[REVIEW] City Color Brush Cleaning Sponge

October 25, 2017


Hayoo, siapa yang males bersihin brush makeup? Bersihin brush makeup itu penting loh. Jangan ngeremehin soal membersihkan brush makeup. Salah satu efek dari kemalasan membersihkan brush makeup adalah.. wajah kamu bisa JERAWATAN! OH NOOO!!

Baca juga [BEAUTY TALK] Pentingnya Membersihkan Brush Makeup & Cara Membersihkannya


Nah, kali ini aku mau memberi salah satu cara nih untuk membersihkan brush. Tapi kegunaan alat ini sebenernya bukan untuk 'mencuci' brush, tapi untuk membersihkan warna dari powder yang barusan digunakan, contohnya adalah untuk pergantian warna eyeshadow.

Pasti sering kan mau ganti warna eyeshadow tapi warna sebelumnya masih tersisa di brush? Nah, mungkin alat ini bisa jadi perfect solution buat kamu pecinta eyeshadow. Nama tools ini adalah #drumroll City Color Brush Cleaning Sponge!


Aku beli produk ini karena aku adalah pecinta eyeshadow yang suka banget gonta-ganti warna, tapi kadang terhalang dengan masih tersisanya warna eyeshadow sebelumnya di brush yang mau aku pakai. Oleh karena itu, aku beli produk ini yang sepertinya bisa memecahkan masalahku. Hmm.. Kira-kira gimana ya pendapat aku tentang produk ini? Apakah sesuai ekspektasiku? Yuk baca selengkapnya~

City Color Brush Cleaning Sponge ini aku beli di online shop dengan harga 90.000. Mahal bingiitttzzz. Aku shock waktu beli produk ini karena harganya yang sebegitu tingginya untuk produk beginian aja. Tapi aku pikir siapa tau produk ini memang bagus banget sampai mahal gitu. Maka dari itu, aku coba deh produk ini walau harganya selangit gitu.


Packagingnya sendiri dia bentuk tabung pendek dengan warna dasar perak dan berhiaskan sticker keterangan berwarna pink. Di bagian atas, cuma keterangan nama produk dan slogan (?). Di bagian bawah, ada claim, how to use, barcode sama distributor. Semuanya ditulis dalam bahasa Inggris dan ada satu bahasa lagi, tapi kurang tau bahasa apa :3


Claim :

No water needed for powder brushes

How to use :

Swirl brush around sponge to remove powder makeup

Supaya ngga bingung, aku kasih translate bahasa Indonesianya aja~

Klaim :

Tidak perlu menggunakan air

Cara penggunaan :

Putar brush di atas spns untuk menghilangkan bubuk makeup


Cara membuka produk ini sih mudah, yaitu dengan cara menarik tutupnya ke atas. Dia model buka-tutupnya bukan yang model diputar yang ada alurnya, tapi kalau mau membuka dengan cara diputar sambil ditarik ke atas ya monggo silahkan. Dia tutupnya kenceng banget, jadi ngga usah khawatir bakal sering lepas atau gimana.


Dari namanya, udah jelas banget kalau ini spons pembersih brush, tentu isi bagian dalamnya adalah spons. Spons-nya bukan spons seperti spons beauty blender, ataupun spons cuci piring. Spons-nya itu seperti jaring-jaring gitu modelnya, tapi dia bukan jaring.

Sponsnya juga bisa dilepas dari wadahnya, jadi mungkin kalau mau ganti spons atau mau mencuci spons lebih mudah.


Tekstur spons-nya sendiri itu empuk, ngga kenyal. Terus dia crunchy gitu (emang makanan -_-, bahasa gue aneh banget), pokoknya dia intinya dia teksturnya enak banget, meyakinkan kalau dia bisa dibuat membersihkan powder makeup dari brush.

Spons-nya cukup tebal. Mestinya sih tampungan powder yang bisa dia serap lebih banyak ya.

Pori-pori spons juga banyak dan berukuran cukup besar. Secara logika sih seharusnya karena dia kasar gini, berarti kotoran semakin mudah terangkut yah.

Salah satu yang bikin aku suka adalah warna sponsnya yang hitam. Jadi ngga begitu kelihatan gitu kalau nantinya udah kotor, tidak terlihat menjijikan.

Next adalah peforma dari City Color Brush Cleaning Sponge~


Jadi aku coba menggunakan crease brush yang udah aku pakai dengan warna coklat tua

Lalu aku swirl crease brush aku ke City Color Brush Cleaning Sponge

Ta-dah! Beginilah hasilnya!


Dari gambar, keliatan banget kalau ngga bersih ya. Padahal udah aku swirl berkali-kali, bahkan sekuat tenaga. Si crease brush aku masih gitu tuh. Ya memang sih ada bedanya, dia jadi agak lebih bersih, tapi ngga yang sampai hampir putih seperti warna crease brush bersih habis cuci.

Aku memang ngga expect banyak, tapi at least kan dia hampir putih atau lebih bersih daripada itu kali ya.

Cukup kecewa :'(

TAPIIIII.. Lumayan banget kok. Daripada ngga dibersihin, ini beneran lumayan banget. Walau ngga sebersih yang aku harapkan, dia ngga membawa warna sebelumnya. Maksudnya waktu aku coba menyapukan crease brush aku ke tangan, dia udah ngga membawa warna cokelat tua tadi. Jadi itungannya sih BERSIH!


Setelah sekian lama aku pakai untuk membersihkan brushes aku (aku selalu pakai dia buat membersihkan brush yang bekas powder, yang mau aku pakai lagi). Setelah sekian lama, inilah yang terjadi...

Asalnya aku ngga sadar, tapi kok menurut aku lama-lama peformanya berkurang, aku pikir dia udah terlalu kotor atau kadaluarsa gitu, dan pas aku buka spons-nya.. Dia kotor sekaleeeee!!


Penyelesaiannya, aku buang powder yang ada di wadah, dan aku cuci sponsnya lalu dikeringkan. Daaaannn.. Seperti baru deh! Peformanya kembali seperti baru!

Rasanya bersyukur banget si spons bisa dilepas dari wadah! Makasih City Color karena kamu udah berpikir demikiaaaannn.

KELEBIHAN :
  1. Packaging simple dan ringkes
  2. Warna spons hitam sehingga tidak terlihat kotor
  3. Spons cukup tebal sehingga dapat menampung banyak kotoran powder
  4. Pori-pori spons besar dan banyak
  5. Spons dapat dilepas dari wadah untuk dibersihkan
  6. Spons tidak mudah rusak
  7. Cukup mampu membersihkan sisa powder dari brush

KELEMAHAN :
  1. Tidak dapat membuat brush nampak lebih bersih
  2. Tidak ada keterangan penjelasan terhadap perlakuan yang seharusnya kita lakukan pada brush, misalnya harus dicuci berkala atau gimana
  3. Harga yang tidak sebanding dengan kualitas

REPURCHASED? Nope, sorry. Memang sih secara kualitas dia bisa membersihkan sisa powder dalam brush, tapi dia ngga bisa membuat brushku tampak lebih bersih (ngga bersih-bersih amat secara penglihatan). Apalagi harganya yang mahal banget and there's nothing special about the sponge, so maybe I'll think and try to make a DIY for replacement. :D

Walau dilist aku banyak kelebihannya, tetep aja kekurangannya yang menang. Jadinya ya sorry sorry to say, aku ngga beli product ini lagi

Sekian dulu review aku kali ini, semoga membantu~

See you next time,

XOXO,

ELLEN LIM

You Might Also Like

2 comments

  1. Oo.. Ternyata ada ya alat begini. Terimakasih infonya :)

    ReplyDelete

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe