane, Glycerin, Propanediol, Isopropyl Myristate, Isohexadecane, Mineral Oil, Cetyl Peg/Ppg-10/1 Dimethicone, Talc, Sodium Chloride, Magnesium Sulfate, Octyldodacanol, Magnesium Stearate, Phenoxyethanol, Disteardimonium, Hectorite, Octyldodecyl Xyloside, Peg-30 Dipolyhydroxystearate, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Chlorphenesin, Quaternium-18 Hectorite, Lecithin, Polyhydroxystearic Acid, Magnolia Liliflora Flower Extract, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Tocopheryl Acetate, Ethylhexyl Palmitate, Isostearic Acid, Polyglyceryl-3 Polyricinoleate, Triethoxycaprylylsilane, Parfum, Xylose, Cl 77891, Cl 77491, Cl 77462, Cl 77499.

How to Use

Cara mengeluarkan foundation dari kemasannya menurutku sedikit sulit. Untuk mengeluarkannya, kita perlu menekan badan dari kemasan botol agar foundationnya bisa keluar. Kalo cuma dibalikin doang, dia ngga bakal keluar foundationnya. Nah setelah foundation-nya keluar, tinggal aplikasiin aja deh ke wajah secara merata. Disini kamu bisa bebas memilih mau menggunakan tools apa untuk mengaplikasikannya, bisa pakai beauty sponge, brush, atau bahkan jari tangan langsung.

Textures, Scents and Colors


Tekstur YOU Flawless Radiance Skin Foundation ini cukup kental, dia ngga runny, tapi ngga sampai creamy juga. Teksturnya tuh "terasa berat" tapi ternyata engga, feelsnya tetap ringan walau nampaknay terasa berat. Menurut aku pribadi foundation YOU ini mudah untuk disebar namun sedikit lebih sulit untuk diratakan. Teksturnya sedikit lengket gitu sehingga lebih sulit diratakan. Jika diratakan menggunakan brush, maka tekstur dari brush ini akan nampak pada hasil foundation yang sudah diaplikasikan.

Yang aku suka adalah finish dari YOU Flawless Radiance Skin Foundation ini bener-bener seperti claim-nya yang bikin kulit jadi glowing dengan semi matte finish-nya. Finishnya tuh finish glowing dan ngga becek, jadi dia ngga sebecek dewy finish, dan ngga se-glowing satin finish. Emang bener sih kalau dibilang dia semi matte.


Untuk aroma, aromanya mengingatkanku akan aroma suatu merk bedak yang aku lupa merk-nya apa, tapi bedak itu bedak kuno gitu. Aromanya wangi kok, kayak aroma bedak aja. Wanginya ngga over dan ngga bau chemicals juga.

Warna nihhh.. Skin tone aku pribadi tuh neutral, tapi aku lebih prefer base yellow daripada pink, walaupun keduanya masuk di kulit aku. Jadi aku memutuskan untuk memberli shade 03 Soft Sand. Dan benar aja yang datang warnanya bisa dibilang cukup kuning sesuai ekspektasi. Namun ketika diratakan dia tuh terlihat kuning, tapi keliatan pink juga gitu loh. Jadi ngga pure kuning, masih ada hint pink-nya menurut aku.

My Opinion

Ngga kerasa, beberapa bagian di atas udah tercampur dengan opini juga hehehe. Tapi aku bakal perjelas disini kok. Bahas dulu susai urutan kali ya.


Untuk kemasan, kemasannya tuh ringkas, bisa banget dibawa buat traveling karena ukurannya yang kecil dan tutup putar berulirnya. Kemasannya juga ngga berisik, jadi aku suka. Tapi yang menurut aku kuranga dalah pump. I need foundation's pump so bad. Menurutku kalau cara penggunaannya ditekan seperti yang udah aku jelasin di atas, itu merepotkan sih. Aku jadi ngga bisa mengatur kadar foundation yang dikeluarkan juga. Beberapa kali pakai dan hasilnya selalu kebanyakan. Terus ngeluarinnya juga sedikit sulit karena harus ditekan di badan botolnya.

Next, teksturnya, aku sebenernya ngga ada masalah sama tekstur seperti ini, tapi dia sedikit tricky aja dalam pengaplikasiannya. Saran aku sih dalam mengaplikasikan, langsung aja pakai jari atau beauty sponge. Dia teksturnya ringan kok, tapi terlihat berat. Coverage-nya tuh sheer dan menurut aku ngga bisa di-build up. Karena kalau ditambahin layer, dia bakal terlihat ngedempul dengan coverage yang ngga bertambah banyak.


Untuk finish-nya sih semi matte ya. Menurut aku dia teksturnya sedikit lengket walau sudah ngeset. Tapi lengketnya sedikiiiittt kok. Tapi hasil semi matte-nya bagus kok, seperti natural glowing aja.  Finish glowing-nya bagus banget deh, bener-bener natural glowing tapi tetap nampak. Karena coverage-nya sheer banget, I think dia bakal cocok buat yang wajahnya udah mulus gitu ya, bakal keliatan makin glowing deh. Untuk pemilik wajah bertekstur sepertiku ini, rasanya dia malah kurang bisa diratakan dengan baik. Tapi tetap memberikan finish yang natural glowing juga sih.

Oh ya, untuk pemilik kulit berminyak sepertiku. Tentu foundation ini ngga bisa nahan minyak. Dipakai beberapa jam aja foundation ini udah pudar. Aku pernah coba juga dengan menggunakan masker, dia transfer ke masker.

Untuk warna, untungnya dia ngga oxidize di aku. Tapi maybe aku kurang cocok atau kurang prefer warnanya. Kalau dilihat di foto-foto shade-nya, menurut aku yang paling cocok di aku adalah shade 03 ini. Emang benar sih warnanya masuk banget di aku. Tapi setelah dilihat-lihat lagi, warnanya masih ada hint pink, jadi aku kurang suka. Tapi warna 03 ini ngga menyebabkan abu-abu gitu kok.


Advantages

  1. Harga terjangkau, under 100K
  2. Kemasan travelable
  3. Terdapat 5 shade
  4. Ringan di wajah
  5. Finish glowing natural yang bagus banget! (ini unggulan sih)
  6. Tidak oksidasi (di aku)

Disadvantages

  1. Perlu usaha untuk mengeluarkan foundation dari botol
  2. Finish sedikit lengket
  3. Terlihat berat
  4. Sheer coverage
  5. Tidak mampu menahan minyak wajah, cepat pudar
  6. Mudah transfer

Price & Where to Buy

Price : Rp 89.000 atau Rp 69.000 (sekitar segitu)
Where to Buy : e-commerce, official shops YOU

See you in the next post,



You Might Also Like

1 comments

  1. Wah menarik buat dicoba nih. Aku lagi suka pake foundation yang finishnya nggak matte :D Coveragenya juga kelihatan oke

    ReplyDelete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe