[REVIEW] Erha Acne Care Lab Series, Skincare yang Ampuh Mengusir Jerawat dalam 1 Minggu

March 26, 2019

Punya kulit yang mudah berjerawat? Aku banget! Ngga cuma berjerawat aja, tapi jerawat susah banget mengempes dan sering berbekas pula. Mending kalau jerawatnya cuma satu atau dua, jerawatku kalau tumbuh langsung rombongan, kadang sambil beruntusan juga. Bete banget kan.


Jujur aja, aku sulit banget menemukan skincare yang cocok di kulit aku, karena kulitku emang sangat sensitif dengan bahan kimia dalam beberapa skincare. Jadi aku kesulitan menemukan obat jerawat yang ampuh mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Tapi karena salah satu teman aku merekomendasikan produk Erha Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Moisturizer, aku jadi langsung penasaran sama produk-produk ini.


Erha Clinic di Kemang
cr : erha

Udah pada tahu tentang Erha kan ya? Erha Skin, Hair & Laser Expert adalah sebuah klinik kecantikan yang terkenal dengan pelayanan dan praktik professional mereka. Erha Clinic yang tersebar di berbagai kota di Indonesia ini juga menyediakan jasa konsultasi dengan dokter professional (dermatologist) untuk rekomendasi perawatan, sekaligus menyediakan berbagai macam perawatan, termasuk perawatan kulit berjerawat khususnya Blue Light Therapy di Erha Clinic.

Karena image mereka sebagai sebuah klinik, aku pikir kalau mau beli produk mereka harus lewat resep dokter dulu atau ke klinik untuk konsultasi dulu, ternyata engga loh! Sekarang kita bisa membeli produk skincare Erha tanpa resep dokter/konsultasi di Erha Apothecary. Di sana kita bisa beli tuh berbagai macam skincare dari Erha sesuai dengan kebutuhan kulit kita masing-masing. Karena bisa dibeli tanpa resep dokter dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kulitku sendiri, aku cobain deh si Erha Acne Care Lab Series dan produk terbaru mereka, Erha Gentle Acne Moisturizer.

Erha Apothecary
cr : erha

Erha Clinic maupun Erha Apothecary dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia, apalagi kota besar. Kerennya lagi, Erha Apothecary hadir dan sangat mudah ditemui di mall, di Bandung juga banyak loh. Produk Erha Acne Care Lab Series dan Gentle Acne Moisturizer juga merupakan produk Over the Counter (OTC) yang pastinya bisa langusng ditemukan di Erha Apothecary manapun dan tentunya bisa dibeli tanpa resep dokter.

Erha Acne Care Lab Series awalnya terdiri dari 4 produk, kini ditambah dengan satu produk baru yaitu Gentle Acne Moisturizer. 4 produk sebelumnya terdiri dari ASCBP Scrub, Clarifying Gel, Acne Sun Friendly, dan Acne Spot Gel. Kelima produk ini sangat cocok sebagai perawatan kulit berjerawat. Tanpa panjang lebar, yuk kita bahas satu per satu.

Acne Care Lab ASCBP Scrub


ASCBP itu apa sih? Pasti pada penasaran ya. ASCBP adalah singkatan untuk Acne Cleanser Scrub Beta Plus. Produk ini merupakan cleanser ber-scrub yang mampu mengangkat kotoran wajah yang menyumbat pori dan mengangkat sel kulit mati karena kandungan Salicylic Acid. Cleanser yang satu ini juga cocok banget untuk mencegah jerawat karena mengandung Sulphur juga loh. Dari kandungan aja udah keliatan oke ya untuk mengatasi jerawat.

Dengan kemasan berukuran 60 gram, ACSBP Scrub dikemas dengan gaya yang minimalist but friendly. Dominasi warna putih dengan biru membuat kemasannya terlihat minimalist tapi juga friendly. Kemasan yang terbuat dari plastik yang cukup elastis juga membuat produk ini aman ketika dibawa travelling ataupun ketika terjatuh. Mulut botolnya juga cukup besar sehingga sangat mudah untuk mengeluarkan produk didalamnya, menekannya ngga perlu pakai usaha keras.


Cara menggunakan produk ini juga sangat mudah, yaitu dengan cara mengaplikasikannya ke wajah yang sudah dibasahi dan pijat dengan lembut, lalu bilas hingga bersih deh. Tapi kalian tahu ngga sih cara menggunakan cleanser untuk pemilik kulit sensitif? Keluarkan produknya ke telapak tangan basah terlebih dahulu, lalu gosok kedua dengan kedua telapak tangan hingga berbusa, kemudian aplikasikan busa ke wajah. Yepp, membersihkan wajahnya dengan busa yang dihasilkan. Busanya juga bukan busa shampoo yang banyak banget gitu ya, lebih ke busa sabun bayi yang lembut. Produk ini direkomendasikan untuk digunakan setiap hari, pagi dan malam hari secara rutin untuk hasil maksimal. Aman kok untuk kulit sensitif, tapi tetap hindari menggosok jerawat aktif ya.


ACSBP Scrub ini berwarna hijau muda dengan scrub berwarna hijau tosca. Scrub-nya banyak, tapi sangat halus sehingga cocok untuk kulit sensitif dan kulit berminyak. Untuk kulit kering berjerawat juga cocok karena cleanser ini tidak membuat wajah menjadi kering. Tekstur dari cleanser yang satu ini cenderung creamy cair, sehingga tidak sulit untuk dikeluarkan dari kemasan, ngga usah khawatir kebanyakan juga karena kita bisa mengaturnya dengan mudah. Rasanya juga terasa sangat ringan dan wanginya enak, tidak mengganggu, justru malah cukup calming. Setelah membersihkan wajah dengan produk ini, wajah terasa jauh lebih bersih, kiset, lembut, dan juga halus.

Acne Care Lab Clarifying Gel


Clarifying Gel merupakan produk Erha21 yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat, membantu mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Di dalamnya terdapat kandungan Salicylic Acid, Nicotinamide, AHA, dan Sebum Regulator yang mampu mengurangi dan mengontrol minyak berlebihan sekaligus mengurangi kemerahan pada kulit. Pada kemasan juga tertulis kandungan Niacinamide dan AHA Complex yang umumnya dapat membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

Kemasan dari Clarifying Gel membuat produk ini terlihat mencolok berbeda dengan yang lain. Jika ACSBP dikemas dalam kemasan tube, Clarifying Gel dikemas dalam botol berukuran 60 ml. Walau berbentuk botol, produk ini masih travel friendly, apalagi dengan tutup botol yang begitu rapat. Selain itu, mulut botolnya juga tidak terlalu kecil, sehingga gel dapat dengan mudah dikeluarkan.


Gunakan Clarifying Gel ini setiap hari, pagi dan malam setelah membersihkan wajah dengan ACSBP. Langsung saja aplikasikan Clarifying Gel ke wajah secara merata dengan tangan yang bersih, lalu tunggu hingga kering.

Produk ini memiliki tekstur gel yang cair dan terasa seperti ada tekstur pasir yang sangat-sangat kecil, saking kecilnya tuh sampai ngga bisa dilihat. Karena tekstur gel-nya cair, yang bikin aku amaze sama produk ini adalah kemampuan perataan dia yang sangat luas, jadi tinggal tuang sedikit saja udah bisa meng-cover satu wajah, aku biasa hanya pakai 3 tetes saja loh, super irit! Selain itu, si pasir-pasir kecil yang terasa tu lama-lama tidak terasa dan seperti melt ke kulit wajah. Ngga cuma itu, kemampuan resapnya juga sangat cepat, sehingga kita bisa langsung menggunakan step berikutnya. Setelah menggunakan Clarifying Gel, wajah terasa lembab dan juga terlindungi sepanjang hari/malam.

Acne Care Lab Gentle Acne Moisturizer


Setuju ngga sih kalau aku bilang moisturizer tuh penting banget? Kulit kering, kulit berminyak, bahkan kulit sensitif pun semuanya membutuhkan moisturizer untuk menciptakan kulit sehat yang kenyal dan selalu terlindungi. Apalagi produk terbaru Erha21 Gentle Acne Moisturizer ini bisa digunakan untuk pagi dan malam hari sekaligus.

Pada kulit berjerawat dengan jenis kulit apapun (kulit sensitif, kulit berminyak, kulit kering), umumnya terjadi gangguan atau kerusakan pada barrier kulit. Selain itu, penggunaan perawatan jerawat umumnya semakin memperparah kondisi barrier kulit dan menyebabkan kulit menjadi kering dan teriritasi. Oleh karena itu, Erha21 menciptakan inovasi Gentle Acne Moisturizer ini sebagai pelembab yang mampu melembabkan, memperbaiki, dan memperkuat barrier kulit. Ngga cuma itu, produk ini juga mampu mengatasi dan mencegah jerawat loh.


Di dalam Gentle Acne Moisturizer, terkandung bebagai macam bahan yang sangat membantu dalam mengatasi berbagai macam permasalahan jerawat dan barrier kulit. Contohnya saja kandungan Granactive Acne dan Salicylic Acid yang bekerja secara sinergis untuk mengatasi dan mencegah timbulnya jerawat baru. Lalu ada Ceramide Complex, Gluconolactone, dan Betain yang mampu mengembalikan kelembaban dan fungsi proteksi barrier kulit. Ada juga Zinc Gluconate dan Niacinamide yang mampu mengontrol minyak berlebih dan menjadikan wajah bebas kilap. Selain itu, ada juga kandungan Allantoin, Alpha-Bisabolol, dan Niacinamide sebagai anti-inflamasi dan membantu proses wound healing. Banyak banget kan ya manfaat dari satu produk ini doang, mantap!

Gentle Acne Moisturizer hadir berbeda dari dua produk sebelumnya, kali ini dia hadir menggunakan kemasan karton terlebih dahulu. Kemasan kartonnya juga sangat berguna agar moisturizer di dalamnya tetap terlindungi, selain itu juga dilengkapi dengan segel, so pastikan masih tersegel ya. Kemasan moisturizer-nya sendiri juga berbeda dari umumnya, justru bentuknya menyerupai kemasan acne spot dengan versi ukuran yang lebih besar yaitu 30 gram. Tapi karena bentuknya ini, justru memudahkan untuk mengaplikasikan moisturizer, apalagi dengan aplikator yang cukup panjang ini, seperti mengaplikasikannya langsung at the right spot!


Untuk menggunakan Gentle Acne Moisturizer, langsung saja aplikasikan ke seluruh wajah hingga merata. Aplikasikan setelah menggunakan Clarifying Gel ya. Sama dengan produk-produk sebelumnya, Gentle Acne Moisturizer dianjurkan untuk digunakan setiap pagi dan malam hari.

Tekstur dari Gentle Acne Moisturizer hampir sama dengan Clarifying Gel, hanya saja lebih padat. Menurut aku wanginya sedikit mencolok, tapi lama-lama juga ngga tercium kok, untuk awal penggunaan memang butuh pembiasaan terlebih dahulu. Produk ini juga irit banget, hanya tiga tetes udah bisa meng-cover satu wajah, kemampuan penyebarannya juga perlu diacungi jempol. Kemampuan serap dari Gentle Acne Moisturizer ini juga sangat cepat, lebih cepat dari Clarifying Gel, dan juga tidak lengket ketika sudah menyerap. Setelah menggunakan Gentle Acne Moisturizer ini, wajah terasa semakin lembab terus juga kenyal, serasa memiliki kulit sehat banget deh pokoknya.

Acne Care Lab Acne Sun Friendly


Untuk proteksi kulit wajah dari paparan sinar matahari, tentu yang kita butuhkan adalah sunscreen. Apalgi untuk kulit berjerawat, paparan sinar matahari bisa bikin jerawat makin meradang dan membekas, ngga mau kan? Makanya yuk biasakan pakai sunscreen.

Suncreen Acne Sun Friendly memiliki UV Protector SPF 30 PA+++ yang mampu memberikan perlindungan pada wajah terhadap dampak buruk paparan sinar matahari. Produk ini juga mengandung Sebum Regulator untuk mengontrol dan menyerap minyak berlebih serta mengandung Antibakteri yang mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, sunscreen ini juga memiliki formula yang non comedogenic dan non acnegenis atau tidak menimbulkan komedo maupun jerawat.

Kalau soal kemasan, bentuk kemasannya hampir sama dnegan kemasan ACSBP Scrub, namun ukurannya lebih kecil yaitu 30 gram. Bentuk kemasannya sama-sama tube, dengan mulut botol yang cukup besar juga sehingga produk mudah dikeluarkan. Karena ukurannya yang cukup mini, produk ini sangat travel friendly, ditambah dengan tutup yang kencang dan vacuum.


Nah, cara menggunakan Acne Sun Friendly sedikit lebih khusus daripada yang lain. Cara pakainya hanya tinggal diaplikasikan ke wajah secara merata setelah menggunakan Gentle Acne Moisturizer dan re-apply setelah tiga jam. Namun, produk ini tidak disarankan untuk digunakan ketika kita sedang memiliki jerawat aktif. Jadi hanya gunakan produk ini ketika sudah tidak ada jerawat atau hanya tersisa bekas jerawat saja ya.

Yang aku suka dari Acne Sun Friendly ini adalah teksturnya yang ngga runny dan memiliki  kemampuan penyebaran yang luas, jadinya irit deh. Terus juga sunscreen yang satu ini ngga menimbulkan white cast sama sekali. Terus kemampuan serapnya juga oke banget, sangat cepat. Nah tapi Acne Sun Friendly ini sedikit lengket walau sudah meresap, tapi tidak mengganggu sama sekali kok. Selain itu, yang aku suka adalah sunscreen ini ngga bikin muka jadi hinyai alias berminyak, jelas dia mengandung minyak, tapi sangat sedikit, justru malah wajah terlihat glowing layaknya korean glowing, seperti kulit sehat deh.

Acne Care Lab Acne Spot Gel


Salah satu produk yang paling dicari ketika jerawat bermunculan, Acne Spot Gel! Acne Spot Gel juga merupakan salah satu produk dari series ini yang bikin aku penasaran. Produk ini mengandung Sulfur dan Salicylic Acid yang efektif untuk merawat kulit yang berjerawat. Ngga hanya itu, Acne Spot Gel milik Erha21 juga telah teruji secara klinis dapat membantu mengurangi jerawat dan noda hitam bekas jerawat sejak hari ketiga pemakaian.


Acne Spot Gel memiliki kemasan seperti Gentle Acne Moisturizer dengan ukuran yang lebih kecil yaitu 10 gram. Karena tutupnya yang cukup panjang, aku pikir aplikatornya juga akan panjang seperti Gentle Acne Moisturizer, tenyata tidak. Aplikatornya sangat pendek rupanya, namun tidak mengurangi kegunaan dia sih, so it's fine. Karena kemasannya yang mini, produk yang satu ini juga travel friendly, mudah banget dimasukan ke dalam tas maupun pouch.

Cara menggunakan Acne Spot Gel sangat mudah tentunya, tinggal diaplikasikan atau ditotolin ke jerawat dan sekitarnya, terus biarin kering deh. Nah, kebalikan dari Acne Sun Friendly yang tidak disarankan untuk jerawat aktif, justru Acne Spot Gel ini hanya dipakai ketika ada jerawat aktif.


Produk ini memiliki gel yang cukup padat dengan warna kuning seperti ada partikel-partikelnya gitu, tapi ngga terasa partikelnya. kalau diaplikasikan dan diratakan, warnanya akan menjadi bening dan transparan, jadi produk ini sangat cocok digunakan baik pagi atau malam hari. Acne Spot Gel ini juga cepat menyerap, kagum aku sama produk-produk Erha yang kecepatan serapnya sangat cepat. Walaupun produk ini diaplikasikan ke jerawat aktif, waktu terkena gel-nya tidak terasa perih loh, suka sekali~

Kesan dan Hasil Penggunaan
(setelah satu minggu)


Awalnya aku emang udah memiliki jerawat yang besar-besar beserta bekasnya. Bisa dilihat di foto kalau jerawat aku emang lagi parah banget karena mau datang bulan. Believe me, aku lagi berada di titik yang sedih banget karena jerawat lagi parah bermunculan dan ngga ada obat jerawat yang bisa menolongku. Maka dari itu aku mencoba perawatan kulit berjerawat dari Erha21 ini.

Setelah kurang lebih satu minggu penggunaan, kalian bisa lihat sendiri di foto. It's like I've found a miracle! Cuma seminggu loh, tapi jerawat aktif aku udah mulai jinak alisa mengempes. Terus bekas jerawat juga udah samar banget (di foto sampai ngga keliatan). Really, aku ngga berharap hasilnya sebegitu bagusnya.

Blue Light Therapy

Kalau kalian memiliki masalah jerawat yang lebih kompleks lagi, kalian bisa langsung ke Erha Clinic, konsultasi dengan Dermatologist professional Erha untuk mendapatkan rekomendasi Blue Light Theraphy.

cr : erha

Blue Light Therapy sendiri merupakan advanced treatment menggunakan paparan sinar biru dengan panjang gelombang 415 nm yang mampu membantu mengatasi jerawat. Sinar biru ini akan beinteraksi dengan bakteri P. acnes, yang merupakan bakteri penyebab jerawat, dan sinar biru akan menyebabkan bakteri ini mati sehingga jerawat mereda. Blue Light Therapy ini juga sangat efektif dalam mengurangi peradangan pada jerawat aktif. Sinar biru itu kayak gimana sih? Coba tengok langsung dari foto yuk. Keren kan ya.
 

Kalau kalian mau tahu lebih banyak lagi mengenai therapy di Erha, kalian bisa langsung ke link ini ya erha.co.id/laser . Kalau mau cobain advanced treatment blue light theraphy, langsung aja kunjungi Erha Clinic terdekat di kota kalian ya. Di sana kalian juga bisa langsung konsultasi dan tanya lebih dalam lagi.

See you in the next post,

XOXO,

ELLEN LIM

SOCIAL MEDIA :
Website : erha.co.id
Instagram : @erha.dermatology


You Might Also Like

27 comments

  1. Aku dulu beliin sepaket ini buat suami tapi ujung2nya aku lg yang pake haha..acne spot gel nya gokill deh cocok bgt sma aku

    ReplyDelete
  2. Waw ,ngefek banget itu di kulit kamu ya beb. Emang kalau udah dateng jerawat gitu bikin stress ya.

    ReplyDelete
  3. itu keliatan banget afternya jadi samar2 gitu jerawatnya 😍

    ReplyDelete
  4. Aku jadi pengen coba yg scrubnya deh len. Cocok untuk yang kulitnya sensitif ya berarti, bisa dipakai tiap hari pula

    ReplyDelete
  5. Wah penasaran sama spot gelnya. Kelihatan banget yah hasilnya beb

    ReplyDelete
  6. waaah aku belum nyobain nih yang erha acne series nya ini, baru nyobain yang shampoo anti dandruff nya nih hehehe

    ReplyDelete
  7. Cocok banget buat tipe kulitku nih banyak jerawat dan bekasnya

    ReplyDelete
  8. Kering jerawatnya yaaa baru tau ada brand erha ini penasaran pengen coba😍😍

    ReplyDelete
  9. Duu pengen ini pas lg jerawatan pula, asyik ada spot gelnyaa

    ReplyDelete
  10. aku malah jadi penasaran sama blue light therapy nya wkwk tapi pasti meholita yah sister :"""

    ReplyDelete
  11. wah acne care lab sepertinya efektif banget yaaa ilangin jerawat bandel

    ReplyDelete
  12. Tapi kalau pakai ini bakal ketergantungan gak kak?

    ReplyDelete
  13. Jadi penasaran banget sama produk nya erha ini karena liat hasil before afternyaaa..

    ReplyDelete
  14. Waah jadi penasaran banget sama produknya erha ini karena liat before afternya...

    ReplyDelete
  15. Penasaran secara aku ini acne juga, tp aku blm berani coba2 yang lain

    ReplyDelete
  16. Waw hasilnya nyata banget yaa 😍👍

    ReplyDelete
  17. Kita punya masalah kulit yg sama, acne + susah dpt produk skincare yg cocok 😭.. ume jd pgn nyoba ih

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. aku penasaran sama scrubnya, kayaknya enak dipakai, ya :)

    ReplyDelete
  20. Penasaran banget sama rangkaian erha ini. Apalagi kalau lagi dapet suka breakout. Ntar ku coba ah.

    ReplyDelete
  21. Wah kepo aku erha skincare. sempet colek2 pas lagi lewat sih cuma waktu itu blm tertarik hihi

    ReplyDelete
  22. Belum pernah cobain Erha yang seri ini. Tapi berhubung suka jerawatan, kayaknya masuk wishlist deh ini. Makasi Ellen reviewnya!

    - Fiarevenian

    ReplyDelete
  23. Widih ulasan nya lengkap.... Next klo jerawatan cus ke erha ajah

    ReplyDelete
  24. Progress-nya mantap, kehitung mulus sih itu beb. Kan jd tergiur coba 😆

    ReplyDelete
  25. Aq pengen banget nyobain produk erha karna kulit ku kusam... Dan berminyak dan tmn" aq pada bilang bagus produk nya.. Bikin aq ngelier buat cobain produk nya

    Nama ig aku nuryulianti34

    ReplyDelete
  26. Wah...reviewnya lengkap banget kak menjawab semua pertanyaan akuu bener2 membantu bgt makasihhh ya kak sukses selalu~

    ReplyDelete
  27. Halo kak! Makasih banget udah bikin review produk ini! Aku demen kaka ngebahas teliti nyampe bagian ingredients dibahas juga. Karena kebanyakan review produk skincare tidak Nyantumin & ngejabarin si ingredients nya, padahal itu tuh penting bangettt. Aku ada rencana mau beli produk erha acne series inii, semoga cocok buat aku dan buat kalian yang mau beli jugaa🥺 oiya jangan lupa cuci tangan n jaga kesehatan, serta pakai masker ya semuanyaa!

    ReplyDelete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe