[REVIEW] Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

August 23, 2019

Blog post sebelumnya, aku udah bahas mengenai lip tint baru Purbasari, Purbasari 2in1 Color Tint. Kali ini, aku mau bahas Purbasari Pore Perfecting BB Cushion. Well, sebenarnya produk ini sudah terlebih dahulu diluncurkan sebelum lip tint, tapi aku baru sempet nyobain sekarang. Aku belinya di JXB, dengan harga bundle Purbasari Pore Perfecting BB Cushion + Purbasari 2in1 Color Tint seharga Rp 100.000 saja, best deal banget kan!! Harga kedua produk Purbasari emang bener-bener super terjangkau deh!


Lebih dari harga Purbasari yang terjangkau, aku emang penasaran banget sama Purbasari Pore Perfecting BB Cushion. Produk ini hits banget dan memperoleh review yang bagus-bagus dari para reviewer. Apalagi katanya cushion Purbasari ini bisa menutupi pore dan juga imperfections pada wajah. Ngga cuma itu juga, katanya Purbasari Pore Perfecting BB Cushion ini juga cocok untuk pemilik kulit berminyak, karena kemampuannya untuk menahan minyak. Bener ngga sih yang diklaim orang-orang? Aku mau coba buktikan sendiri nih.

About Purbasari

Siapa sih yang ngga tau brand Purbasari? Seperti semua orang tau akan brand yang satu ini. Produk yang dilahirkan oleh brand Purbasari ini memang terkenal dengan kualitas unggulan dan harga yang terjangkau. Mulai dari body care, skincare wajah, hingga produk kosmetiknya begitu menarik perhatian dan digemari masyarakat. Kini produknya semakin berkembang, terutama kosmetiknya. Mereka sekarang juga punya produk exclusives yang tergabung dalam Purbasari Hydra Series.

Purbasari Pore Perfecting BB Cushion


Purbasari Pore Perfecting BB Cushion adalah salah satu produk dari Purbasari Hydra Series. Begitu pertama kali diluncurkan, produk ini langsung hits dicari para beauty enthusiasts. Apalagi bahwa produk ini adalah ciptaan Purbasari, tentu udah percaya dong ya dengan kualitasnya ditambah dengan prediksi harga yang terjangkau. Dan benar saaj, ketika dirilis, cushion Purbasari ini bisa dibilang memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding cushion lokal pesaingnya.

Cushion dari Purbasari ini memiliki 3 shade yang sangat cocok dengan kulit orang Indonesia. Ketiga shade memiliki yellow undertone, which is undertone yang umumnya dimiliki orang Indonesia. Ketiga shade tersebut adalah 01 Light Beige, 02 Honey Beige, 03 Caramel. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion juga sudah dilengkapi dengan SPF 18 PA+++ dan diklaim memiliki sifat oil absorber. Mendengar dari namanya, tentu salah satu klaim lainnya dari produk ini adalah kemampuan untuk membuat pori-pori menjadi tampak lebih sempurna.

Packaging



Aku suka banget sama kemasan dari Purbasari Pore Perfecting BB Cushion. Kemasannya ngga berisik dan simple. Karena warnanya yang hitam dan juga hanya dihiasi logo Purbasari berwarna gold, kemasan cushion ini jadi terlihat lebih classic. Untuk bentuknya sebenarnya sama saja dengan bentuk cushion lain. Oh ya, jangan lupa juga untuk melepas sticker yang ada dibalik cover penutup, sebar itu adalah kaca~ Jadi cushion ini manatap banget nih, udah dilengkapin sama kaca segala. Di dalamnya juga udah ada puff berwarna hitam, jadi kalau kotor ngga begitu terlihat deh. Sebelum menyentuh cushion-nya juga udah dilengkapi sama sticker segel pelindung, jadi higienis gitu.

Oh ya, waktu mendapatkan Purbasari Pore Perfecting BB Cushion, ada kemasan kartonnya juga ya. Di kemasna karton inilah semua informasi sudah jelas tertera. Di sana udah ada keterangan mengenai klaim. ingredients, cara pakai, dll. Kalau di kemasna cushion-nya sendiri sih informasinya hanya yang sederhana. Jadi kalau mau informasi lengkap langsung aja baca di kemasan kartonnya.

Ingredients


Water, Cyclopentasiloxane, Cyclohexasiloxane, Titanium Dioxide, Synthetic Fluorphlogopite, PEG-10 Dimethicone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butylene Glycol, Cetyl Ethylhexanoate, Silica, Pentylene Glycol, Lauryl PEG-10 Tris (Trimethylsiloxy) Silylethyl Dimethicone, Magnesium Sulfate, Phenoxyethanol, Disteardimonium Hectorite, Triethoxycaprylylsilane, Aluminum Hydroxide, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Sodium Hyaluronate, Tocopheryl Acetate, Ethylhexyglycerin, Disodium Edta, BHT.

May contain : Cl 77492, Cl 77491, Cl 77499

How to Use

Cara menggunakannya jauh lebih simple daripada menggunakan foundation. Caranya cukup tekan busa dalam casing secara perlahan menggunakan puff yang tersedia. Kemudian aplikasikan dengan ditepuk-tepuk lalu diratakan pada wajah. Menekan ke busa yang mengandung BB Cream-nya bisa dikira-kira ya, jadi ngga kebanyakan atau terlalu sedikit.


Textures, Color, & Scent


Untuk tekstur dari Purbasari Pore Perfecting BB Cream, teksturnya creamy namun tidak terlalu padat seperti BB Cream pada umumnya. Creamy dari cushion Purbasari ini creamy yang cair selayaknya foundation. Tekstur yang seperti ini membuat Bb Cream mudah diratakan dan juga membantu mengisi pori-pori.

Yang aku punya dan gunakan adalah shade 01 Light Beige. Shade ini cocok banget masuk ke warna kulitku yang fair neutral undertone. Warna 01 Light Beige ini juga memiliki yellow undertone walau dia adalah shade paling terang dari semua shade yang ada. Warna dari shade ini juga ngga terlalu putih, masih sangat cocok untuk masuk ke warna kulit orang Indonesia. Untuk aromanya juga enak kok, seperti wangi bedak. Aromanya tidak mencolok, sehingga menurutku cocok digunakan untuk pemilik hidung sensitif.

My Opinion


Aku suka banget nih sama konsep Purbasari Pore Perfecting BB Cushion ini. Karena isinya udah lengkap banget, dari kaca, puff, dan lid pelindung. Kacanya juga full dan lumayan besar, jadi nyaman banget untuk bercermin. Nah sayangnya, waktu aku pertama kali buka, aku notice nih kalo busa cushion-nya ngga full berisi BB Cream, entah kenapa. Selain itu, sebenernya cushion Purbasari ini bisa di-refill kalau uda habis, sayangnya aku belum pernah liat yang jual refill-nya aja.

Mengenai peformanya nih, waktu menggunakan produk ini, aku langsung suka karena warnanya udah pas banget. Ketika diratakan juga ngga bikin wajah nampak abu-abu. Coverage-nya juga oke, tentu ngga samapi full coverage, tapi lumayan menutup bekas jerawat. Aku juga setuju sama klaim menyempurnakan pori-pori, emang bener pori-pori aku langsung ter-cover dengan Purbasari Pore Perfecting BB Cream ini. Yang aku sukai lagi adalah produk ini juga ngga bikin cakey kok, ngga creasing juga, bener-bener like a second skin. Lebih suka lagi karena finish-nya yang semi matte, jadi dia cukup matte tapi ngga flat matte, masih ada dewy-nya sedikit, tapi aman untuk kulit berminyak.


Ketahanan dari Purbasari Pore Perfecting BB Cream ini juga oke loh. Umumnya BB Cream cuma tahan 2 jam di kulit aku yang super berminyak. Tapi cushion Purbasari ini bisa tahan 6 jam loh! Kualitasnya hampir menyusul foundation nih. Setelah 6 jam penggunaan, emang wajah udah terasa berminyak sih, tapi BB Cream-nya masih nempel di wajah. Padahal pada BB Cream umumnya 2 jam aja BB Cream-nya malah udah hilang. So, ini oke banget sih Purbasari Pore Perfecting BB Cushion.

Sadly, yang paling paling paling aku sayangkan, setelah beberapa kali mencoba Purbasari Pore Perfecting BB Cushion, sepertinya kulit wajahku kurang cocok dengan produk ini. Karena setelah aku amati, setelah menggunakan cushion Purbasari ini, wajahku selalu beruntusan, jerawat kecil-kecil gitu deh. Tapi aku masih akan mempelajarinya lebih lanjut, apakah bener karena cushion ini atau ada penyebab lain.


Advantages

  1. Harga terjangkau
  2. Kemasan menarik, simple, classic
  3. Lengkap dengan kaca, puff, dan lid pelindung
  4. Tersedia dalam 3 shade
  5. Semua shade cocok untuk kulit Indonesia
  6. Blendable
  7. Semi matte finish
  8. Tidak menyebabkan warna abu-abu
  9. Tidak cakey maupun creasing
  10. Coverage cukup oke
  11. Dapat menyempurnakan pori-pori
  12. Tahan lama (6 jam kalau di aku)


Disadvantages

  1. Belum tersedia refill
  2. Menyebabkan beruntusan (di aku)


Price & Where to Buy

Price : Rp 120.000 di Official Purbasari || +/- 90.000 di Online/Offline Stores

Where to Buy : Official Purbasari || Online/Offline Stores

See you in the next post,


You Might Also Like

19 comments

  1. I've never heard about this brand but cushions are my favourite - I can't go back to foundation anymore :)

    ReplyDelete
  2. Waaahh ini sih bner2 cusion andalan aku banget kk cantik,, syuka juga sama perfoma nya cusion Purbasari inihh

    ReplyDelete
  3. Sempat pengen beli, tapi entah kenapa selalu mikir mikir, btw thanks ya mba reviewnya

    ReplyDelete
  4. wow, murah banget ya seratus ribu udah dapat cushion sama color tint nya, tapi kalau bikin bruntusan sih aku kayaknya pass ah :( sayang soalnya kalau bruntusan ilangnya lama huhuhuuu

    ReplyDelete
  5. Mupeng ingin cobain nih kebetulan cushion ku abis tar beli purbasari ah

    ReplyDelete
  6. waaah aku belum pernah cobain ini nih llen, jadi pengen nyobain juga deh penasaan banget soalnya, mau pilih shades dulu aaah hehhe

    ReplyDelete
  7. Purbasari pore perfecting bb cushion memang di cari wanita karena harga murah dan tahan lama 6 jam . ok banget buat jalan jalan tidak.perlu touch up make up melulu

    ReplyDelete
  8. Cushion ini lagi hits bgt nih akhir2 ini. Penasaran deh sama hasilnya di kulit wajah gimana. Apalagi klaimnya bisa mengcover pori2.

    ReplyDelete
  9. BB Cushion nya Purbasari kok cakep banget sih? Coverage gitu yaa di kulit. Kadi mauuu

    ReplyDelete
  10. Packagingnya oke banget dan elegan.. tapi kalau beruntusan berarti ngg cocok di kulitmu dong mba?

    ReplyDelete
  11. Waah so lucky bisa dapet cushion sama color tint cuma 100ribu aja
    Aku juga rencananya awal bulan mau beli cushion ini nih soalnya lumayan bagus juga yaa dengan harga segitu

    ReplyDelete
  12. Ternyata Purbasari ini sudah ada cushion ya, jadi pengen nyobain cushion Purbasari ini juga

    ReplyDelete
  13. wah purbasari ada bb cushion juga ya.. ah jadi pengen cobain yang light beige nya deh.. ^^

    ReplyDelete
  14. Wah lumayan nih bisa tahan 6 jam tapi berarti harus dipulas lagi ya setelah 6 jam? Aku suka kemasannya, elegant.

    ReplyDelete
  15. Purbasari adalah salah satu merek lokal favoritku mbak :D
    Tapi blm pernah nyobain BB cushionnya ini. Baca review ini aku pengen jajal, ntr ah coba belanja onlen makasih infonya :D

    ReplyDelete
  16. Praktis yaa...produk BB Cushion Purbasari.
    Selama ini hanya kenalan sama lipennya doank..

    ReplyDelete
  17. Cushion ini murah banget astaga. Aku pernah pakai BB Cushion Purbasari dan di aku bagus gak bikin breakout padahal kulitku super oily dan sangat sensitif. Aku penasaran banget sama si cushion purbasari iniiii.

    ReplyDelete
  18. salah satu cushion yang jadi wishlist saya nih mbak, sejak awal muncul udah pengen nyobain tapi belinya musti online ya, saya lebih suka beli offline biar bisa lihat langsung warnanya

    ReplyDelete
  19. waaaa nagus yaa sayang aku scroll2 mba ga cantumin foto yang pas di pake di wajah, nice review :*

    ReplyDelete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe