[REVIEW] Catrice Camouflage Cream Concealer

July 29, 2018


Karena liquid concealer udah terlalu mainstream, aku memutuskan untuk mencoba concealer cream. Ini bukan concealer cream pertamaku, aku udah pernah coba concealer stick tepatnya yang teksturnya juga mirip sama cream dari Etude AC Clean Up. Aku suka sih sama kualitasnya, teksturnya, tapi concealernya warna terang dan cuma ada satu warna itu aja. Dan kali ini aku mau coba concealer cream dari Catrice, yang bernama Catrice Camouflage Cream Concealer.


Mengingat review aku mengenai Catrice HD Liquid Coverage Foundation yang super holy grail banget itu, aku jadi penasaran sama kualitas produk lain dari Catrice. Maka dari itu aku mencoba Catrice Camouflage Cream Concealer ini sebagai target aku. Barang kali aja kualitasnya juga bisa bikin aku ternganga dan jatuh cinta? Kita lihat saja.


Sebenernya Catrice punya liquid concealer juga, namanya juga ada kata "camouflage" itu juga. Dan katanya Catrice Liquid Camouflage High Coverage Concealer ini dupe nya dari Tarte Shape Tape Concealer loh! Tapi kembali lagi, aku lagi bosen sama liquid concealer, pengen coba yang anti mainstream dulu.


Catrice Camouflage Cream Concealer ini hadir dari brand Catrice tentunya dengan 3 varian shade, yaitu 010 Ivory, 020 Light Beige dan 025 Rosy sand. Yang bikin aku pensaran adalah, menghilang kemana nomer 015nya? Udah tapi itu ngga penting. yang mau aku tekenini disini adalah nomer 025 Rosy sand itu shade tergelap dari Catrice Camouflage Cream Concealer dan yang paling terang adalah yang 010 Ivory.

Karena aku butuhnya cream concealer ini untuk menutupi jerawat dan bekas jerawat, maka aku pilih shade yang lebih gelap dari kulit asli aku. dan shade nomer 025 Rosy Sand ini paling mendekati warna kulit aku, sedangkan yang lain itu warnanya muda banget. Jadi so pasti aku beli yang shade 025 Rosy Sand ini.

Aku beli Catrice Camouflage Cream Concealer ini di counter Catrice di Guardian. Aku beli dengan harga 47.000. Dengan berat bersih 3 gram, menurut aku Catrice Camouflage Cream Concealer ini ngga mahal-mahal amat. Harga wajar lah kalo belum dilihat kualitasnya. Tapi you can say that dengan dibawah 50 ribu, kamu udah bisa dapet satu cream concealer dari Catrice. Lumayan banget kan, brand import loh ini.



Secara packaging, Catrice Camouflage Cream Concealer ini cukup ringkas, dia ringan, kecil, bentuk wadah tabung pendek kecil gitu. Mudah banget dibawa kemana-mana, praktis, ngga makan tempat. Tapi, kalo makeup pouch kalian seribet makeup pouchku, berarti akan susah dicari karena kecil dan terhalang oleh makeup lainnya yang super berantakan #hehehe.

Warna packagingnya sendiri hitam dengan atas bening, jadi bisa ngelihat waran shade dari si cream concealernya itu sendiri. Ngga ada packaging karton atau pembungkus apapun. Cara membukanya adalah seperti pada jar biasa, yaitu diputar. I can't say much about the packaging karena dia packagingnya udah super simple bnaget. Nah tapi dibelakangnya ada claim dengan tulisan "Concealer cream with full coverage", mari kita buktikan nanti.

Cara penggunaan Catrice Camouflage Cream Concealer ini seperti cream concealer pada umumnya. Pertama, kalian tinggal usapkan jari kalian secara halus aja ke cream concealer dari Catrice ini. Kedua, langsung aja deh aplikasikan Catrice Camouflage Cream Concealer ini ke daerah yang kalian ingin cover. Ketiga, blend secara merata, kalau aku sih sukanya dengan tapping motion, supaya si coverage-nya masih tetap ada dan hanya membaurkan warnanya saja.


Untuk teksturnya, tentu Catrice Camouflage Cream Concealer ini berbentuk cream. Dia ngga terlalu padat, enak banget buat diaplikasikan ke wajah karena dia memiliki cream yang ringan. Jujur aku pikir dia bakal teraasa berat, karena waktu aku ambil pakai jari tangan aku sedikit aja, diaa udah berasa tebel banget, tapi ternyata dia ringan kok untuk dipakai. Aku ngga berani bilang kalau teksturnya lembut, karena honestly, aku ngerasa teksturnya rada seret. Terus Catrice Camouflage Cream Concealer ini tidak memiliki tekstur yang berminyak, ngga kering juga, so I think it's suitable for both oily skin and dry skin.

Warning! Kalau kulit kamu udah kering yang kering banget, sampai ngelupas atau kalau jerawat kamu udh kering, yang kulitnya udah mulai ngelupas juga, produk Catrice Camouflage Cream Concealer ini ngga banget buat kamu, karena dia malah akan memperjelas keringnya kulit kamu itu. Dan juga, kalau wajah kamu bopeng, jangan juga pakai cream concealer, baik Caatrice maupun cream concealer lain, karena tekstur cream concealer itu padat, dan si Catrice Camouflage Cream Concealer ini juga ngga mampu untuk mengcover bopeng wajah, yang ada malah memperjelas wajah bopeng. Untuk yang memiliki wajah bopeng, it's better for you to use liquid concealer.


Secara warna, emang normally warna concealer cream yang aku gunakan emang warna yang sama dengan skin tone aku atau bahkan lebih muda. Shade 025 Rosy Sand ini warnanya paling gelap diantara semua shade Cartrice Camouflage Cream Concealer ini, dan warnanya mendekati skin tone aku walau dia lebih muda sedikit. Tapi afterall, it does great. warnanya masuk, warnanya pas banget buat ngecover dan karena dia warnanya semi orange, so it's really great to cover acne or uneven skin colour. Karena dia warnanya walau lebih muda, tapi mengandunng warna semi orange, dia masuk di skin tone aku, jadi saat aku menggunakan Catrice Camouflage Cream Concealer ngga terlihat seperti panuan karena ngeblok putih banget atau gimana. Walau dia warnanya lebih muda sedikit, diblend dikit aja udah masuk banget kok warnanya.

Kemampuan blend Catrice Camouflage Cream Concealer ini so-so. Biasa aja, karenaa dasarknya kan juga seberapa pintar kamu nge-blend dan mengakali cara blending. Menurut aku, dia rada sulit diblend ya, apalagi aku cuma pakai tapping motion, mungkin juga karena faktor dia bentukkannya padat .


Yang paling penting dari concealer, tentunya adalah dari segi coverage-nya. Catrice Camouflage Cream Concealer ini aku acungi jempol untuk segi coverage-nya. Dia nutup banget yang namanya jerawat, walau jerawatnya masih merah dan besar, tapi dia punya coveage yang menurut aku cukup keren untuk menutup jerawat tersebut. Diaplikasikan dikit aja, dia udah berhasil nutup para jerawat, dan aku emang ngerekomendasiin untuk mengapikasikannya secara sedikit aaaja, karena balik lagi ke warna Catrice Camouflage Cream Concealer 025 Rosy Sand yang warnanya masih keputihan ini, kalau diaplikasikan tebal, nanti malah kelihatan kayak panuan loh.

Terakhir aku mau bahas mengenai ketahanan dari Catrice Camouflage Cream Concealer ini. Diwajahku yang super oily ini, dia hitungannya cukup tahan lama, aku memakainya selama 5 jam, dan saat kondisi wajahku udah berminyak banget, Catrice Camouflage Cream Concealer ini bisa dikatakan masih dalam keadaan yang cukup bagus, dimana dia cukup geser, rada greasy, dan hanya creasing didaerah bawah hidung. For me and my skin condition, ini lumayan.

TAPIII, balik lagi, di daerah pipi aku, daerah yang banyak jerawat dan ada beberapa spot bopeng, jadi aku ngga bisa bilang kalau Catrice Camouflage Cream Concealer ini bisa nyelsaiin masalah cover jerawatku. Oke dia ngecover jerawat banget, tapi dia justru malah memperjelas bopeng diwajahku, kan ngga banget yak. Terus kalau wajahku berminyak dan concealernya mulai berasa greasy, tentu ini kan semakin memperjelas bopeng diwajahkku.

Oke, biar ngga pusing, aku bikin CONCLUSIONnya aja ya

KELEBIHAN :

  1. Harga terjangkau
  2. Mudah didapat
  3. Packaging simple dan travelable
  4. Warna mengandung sedikit unsur orange, bagus untuk menyeimbangkan warna
  5. Coverage sangat bagus
  6. Mampu menutup jerawat yangmasih kemerahan
  7. Ketahanan di kulit berminyak cukup baik


KELEMAHAN :

  1. Range warna shade sangat terbatas
  2. Warna terlaalu muda
  3. Cukup sulit untuk diblend
  4. Memperjelas daerah kulit kering
  5. Memperjelas tekstur kulit bopeng
  6. Sanagt tidak direkomendasikan untuk pemakaian dibawah mata, creasing parah

REPURCHASED? NO. Kayaknya aku ngga beli Catrice Camouflage Cream Concealer lagi deh. Sebernya dia itu bagus, tapi balik lagi tergantung kondisi kulit masing-masing. Kalau tekstur wajah kamu mulus, concealer Catrice ini maybe is the right choice for you. Tapi karena kulitku bertekstur dan daerah berjerwatku bertempat disana, I don't think this concealer is right for me.

Nah kalian gimana nih? Saran aku, tetap perhatikan dan nilai skin condition kalian terlebih dahulu sebelum membeli Catrice Camuuflage Cream Concealer ini. Tapi kalau untuk undereye, aku bener-bener ngga reomendasikan produk ini, dia tergolong "berat" untuk undereye dan mudah creasing. Sekian dulu blog post kali ini.

See you in the next post,

XOXO,

ELLEN LIM



You Might Also Like

0 comments

It's gettin' high!

Instagram

Subscribe